PERTANYAAN :
Ahmada Berseri
السلام عليكم ايهاالاخوان
ada pertanyaan nie. Apa hukum nya memperpanjang sujud terakhir ketika
sholat dengan bacaan tasbih atau do'a?... Atas jawabannya sebelum dan
sesudahnya terima kasih.
JAWABAN :
1. Ichsan Nafarin
Wa alaikumus salaam warohmatulloh, dalam sujud/ruku' disunnahkan
menambah tasbih hingga 5, 7, 9 atau 11 kali kemudian ditambah doa
terutama doa yang warid dari Rasulullah, bagi orang yang shalat sendiri
atau bagi imam yang mengetahui kerelaan makmumnya untuk memperpanjang
sujud dan jumlah makmumnya sedikit sehingga mungkin diketahui
kerelaannya, dan juga bagi makmum karena mengikuti imamnya. Sedangkan
makmum yg imamnya tidak memanjangkan sujud serta imam yang tidak bisa
mengetahui kerelaan makmumnya karena jumlah makmum yang banyak maka
tidak disunnahkan memanjangkan sujud/ruku' dengan tasbih dan doa.
2. Ical Rizaldysantrialit
وأدنى الكمال ثلاثة وأن يكثر فيه من الدعاء - شرح الرياض البديعة
Syeikh Nawawi Al-Bantani dalam kitab Al-Riyadlu Al-Badi'ah Hal 35
mengatakan : Sunah ketika ruku' membaca "SUBHANA ROBIYAL A'LA
WABIHAMDIHI".
Dan sempurna yg paling sedikit adalah dibaca tiga kali.
Dan sunah menambahkan kalimah "SUBBUHUN QUDDUUSUN ROBBUNAA WA ROBBUL MALAAIKATU WARRUUHU".
Dan sunah bagi MUNFARID menambahkan do'a
"SAJADA WAJHIY LILLADZI KHOLAQOHU WASHOWWAROHU WASYAQQO SAM'AHU WA
BASHOROHU,PATABAAROKALLAHU AHSANAL KHOLIQIIN". seperti diriwayatkan dari
sayyidina ali r.a ,dan hal ini disunahkan menurut asy-syafi'iyyah. Dan
sunah memperbanyak do'a ketika sujud,sebagaimana diriwayatkan imam
muslim : "AQROBU MAA YAKUNUL 'ABDU MIN ROBBIHI WA HUWA SAAJIDUN,PA
AKTSIRUU AL-DU'Aa".
- Boleh menambahkan do'a dari ayat" alqur'an setelah membaca do'a dan
tasbih yg telah warid. - Boleh menambah do'a dan dzikir ini bagi
munfarid dan imam mahshurin, - Bagi imam ghoir mahshur atau tdk ada izin
dari ma'mum untuk menambah do'a,maka yg lbh utama hanya membaca tasbiih
saja 3x.
Wallahu a'lam
3.Moch Muhdi Adi
Memperpanjang sujud itu sunnah Termasuk sujud terakhir baik dgn tasbih
yg sudah masyhur ( Subhana robbiyal A'laa wabihamdihi ) atau dgn Do'a yg
di tentukan
Ta'bir
قوله ( والتثليث أدنى الكمال ) واقله أن يقول ذلك مرة / ثﻻث وأكمله إحدى
عشرة نظير ما مر في الركوع ، ويزيد المنفرد اللهم لك سجدت وبك أمنت ، ولك
أسلمت ، سجد وجهي للذى خلقه وصوره ، وشق سمعه وبصره تبارك الله أحسن
الخالقين ، وألحق به إمام قوم محصورين رضوا بالتطويل .
حاشية الشرقاوى -ج.1 ص 437-438 )
.والله أعلم بالصواب
4.Kakek Jhosy
[ شرح النووي على صحيح مسلم ]الكتاب : المنهاج شرح صحيح مسلم بن
الحجاجالمؤلف : أبو زكريا يحيى بن شرف بن مري النوويالناشر : دار إحياء
التراث العربي - بيروتالطبعة الطبعة الثانية ، 1392عدد الأجزاء : 18
والمريض وإذا صلى وحده فليصل كيف شاء ) وفي رواية وذا الحاجة معنى احاديث
الباب ظاهر وهو الأمر للإمام بتخفيف الصلاة بحيث لا يخل بسنتها ومقاصدها
وأنه إذا صلى لنفسه طول ما شاء في الأركان التي تحتمل التطويل وهي القيام
والركوع والسجود والتشهد دون الاعتدال والجلوس بين السجدتين والله أعلم
(4/184)
5. Kudung Khantil Harsandi Muhammad
Disunnahkan bagi orang yang sholat sendirian ataupun imam dengan jamaah
tetapnya yang rela bila si imam memperlama sujudnya untuk memperbanyak
doa. Karena keadaan sujud merupakan salah satu dari beberapa keadaan doa
itu diijabahi
AT-TARMASIY juz 3 hal.45-47Cet. Dar al-Minhaj
( و ) يسن ( ايضا اجتهاد المنفرد ) وامام من مر ( في الدعاء في سجوده )
سيما بالمأثور فيه ، وهو كثير ، لخبر مسلم (( اقرب ما يكون العبد من ربه -
اي من رحمته ولطفه وانعامه عليه - وهو ساجد ، فأكثروا فيه من الدعاء
)).......قوله : ( وامام من مر ) اي : قوم محصورين رضوا بالتطويل بالشروط
السابقة ، والمأموم تابع لإمامه....قوله : ( في الدعاء ) اي : بما
يحبه....قوله : ( لخبر مسلم ) دليل لسن الاجتهاد في الدعاء...
قوله ; ( فأكثروا فيه ) اي : في السجود
6. Hariz Jaya
فيه استحباب الدعاء فى اخرالصلاة قبل السلام وفيه انه يجوز الدعاء بما شاء
من امور الاخرة والدنيا مالم يكن اثما وهذا مذهبنا ومذهب الجمهور.
(المنحاج شراح صحيح مسلم ج ١٤ ص ١١٧).
Wallohu a'lam bis showab
LINK DISKUSI :
Artikel Terkait
- 3110. SHALAT : PRAKTEK MUQORONAH HAQIQIYAH DAN 'URFIYAH
- 3109. FIQIH SHALAT : ANTARA SHALAT FARDLU DAN SHALAT JENAZAH
- 3108. HITUNGAN RAKA'AT SHALAT TAHAJJUD
- 3097. FIQIH SHOLAT : MENELAN DAHAK KETIKA SHOLAT
- 3286. FIQIH SHALAT : SHALAT 'AJIZ DENGAN KONDISI DUDUK DIBANTU ORANG LAIN
- 3117. JIKA SAAT WUDHU ADA ANGGOTA WUDHU YANG TERKENA CAT DAN DIKETAHUI SEHABIS SHALAT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar