PERTANYAAN :
Muhammad Hidayat
Assalaamu'alaikum.. Kita semua tentu telah ma'lum,bahwa diperbolehkan
menghadiahkan pahala amalan amalan ibadah kita pada mayit. Pertanyaannya
"apakah semua jenis amalan ibadah bisa dihadiahkan pada mayit,atau
hanya amalan ibadah tertentu saja yang bisa dihadiahkan pada mayit ? "
JAWABAN :
1. Langlang Buana
Wa alaikumus salaam warohmatulloh, barang siapa yang beramal untuk
dirinya sendiri kemudian mengucapkan " Yaa Allah semoga Engkau jadikan
pahalanya untuk si fulan " maka pahala tersebut akan sampai kepada
sifulan, baik masih hidup maupun sudah meninggal.
و في فتاوي شيخنا سعيد سنبل "من عمل لنفسه ثم قال اللهم اجعل ثوابه لفلان
وصل له الثواب سواء حيا أو ميتا أي و سواء بطريق التبعية أو الإستقلال.
بغية المسترشدين ص :١٩٦
عن ابن عمر ما على أحدكم إذا أراد أن يتصدق لله صدقة تطوع أن يجعلها عن
والديه إذا كانا مسلمين فيكون أجرها لهما و له مثل أجورهما بغير أن ينقص من
أجورهما شيأ.
إرشاد العباد ص : ٣٥-٣٦
2. Ical Rizaldysantrialit
الكتاب : تحقيق الآمال في ما ينفع الميت من الأعمال
الخلاصةقال شيخنا الإمام العلامة محمد العربي التباني المكي:
وقد تحقق وتلخص من كلام العلماء أن أربعة يصل ثوابها للميت بالإجماع. وهي:
الصدقة، والدعاء، والاستغفار، وأداء الواجبات التي تقبل النية كأداء الدين
عنه،
وأن الصوم يصح عنه ويصله ثوابه عند الإمام الشافعي في القديم وأبي ثور
والمحققين من المحدثين، لعموم حديث عائشة رضي الله عنها عن النبي صلى الله
عليه وآله وسلم أنه قال: ((من مات وعليه صوم، صام عنه وليه))
وتحقق أيضاً أن القراءة على الأموات فعلها السلف الصالح كما هو مستفاد من
كلام ابن قدامة وابن القيم وغيرهما من المنقول عن الأئمة الأقدمين من أهل
الأثر كالخلال وغيره،
وأن عمل المسلمين شرقاً وغرباً لم يزل مستمراً عليها، وأنهم وقفوا على ذلك
أوقافاً كما في فتوى الإمام ابن رشد المالكي، وكلام السيوطي الشافعي
المنقول عن ابن عبد الواحد المقدسي الحنبلي وعن غيره، وكلام ابن قدامة في
مغنيه، وابن القيم في كتابه الروح، بل صرح ابن قدامة وابن عبد الواحد
المقدسي فيما نقله عنه السيوطي بإجماع المسلمين فيها، وخصها الثاني منهما
بتأليف، كما ألف فيها السروجي وسعد الدين الديري الحنفيان وغيرهما، وقال
ابن القيم: وهذا عمل سائر الناس حتى المنكرين في سائر الأعصار والأمصار من
غير نكير من العلماء،
ونسب وصولها لجمهور السلف، والإمام أحمد، وعدمه إلى أهل البدع من أهل
الكلام، وكذلك السيوطي وجمهور السلف والأئمة الثلاثة على الوصول، والعلامة
المرغيناني الحنفي قال: للإنسان أن يجعل ثواب عمله لغيره صلاة أو صوماً أو
صدقة أو غيرها عند أهل السنة والجماعة، وكذلك قال البدر العيني الحنفي: يصل
إلى الميت جميع أنواع البر من صلاة أو صوم أو حج أو صدقة أو قراءة قرآن أو
ذكر إلى غير ذلك، والآثار الدالة على جواز انتفاع الشخص بعمل الغير كثيرة،
قال العلامة المحقق الكمال بن الهمام: يبلغ القدر المشترك بين الكل ـ وهو
أن من جعل شيئاً من
الصالحات لغيره نفعه الله به ـ مبلغ التواتر
3. Ghufron Bkl
Semua jenis ibadah bisa di hadiahkan pada mayit :
وقال المحب الطبري : يصل للميت كل عبادة تفعل، واجبة أو مندوبة. وفي شرح
المختار لمؤلفه: مذهب أهل السنة، أن للإِنسان أن يجعل ثواب عمله وصلاته
لغيره ويصله.
إعانة الطالبين ج 1 ص20
وَنَقَلَ الْأَذْرَعِيُّ عَنْ شَرْحِ التَّنْبِيهِ لِلْمُحِبِّ
الطَّبَرِيِّ أَنَّهُ يَصِلُ لِلْمَيِّتِ ثَوَابُ كُلِّ عِبَادَةٍ تُفْعَلُ
عَنْهُ وَاجِبَةً كَانَتْ أَوْ مُتَطَوَّعًا عَنْهُ انْتَهَى
وَكُتُبُ الْحَنَفِيَّةِ نَاصَّةٌ عَلَى أَنَّ لِلْإِنْسَانِ أَنْ يَجْعَلَ
ثَوَابَ عَمَلِهِ لِغَيْرِهِ صَلَاةً أَوْ صَوْمًا أَوْ صَدَقَةً وَفِي
شَرْحِ الْمُخْتَارِ لِمُؤَلِّفِهِ مِنْهُمْ
مَذْهَبُ أَهْلِ السُّنَّةِ وَالْجَمَاعَةِ أَنَّ لِلْإِنْسَانِ أَنْ
يَجْعَلَ ثَوَابَ عَمَلِهِ وَصَلَاتَهُ لِغَيْرِهِ وَيَصِلُهُ وَعَلَيْهِ
فَلَا يَبْعُدُ أَنَّهُ لَهُ الصَّلَاةُ وَغَيْرُهَا عَنْهُ وَصَحَّ فِي
الْبُخَارِيِّ عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُمَا
أَنَّهُ أَمَرَ مَنْ مَاتَتْ أُمُّهَا وَعَلَيْهَا صَلَاةٌ أَنْ تُصَلِّيَ
عَنْهَا وَالظَّاهِرُ أَنَّهُ لَا يَقُولُهُ إلا تَوْقِيفًا إيعَابٌ.
تحفة المحتاج
Wallohu a'lam bis showab.
LINK DISKUSI :
Artikel Terkait
- 3103. TERNYATA JIN BISA BERKEMBANG BIAK
- 3100. LAIN LAIN : HARI LIBUR BELAJAR
- 3091. TULISAN YANG TERDAPAT DI MATAHARI DAN REMBULAN
- 3090. TERNYATA JIN BISA MATI TAPI TIDAK BOLEH MEMBUNUHNYA TANPA HAQ
- 3169. NIKAH : APAKAH MENOLAK PERJODOHAN ORANG TUA ITU DURHAKA ?
- 3111. AQIDAH : MITOS BURUNG NDANDANG ATAU BURUNG HANTU
- 3171. LAIN LAIN : SEMUA JENIS AMALAN PAHALANYA BIS...
- 3170. LAIN LAIN : BURUNG TIDAK DAPAT MELINTAS DI A...
- 3169. NIKAH : APAKAH MENOLAK PERJODOHAN ORANG TUA ...
- 3168. MEMBUNUH PELAKU ZINA MUHSHON
- 3167. ETIKA : HUKUM BERSIUL
- 3166. MAKALAH TENTANG HUKUM POTONG TANGAN
- 3165. FIQIH MU'AMALAH : STATUS ANAK POHON YANG TUM...
- 3164. FIQIH SHOLAT : HUKUM MEMBACA SURAT YANG SAMA...
- 3163. FIQIH SIYASAH : HUKUM MEMINTA JABATAN
- 3162. FIQIH HAJI : TAHALUL BAGI ORANG YANG TIDAK M...
- 3161. FIQIH NIKAH : THOLAQ SALAH SASARAN
- 3160. FIQIH PUASA : HUKUM PUASANYA ANAK KECIL DAN ...
- 3158. FIQIH MUAMALAH : MENGAMBIL UANG KEMBALIAN
- 3159. FIQIH MUAMALAH : SYARAT PENGURUS PANTI ASUHA...
- 3157. TAFSIR AL-QUR'AN : MENGAPA DI SEBUT SURAT AL...
- 3155. FIQIH SOSIAL : HUKUM MENERIMA BEA SISWA DARI...
- 3156. FIQIH : HUKUM MEMASANG KERAMIK BERMOTIF DAN ...
- 3154. FIQIH MUAMALAH : MUAMALAH DENGAN PSK
- 3153. KUMPULAN DO'A SURAT YAASIIN DAN WAQI'AH SERT...
- 3152. FIQIH THOHAROH : HUKUM MEMAKAN NAJIS DAN CAR...
- 3151. FIQIH SHOLAT : KETIKA SHOLAT MERASA ADA YANG...
- 3150. ORANG YANG TERAKHIR MASUK SURGA
- 3149. KISAH NABI IBRAHIM DIJADIKAN SEBAGAI AL KHOL...
- 3148. MENDAHULUKAN MAKAN DARIPADA SHALAT
- 3147. FIQIH SHALAT : SUNNAH BERPEGANGAN PADA LANTA...
- 3324. LAIN-LAIN : PUTERA DAN PUTERI DARI SAYYIDINA...
- 3146. FIQIH MUAMALAH : MENGGUNAKAN FASILITAS LEMBA...
- 3145. BEBERAPA NIAT PUASA SUNNAH DAN WAJIB DALAM S...
- 3144. DO'A MALAM PERTAMA BULAN RAJAB
- 3143. FIQIH NIKAH : HUKUM MENIKAHI ANAK TIRI
- 3142. FIQIH NIKAH : MAKSUD DARI MAMPU MENIKAH
- 3141. FIQIH MU'AMALAH : HUKUM MENJUAL BARANG YANG ...
- 3140. UMUR WANITA BERHENTI HAID
- 3139. FIQIH SHOLAT : POSISI DUDUK DAN BACAAN TAHIY...
- 3138. KHITBAH TANPA SEPENGETAHUAN WALI
- 3137. ALASAN HAID TIDAK MEWAJIBKAN QODHO' SHOLAT
- 3136. FIQIH JENAZAH : MATI TENGGELAM TETAP MENDAPA...
- 3135. FIQIH NIKAH : KEWAJIBAN BAGI MU'TADAH (WANIT...
- 3134. KAJIAN TARIKH : KAJIAN KITAB BADA'I IZ ZUHUR...
- 3133. DOA 'ALAIHIS SALAAM UNTUK SELAIN NABI
- 3132. WANITA : HUKUM TIDUR TELENTANG
- 3131. TA'RIF ATAU DEFINISI SUNAH KIFAYAH
- 3130. FIQIH : KESUNAHAN MENOLEH KE KANAN DAN KE KI...
- 3129. HUKUM MEMBUNUH HEWAN DI MASJID
- 3128. FIQIH SHALAT : MENGGUNAKAN LAFADZ JAMA' BAGI...
- 3127. MU'AMALAH : HUKUM MEMINTA KEMBALI BARANG YAN...
- 3126. LAIN LAIN : BERBAKTI KEPADA ORANG TUA LEBIH ...
- 3125. FIQIH JENAZAH : HUKUM MEMANDIKAN JENAZAH NON...
- 3123. FIQIH SHOLAT : ALASAN TIDAK ADA WAKTU HARAM ...
- 3124. FIQIH SHOLAT : KELIRU MENGUCAPKAN NIAT SHOLA...
- 3122. FIQIH HAJI : TKI DI ARAB MELAKSANAKAN HAJI, ...
- 3120. FIQIH HAJI : HUKUM IHROM MEMAKAI PAKAIAN SEL...
- 3121. HUKUM MENJAWAB SALAM TAMU KETIKA SUAMI TIDAK...
- 3119. FIQIH THOHAROH : WUDHU DENGAN MASUK KE KOLAM...
- 3118. KISAH : TULANG NABI DIGUNAKAN UNTUK MENDATAN...
- 3117. JIKA SAAT WUDHU ADA ANGGOTA WUDHU YANG TERKE...
- 3116. FIQIH SHALAT : HUKUM MEMPERPANJANG SUJUD TER...
- 3115. MUAMALAH : HUKUM MEMINJAMKAN BARANG PINJAMAN...
- 3114. MUFLIS / ORANG YANG BANGKRUT TIDAK DICEGAH D...
- 3113. FIQIH ZAKAT : MENCAMPUR ZAKAT FITHROH
- 3112.FIQIH SHOLAT : MAKRUH SHOLAT SENDIRI JIKA ADA...
- 3111. AQIDAH : MITOS BURUNG NDANDANG ATAU BURUNG H...
- 3110. SHALAT : PRAKTEK MUQORONAH HAQIQIYAH DAN 'UR...
- 3109. FIQIH SHALAT : ANTARA SHALAT FARDLU DAN SHAL...
- 3108. HITUNGAN RAKA'AT SHALAT TAHAJJUD
- 3073. KESUNNAHAN MEMAKAI CINCIN PADA JARI KELINGKI...
- 3107. AL-HADIS : HADIS MUSALSAL YANG DIRIWAYATKAN ...
- 3106. FIQIH NIKAH : 'IDDAHNYA ORANG HAMIL YANG DIT...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar