PERTANYAAN :
Gandul Kuning Gemading
Assalamu'a laikum, biasanya sholat witir 3 rekaat diekrjakan 2 kali salam. Apakah boleh / sama saja jika dikerjakan dg sekali salam ? Terimakasi h. Wassalamu' alaikum
JAWABAN :
> Ghufron Bkl [edited]
Wa'alaikum ussalam, shalat witir dalam tga roka'at sekaligus dengan
1 salam boleh, tapi yang lebih utama dengan 2 salam, karena sesuai
dengan kaidah ushul fiqh : MAA KAANA AKTSARO FI'LAN KAANA AKTSRO
FADHLAN, Apa-apa (ibadah ) yang lebih banyak pekerjaann ya maka lebih banyak keutamaann ya.
Menyambung shalat witr dalam tga
roka'at sekaligus hukumnya makruh bla mana hanya melakukan 3 roka'at
saja dan khilaful awla / lebih afdlol dipisah bila melakukan lebih dari 3
roka'at. :
.ويجوز لمن زاد على ركعة الفصل بين كل ركعتين بالسلام وهو أفضل من الوصل
بتشهد أو تشهدين في الركعتين الأخيرتين ولا يجوز الوصل بأكثر من تشهدين
والوصل خلاف الأولى فيما عدا الثلاث وفيها مكروه للنهي عنه في خبر " ولا
تشبهوا الوتر بصلاة المغرب"___ وهذا
هو مقتضى التشبيه بصلاة المغرب لكن في بعض العبارات ما يدل على أن الوصل
مكروه إذا أتى بثلاث ركعات فقط فإن أتى بأكثر فخلاف الأولى. إعانة الطالبين
١/٢٥٠
> Laskar Betawie Slalu Ceriiaa
Melakukan sholat witir dengan 3 roka'at dengan 1 salam di sebut :
washol. Dan melakukan witir 2 roka'at lalu salam, kemudian 1 roka'at
lagi lalu salam di sebut: fashol. Kaifiat yg kedua inilah yg afdhol,
yaitu yg di fasholkan, di pisahkan dua dengan 1 salam, kemudian 1 roka'at dengan 1 salam. Mewasholka n atau memfasholk an witir adalah boleh di lakukan, tetapi yg lebih utama adalah yg di fasholkan.
Hasyiah bajuri, juz 1 hlm 132: " wa liman zaada 'alaa rok_atin l-fashlu wa l-wahslu wa dhoobithu l-fashli an yafshila ar-rok'ata l-aakhirot a 'ammaa qoblaha hatta law sholla 'asyron bi_ihroomi n wa sholla ar-rok'ata l-aakhirot a bi_ihroomi n kaana dzaalika fashlaa wa dhoobithu l-washli an yashila ar-ro'ata l-aakhirot a bimaa qoblahaa, wa l-fashlu afdholu mina l-washli".
[bolehlah untuk org yg mlebihkan atas 1 roka'at, memfasholk an & mewasholka n. & catatan fashal, bhwa di pisahkan'a roka'at yg trakhir dari roka'at sblm'a. Shingga jika di sholatkan' a 10 roka'at dengan 1 takbirotul ihrom, dan di sholatkan' a 1 roka'at yg akhir dgn 1 takbirotul ihram,
adalah yg dmikian itu di sbut: fashol. Dan catatan washol bhwa di
hubungkan roka'at yg akhir dngan roka'at yg sblm'a. Dan fashol itu lebih
afdol dari pada washol].
Melakukan washol witir adalah boleh tapi di makruhkan, pd yg 3 roka'at, & khilaful aula pda yg lbh dari 3. Al-'ubaab: "fa_inna wa shola ats-tsalaa tsa kuriha" [maka jika ia mewasholka n yg 3, di makruhkanl ah]. 'Ibarotul- kanzi: "wa yukrohu l-washlu 'inda l-ityaani bitsalaats i roka'aatin fa_idzaa zaada wa washola fakhilaafu l-aula" [di makruhkan washol, sketika medatangka n dgn 3 roka'at, maka jika lebih dari 3 roka'at & di washolkan' a maka yaitu khilaful aula].
> Mbah Godek
Betul, dalam masalah witir ada yg namanya faslu / dipisah
dengan salam dulu lalu melanjutkan lagiada juga yg namanya waslu /
langsung dengan sekali salam, misalkan melakukan witir 9 rokaat.
Contoh faslu / dipisah yaitu disetiap 2 rekaat salamatau disetiap 4 rekaat salam atau sekaligus melakukan 8 rokaat lalu salam,terus melanjutka n 1 rokaat lagi
Dan contoh melakukan washol/ langsung,
misalkan melakukan 9 rokaat tadi sekaligus dilakukan dengan 1
salam,,entah melakukan hanya 1 tahiyat (rokaat yg ke 9) atau melakukan 2
tahiyyat yg akhir semua (pada rokaat 8 dan 9 )lalu salam.
Lihat fathul muin :
ويجوز لمن زاد على ركعة الفصل بين كل ركعتين بالسلام وهو أفضل من الوصل
بتشهد أو تشهدين في الركعتين الأخيرتين ولا يجوز الوصل بأكثر من تشهدين
والوصل خلاف الأولى فيما عدا الثلاث وفيها مكروه للنهي عنه في خبر ولا
تشبهوا الوتر بصلاة المغرب
Boleh bagi orang yg melakukan sholat witir yg lebih 1 rokaat untuk melakukan alfaslu / memisah
Dengan salam diantara setiap 2 rokaat dan ini lebih utama dari pada
washol / langsung dengan melakukan 1 tasyahud atau 2 tasyahud pada 2
rekaat yg akhir dan juga tidak boleh bagi yg washol melakukan lebih dari
2 tasyahud
Dan hukum washol/ langsung itu khilaful aula pada selain melakukan 3 rokaat dan jika 3 rokaat maka makruh karena ada larangan dari hadis :
Janganlah kalian menyerupak an witir dengan sholat magrib
إعانة الطالبين (1/ 250)
( قوله الفصل بين كل ركعتين ) قال سم هذا هو الأفضل ولو صلى كل أربع بتسليم
واحد أو ستا بتسليم واحد جاز كما اعتمده شيخنا الشهاب الرملي خلافا لبعض
المتأخرين اه (
قوله وهو )
أي الفصل وقوله أفضل من الوصل أي إذا استوى العددان وإلا فالإحدى عشرة مثلا وصلا أفضل من ثلاث مثلا فصلا
وقد يكون الوصل أفضل مع التساوي فيما إذا لم يسع الوقت إلا ثلاثا موصولة
فهي أفضل من ثلاث مفصولة لأن في صحة قضاء النوافل خلافا
وإنما كان الفصل أفضل لأن أحاديثه أكثر كما في المجموع منها الخبر المتفق
عليه كان صلى الله عليه وسلم يصلي فيما بين أن يفرغ من صلاة العشاء إلى
الفجر إحدى عشرة ركعة يسلم من كل ركعتين ويوتر بواحدة ولأنه أكثر عملا
والمانع له الموجب للوصل مخالف للسنة الصحيحة فلا يراعي خلافه ومن ثم كره
بعض أصحابنا الوصل وقال غير واحد منهم أنه مفسد للصلاة للنهي الصحيح عن
تشبيه صلاة الوتر بالمغرب وحينئذ فلا يمكن وقوع الوتر متفقا على صحته
أصلا اه تحفة
قولهبتشهد )
أي في الأخيرة وقدمه على ما بعده لأنه أفضل منه لما فيه من التشبيه بالمغرب
وقوله أو بتشهدين في الركعتين الأخيرتين أي على هيئة صلاة المغرب
قوله ولا يجوز الوصل بأكثر من تشهدين )
أي لعدم وروده وكذلك لا يجوز فعل أولهما قبل الأخيرتين ( قوله والوصل خلاف
الأولى فيما عدا الثلاث إلخ ) الذي يظهر من صنيعه أن المراد أن الوصل في
غير الثلاث من بقية الركعات خلاف الأولى وأن الوصل في الثلاث الركعات مكروه
سواء صلاها فقط أو صلى أكثر منها وهذا هو مقتضى التشبيه بصلاة المغرب لكن
في بعض العبارات ما يدل على أن الوصل مكروه إذا أتى بثلاث ركعات فقط فإن
أتى بأكثر فخلاف الأولى
ومن ذلك عبارة الأستاذ أبي الحسن البكري ونصها ويكره الوصل عند الإتيان بثلاث ركعات فإن زاد ووصل فخلاف الأولى اه
( واعلم )
أن ضابط الوصل والفصل كما في بشرى الكريم وغيره أن كل إحرام جمعت فيه
الركعة الأخيرة مع ما قبلها وصل وإن فصل فيما قبلها بأن سلم من كل ركعتين
مثلا وكل إحرام فصل فيه الركعة الأخيرة عما قبلها فصل وعليه فينبض الوتر
فصلا ووصلا فلو صلى عشرا بإحرام ففضل لفصلها عن الركعة الأخيرة
(قوله للنهي عنه )أي عن الوصل
( وقوله في خبر ولا تشبهوا الوتر بصلاة المغرب )
قال ش ق لا يقال التشبيه لا يظهر إلا فيما إذا أوتر بثلاث ركعات فإن أوتر بخمس أو سبع مثلا فلا تشبيه
لأنا نقول هو موجود أيضا من حيث الإتيان بتشهدين أحدهما قبل الأخيرة والآخر بعدها
LINK ASAL :
Artikel Terkait
- 3175. FIQIH SHOLAT : MERUBAH NIAT QOSHOR DITENGAH SHOLAT
- 3172. FIQIH SHOLAT : KHOTIB KENTUT DI SAAT KHUTBAH
- 3286. FIQIH SHALAT : SHALAT 'AJIZ DENGAN KONDISI DUDUK DIBANTU ORANG LAIN
- 3190. KHUTBAH : MEMENDEKKAN KHUTHBAH DARI SHOLAT JUM'AT
- 3189. FIQIH SHOLAT : PINGGUL TERMASUK AURAT DALAM SHOLAT
- 3186. FIQIH SHOLAT : IMAM BOLEH MINTA GANTI WALAUPUN SHOLATNYA TIDAK BATAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar