PERTANYAAN :
Syahru Nie
Assalamu'alaikum ,, mau tanya masih ragu, ketika selesai dari sujud
kedua hendak berdiri disunnahkan duduk istirahat, dimana posisi tangan
ketika hendak berdiri? apakah menempelkan kedua tangan ke lantai di
depan lutut? apakah tdak termasuk menambah rukun mengingat menempelkan
tangan ke depan ruku'nya orang yg shalat smbil duduk. terma kasih
jawabannya
JAWABAN :
> Mas Hamzah
wa alaikumus salaam warohmatulloh. Keterangan dalam kitab majmu' imam nawawi :
واعلم أنه ينبغي لكل أحد أن يواظب على هذه الجلسة لصحة الأحاديث فيها وعدم
المعارض الصحيح لها ، ولا تغتر بكثرة المتساهلين بتركها ، فقد قال الله
تعالى { قل إن كنتم تحبون الله فاتبعوني يحببكم الله ويغفر لكم ذنوبكم } ،
وقال تعالى { وما آتاكم الرسول فخذوه } قال أصحابنا : وسواء قام من الجلسة
أو من السجدة يسن أن يقوم معتمدا بيديه على الأرض ، وكذا إذا قام من التشهد
الأول يعتمد بيديه على الأرض ، سواء في هذا القوي والضعيف ، والرجل
والمرأة ، ونص عليه الشافعي واتفق عليه الأصحاب لحديث مالك بن الحويرث ،
وليس له معارض صحيح عن النبي صلى الله عليه وسلم والله أعلم .
وإذا اعتمد بيديه جعل بطن راحتيه وبطون أصابعه على الأرض ، بلا خلاف
Ketahulah bahwa seyogyanya bagi setiap orang membiasakan duduk istirohat
karena hadis2nya shohih dan tdk ada hadis shohih lain yg berlawanan,
dan janganlah tertipu dengan banyaknya orang yg tdk melakukan duduk
istirohat .
Allah ta'ala berfirman Katakanlah:"Jika kamu (benar-benar) mencintai
Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni
dosa-dosamu". Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. "
ali imran ayat 31.
Allah juga berfirman : " Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah "
surat al hasr ayat 7.
Ashab kami berkata : " dan disunnahkan berdiri dengan bertumpu pada
kedua tangan berada di tanah baik ketika bangun dari duduk istirohat
ataupun bangun dari sujud, begitu juga ketika bangun dari tasyahud awal
kedua tangan bertumpu pada tanah, baik itu bagi orang yg kuat maupun
orang yg lemah, baik laki2 maupun perempuan."
dan ini adalah nasnya imam syafi'i serta kesepakatan ashab sebab
hadisnya malik bin al chuwairis dan tdk ada hadis shohih dari nabi
shollallohu alaihi wasallam yg berlawanan.
Dan jika betumpu dgn kedua tangan maka sebelah dalam telapak tangan dan
sebelah dalamnya jari2 diletakkan pada tanah , cara ini tidak ada
khilaf.
Wallohu a'lam.
> Ghufron Bkl
Tidak termasuk menambah rukun bagi yg shalat berdiri, ketika bangun dari
sujud ato duduk mau berdiri maka di sunahkan kedua telapak tangan
berpegangan pada lantai:
ويسن اعتماد على بطن كفيه في قيام من سجود وقعود (قوله: ويسن اعتماد على
بطن كفيه إلخ) وذلك لأنه أعون على القيام وأشبه بالتواضع، مع ثبوته عنه -
صلى الله عليه وسلم -. فقد ثبت: أنه كان يقوم كقيام العاجز. وفي رواية:
العاجن. اعانة الطالبين
Menurut imam Romliy melakukan hal tsb diatas tdk membatalkan shalat bila
tdk di niati menambah ruku', sedangkan menurut imam Qulyubiy melakukan
hal tsb diatas ketika duduk tasyahud bila unt unt duduk tawaruq ato
duduk iftirosy tidak membatalkan shalat : fokus :
(قوله: ومنه) أي ومن المبطل. وقوله: أن ينحني إلخ خالف الرملي وغيره في كون
هذا الانحناء مبطلا، كما في الكردي. ونص عبارته: رأيت في فتاوي الجمال
الرملي: لا تبطل صلاته بذلك إلا إن قصد به زيادة ركوع. اه. وقال القليوبي:
لا يضر وجوده، أي صورة الركوع في توركه وافتراشه في التشهد، خلافا لابن
حجر. اه.
> Sunde Pati
siiipppp
الأم (1/ 116)
( قال الشَّافِعِيُّ ) وَبِهَذَا كُلِّهِ نَقُولُ فَنَأْمُرُ كُلَّ مُصَلٍّ
من الرِّجَالِ وَالنِّسَاءِ أَنْ يَكُونَ جُلُوسُهُ في الصَّلَوَاتِ
ثَلَاثَ جَلَسَاتٍ إذَا رَفَعَ رَأْسَهُ من السُّجُودِ لم يَرْجِعْ على
عَقِبِهِ وَثَنَى رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَجَلَسَ عليها كما يَجْلِسُ في
التَّشَهُّدِ الْأَوَّلِ وإذا أَرَادَ الْقِيَامَ من السُّجُودِ أو
الْجُلُوسِ اعْتَمَدَ بِيَدَيْهِ مَعًا على الْأَرْضِ وَنَهَضَ وَلَا
أُحِبُّ أَنْ يَنْهَضَ بِغَيْرِ اعْتِمَادٍ فإنه يُرْوَى عن النبي صلى
اللَّهُ عليه وسلم أَنَّهُ كان يَعْتَمِدُ على الْأَرْضَ إذَا أَرَادَ
الْقِيَامَ
WALLOHU A'LAM .
LINK DISKUSI :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar