Asal Link : https://www.facebook.com/PISS.KTB/posts/702401573146592
HUKUM NIAT PUASA RAMADHAN SEBULAN PENUH SEKALIGUS
PERTANYAAN :
> Siti Munawaroh
Assalamu'alaikum.. Bentar lg puasa romadon, mu tanya tentang niat'y.
Boleh gak niatnya disekaligusin sebulan, seperti :
"Nawaitu shouma
syahri romadlon kullihi"
artinya : Aku niat puasa bulan Ramadhan seruhnya.
atas jawaban'ya saya ucapkan terma kasih.
JAWABAN :
> Awan As-Safaritiyy Asy-syaikheriyy
Niat puasa sebulan penuh pada malam awal puasa romadlon hukumya di
sunahkan.
Sedangkan hukum niat untuk puasa hari2 setelah hari pertama
ulama berbeda pendapat (khilaf):
1.menurut madzhab syafi'iyah
niat puasa untk sebulan penuh trsbut cukup untuk puasa satu hari yang
pertama,sehingga stiap hari puasa romadlonya wajib di niati,jika tdk d
niati maka tidak sah puasanya sbulan trsbut kecuali puasa romadlon hari
pertamanya.
2.sedangkan menurut imam malik niat puasa romadlon
untk sebulan penuh sdah mencukupi,sehingga untk hari2 berikutnya tdk
wajib niat kembali.yang artinya jika tdk niatpun sdah sah krn niatya
sdah sebulan penuh pada malam hari pertama awal puasa romadlon trsebut.
[ hasyiya qulyubi wa 'umairoh 2/67, al majmu' syarah muhadzab 6/303, hasyiyah al bajuri 1/288 ].
> Abdurrahman As-syafi'i
Sedikit mengutipkan dari kitab kecil.
فلو نوى ليلة اول رمضان صوم جميعه لم يكف لغير اليوم الاول ، لكن ينبغى له
ذلك ليحصل له صوم اليوم الذى نسي النية فبه عند مالك كما يسن له ان ينوى
اول اليوم الذى نسيها فيه ليحصل له صومه عند ابى حنيفة و واضح ان محله ان
قلد و الا كان متلبسا بعبادة فاسدة فى اعتقاده و هو حرام كاشفة السجا
١١٧
Apabila seseorang berniat pada awal malam bulan Ramadhan
untuk melakukan puasa keseluruhannya
( 1 bulan full ) maka menurut
Madzhab Syafii tidak cukup. Kewajiban niat harus dilakukan pada tiap
malamnya. Tetapi menurut pendapat madzhab Maliki niat jamak puasa 1
bulan adalah sunah hal ini untuk menjaga puasa yg lupa tidak diniati.
Hal senada juga dikemukakan oleh Madzhab Hanafi. Tapi yang perlu menjadi
catatan adalah kita tidak boleh mencampur adukan madzhab. Bila ini
dilakukan maka yg terjadi adalah kerusakan ibadah.
> Masaji Antoro
Menurut Syafi'iyyah SUNNAH dan hanya mencukupi niat tersebut untuk
malam pertama saja sedang bagi Malikiyyah dapat mencukupi pada
malam-malam ramadhan berikutnya selama sebulan bila kebetulan ia lupa
menjalankan niat.
قَوْلُهُ : ( التَّبْيِيتُ ) أَيْ كُلَّ لَيْلَةٍ
عِنْدَنَا كَالْحَنَابِلَةِ وَالْحَنَفِيَّةِ وَإِنْ اكْتَفَى
الْحَنَفِيَّةُ بِالنِّيَّةِ نَهَارًا لِأَنَّ كُلَّ يَوْمٍ عِبَادَةٌ
مُسْتَقِلَّةٌ وَلِذَلِكَ تَعَدَّدَتْ الْكَفَّارَةُ بِالْوَطْءِ فِي كُلِّ
يَوْمٍ مِنْهُ ، وَيُنْدَبُ أَنْ يَنْوِيَ أَوَّلَ لَيْلَةٍ صَوْمَ شَهْرِ
رَمَضَانَ أَوْ صَوْمَ رَمَضَانَ كُلَّهُ لِيَنْفَعَهُ تَقْلِيدُ
الْإِمَامِ مَالِكٍ فِي يَوْمٍ نَسِيَ النِّيَّةَ فِيهِ مَثَلًا لِأَنَّهَا
عِنْدَهُ تَكْفِي لِجَمِيعِ الشَّهْرِ ، وَعِنْدَنَا لِلَّيْلَةِ
الْأُولَى فَقَطْ .
(Keterangan niat dimalam hari) artinya pada
setiap malam dibulan Ramadhan menurut kalangan Kami (Syafi’iyyah)
seperti pendapat kalangan Hanabilah dan Hanafiyyah hanya saja dikalangan
Hanafiyyah menganggap cukup bila niatnya dikerjakan pada siang hari.
Sebab setiap hari pada bulan Ramadhan adalah ibadah tersendiri
karenanya diwajibkan membayar banyak kaffaarat (denda pelanggaran) sebab
berkali-kalinya senggama disiang hari disetiap hari-hari ramadhan namun
disunahkan dimalam pertama pada bulan ramadhan niat berpuasa sebulan
penuh untuk mengambil kemanfaatan bertaqlid pada pendapat Imam Malik
yang menganggap niat tersebut mencukupi bila lupa niat pada malam-malam
berikutnya disemua malam ramadhan dan bagi kami (Syafi’iyyah) niat yang
demikian hanya mencukupi pada malam pertama saja. [ Hasyiyah al-Qolyuby
V/365 ].
Link Asal > http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/449209228435224/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar