PERTANYAAN :
Muhamad Yusuf Ikhsan Part II
ap hukumnya jka qta mengangkat tngn wktu doa qunut d bcakan??
n sya prnh bca,clo mngangkat tngn dlm sholat itu bid'ah???
JAWABAN:
1. Adi Surya
disunnahka n mengangkat kedua tangan ketika membaca doa qunut, karena hal itu diriwayatk an dalam hadits Rasulullah shallallah u ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau membaca doa qunut dalam shalat fardhu ketika turun bencana. Begitu juga dijelaskan dalam hadits shahih dari Amirul Mukminin Umar bin Khaththab radhiallah u ‘anhu, bahwa beliau mengangkat kedua tangan pada waktu membaca qunut dalam shalat Witir. Dia adalah seorang Khulafaurr asyidin yang kita diperintah kan untuk mengikutin ya.
Jadi, mengangkat kedua tangan ketika membaca qunut dalam shalat Witir adalah sunnah, baik ketika menjadi imam, makmum ataupun shalat sendirian, maka jika Anda membaca qunut angkatlah kedua tangan Anda. (Fatawa Arkanul Islam)
2. Timur Lenk
Mengangkat tangan saat do'a qunut hukumnya sunnatMinhaj al-qowim Imam Ibnu Hajar al-Haitami hal 48
"ويسن الصلاة" والسلام "على النبي صلى الله عليه وسلم" وآله وصحبه "في آخره" للاتباع في الصلاة وقياسًا في الباقي "ورفع اليدين" مكشوفتين إلى السماء "فيه", أي ولو في حال الثناء كسائر الأدعية, ويجعل فيه وفي غيره ظهر كفيه إلى السماء إن دعا لرفع بلاء وقع وعكسه إن دعا لتحصيل شيء كرفع البلاء عنه فيما بقي من عمره، ولا يسن مسح الوجه بهما عقب القنوت بل يكره مسح نحو الصدر.
3. Fadhlur Rahman
سن (في القنوت) الصلاة على النبي ص.م، و رفع يديه إلىأخره......
imam nawawi
4. Ulinuha Asnawi
Mengangka t tangan pada saat membaca doa qunut adalah kesunaha,a kan tetapi megusapkan telapak tangan pd wajah setelah selesai doa quut tdk disunahka (makruh jika diaksanaka n)
.( فَلَوْ لَمْ يَسْمَعْ ) قُنُوتَ إمَامِهِ ( قَنَتَ ) مَعَهُ سِرًّا كَبَقِيَّةِ الْأَذْكَا رِ وَالدَّعَو َاتِ الَّتِي لَا يَسْمَعُهَ ا ( وَيُسْتَحَ بُّ رَفْعُ الْيَدَيْن ِ فِيهِ ) وَفِي سَائِرِ الْأَدْعِي َةِ لِلِاتِّبَ اعِ رَوَاهُ فِيهِ الْبَيْهَق ِيُّ بِإِسْنَاد ٍ جَيِّدٍ وَفِي سَائِرِ الْأَدْعِي َةِ الشَّيْخَا نِ وَغَيْرُهُ مَا وَيَجْعَلُ ظَهْرَهُمَ ا لِلسَّمَاء ِ إنْ دَعَا لِرَفْعِ بَلَاءٍ وَعَكْسَهُ إنْ دَعَا لِتَحْصِيل ِ شَيْءٍ كَمَا سَيَأْتِي فِي الِاسْتِسْ قَاءِ ( دُونَ مَسْحِ الْوَجْهِ ) بِالْيَدَي ْنِ ( بَعْدَهُ ) فَلَا يُسْتَحَبّ ُ إذْ لَمْ يَثْبُتْ فِيهِ شَيْءٌ
Dlm keterangan Usiniya Matholib dituturkan "jika tdk mendengar bacaan qunut Si-Imam, maka Si-Makmum membaca Doaqunut sediri degan sirr (pelan-pel an) bersama denga Si-Imam sebagaiman a biasaya ber-Dzikir dan berdoa.Disunahkan juga (ketika membaca doaqunut) da juga ketika berdoa mengangkat kedua tangan berdasarka n rujukan dari sebuah Hadits jayyid yang diriwayatk an oeh AL-Imam Baihaqi RA.
USNIYA MATHOLIB
5. Nimas
dalam kitab Hamizsy Qalyubi Mahalli Juz I halaman 57
وَيُسَنُّ الْقُنُوْت ُ فِي اعْتِدَالٍ ثَانِيَةِ
الصُّبْحِ- اِلَى اَنْ قَالَ- لِلاتِّبَا عِ رَوَاهُ الْحَاكِمُ فِى اْلمُسْتَد ْرَكِ عَنْ اَبِىْ هُرَيْرَةَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرُّكُوْع ِ فِى صَلَاةِ الصُّبْحِ فِى الرَّكْعَة ِ الثَّانِيّ َةِ رَفَعَ يَدَيْهِ وَيَدْعُ بِهَذَا الدُّعَاءِ “اَللَّهُم َّ اهْدِنِيْ …. اِلَى اَخِرِ مَا تَقَدَّمَ- لَكِنْ لَمْ يَذْكُرْ رَبَّنَا. وقال صحيح.
Qunut itu disunahkan letaknya ketika I’tidal, reka’at kedua shalat subuh, Keterangan tersebut sampai: …….. karena mengikuti Nabi. Hadis diriwayatk an Hakim dalam kitab Mustadrak dari Abu Hurairah: Rosululloh mengangkat kepalanya dari ruku’ pada shalat subuh pada reka’at kedua, dia mengangkat tangannya kemudian berdo’a: Allohumma ihdini fi-man hadait ……… Rosululloh tidak memakai kata-kata robbana …. Hadis ini shahih.
LINK TERKAIT:
http:// ktb-piss.bl ogspot.com /2011/08/ doa-qunut.h tml
LINK DISKUSI:
https:// www.faceboo k.com/ groups/ piss.ktb/ permalink/ 60710569931 2242/
DOKUMEN FB :
https://m.facebook.com/groups/196355227053960?view=doc&id=608077295881749&refid=18
Muhamad Yusuf Ikhsan Part II
ap hukumnya jka qta mengangkat
n sya prnh bca,clo mngangkat tngn dlm sholat itu bid'ah???
JAWABAN:
1. Adi Surya
disunnahka
Jadi, mengangkat
2. Timur Lenk
Mengangkat
"ويسن الصلاة" والسلام "على النبي صلى الله عليه وسلم" وآله وصحبه "في آخره" للاتباع في الصلاة وقياسًا في الباقي "ورفع اليدين" مكشوفتين إلى السماء "فيه", أي ولو في حال الثناء كسائر الأدعية, ويجعل فيه وفي غيره ظهر كفيه إلى السماء إن دعا لرفع بلاء وقع وعكسه إن دعا لتحصيل شيء كرفع البلاء عنه فيما بقي من عمره، ولا يسن مسح الوجه بهما عقب القنوت بل يكره مسح نحو الصدر.
3. Fadhlur Rahman
سن (في القنوت) الصلاة على النبي ص.م، و رفع يديه إلىأخره......
imam nawawi
4. Ulinuha Asnawi
Mengangka
.( فَلَوْ لَمْ يَسْمَعْ ) قُنُوتَ إمَامِهِ ( قَنَتَ ) مَعَهُ سِرًّا كَبَقِيَّةِ الْأَذْكَا
Dlm keterangan
USNIYA MATHOLIB
5. Nimas
dalam kitab Hamizsy Qalyubi Mahalli Juz I halaman 57
وَيُسَنُّ الْقُنُوْت
الصُّبْحِ-
Qunut itu disunahkan
LINK TERKAIT:
http://
LINK DISKUSI:
https://
DOKUMEN FB :
https://m.facebook.com/groups/196355227053960?view=doc&id=608077295881749&refid=18
Tidak ada komentar:
Posting Komentar