PERTANYAAN
Nuvita Sari
assalamualaikum, mau
tanya apa siksanya bagi orng yg tidak melaksanan iddah(talaq roj,i)?dan
apa saja batasan2 yg tidak di perbolehkan bagi orang yg sedang iddah? atas jawabannya saya ucapkan terima kasih
JAWABAN
Masa
iddah di wajibkan pada semua wanita yg berpisah dari suaminya dengan
sebab talak, khulu' dan di tinggal mati, dengan syarat bahwa si suami
tlh melakukan hubungan intim dengan istrinya yg di talak.
Apabia wanita tsb tdk melakukan masa iddahnya maka ia berdosa.
> Ical Rizaldysantrialit
Wa'alaikum salam. Dalam Bughiyatul Mustarsyidin : Wajib Ihdad bagi wanita yang di tinggal wafat suaminya. Apakah Ihdad ? Ihdad adalah meninggalkan untuk tidak memakai wewangian dan meminyaki rambut kecuali dhoruroh.
Sedangkan bagi wanita dalam masa idah tholaq raj'i dan tholaq bain hukum ihdad adalah sunah.
Dan sudah menjadi
kesepakatan dari empat ulama madzhab bahwa wajib bagi wanita yang sedang
menjalani masa idah untuk tetap berada di rumah (dilarang keluar
rumah).
Dan keluar rumah saat menjalani idah termasuk dosa besar,demikian ditulis oleh Ibnu Hajar dalam kitab Al-Zaawaajir. Wallahu A'lam
(مسألة): يجب الإحداد
على المتوفي عنها زوجها، وهو ترك الطيب والدهن كالمحرم، فيحرم عليها لغير
ضرورة أو حاجة ما يحرم عليه من الطيب في الثوب والبدن والطعام ودهن نحو
الرأس، نعم يلزمها إزالة طيب عليها حال الشروع في العدة، ولا كفارة عليها
باستعماله بخلافه فيهما، ولها استعمال نحو أظفار عند طهرها من نحو حيض
والحلي وكل صبوغ لزينة واكتحال ولو بصبر لا لرمد، فتكتحل ليلاً وتمسحه
نهاراً، قاله في الفتح. ويندب الإحداد للبائن وفي قول يجب، وكذا للرجعية ما
لم تظن عود الزوج لها وخرج بما ذكر نحو غسل الرأس ولو بسدر وامتشاطه
والاستحداد وقلم الأظفار فلا يحرم وبالزوج غيره فيحرم فوق ثلاث مطلقاً،
وكذا دونها لغير قريب وعالم وصالح، ويجب على كل معتدة مطلقاً ملازمة المسكن
بإجماع الأئمة الأربعة، بل تركه كبيرة لقوله تعالى: {ولا يخرجن} كما في
الزواجر.
> Yai Abdullah Afif
Wa'alaikumussalaam warahmatullaah , Iddah bagi wanita thalaq raja'i tetap wajib dilaksanakan, adapun IHDAD hukumnya sunnah. Keluar dari rumah tidak boleh. Ta'bir dari Kitab Fathul Wahhab (Hasyiyah Jamal 19/182, maktabah syamilah):
تَجِبُ بِوَفَاةِ زَوْجٍ عِدَّةٌ وَهِيَ ) أَيْ عِدَّةُ الْوَفَاةِ (
لِحُرَّةٍ حَائِلٍ أَوْ حَامِلٍ مِنْ غَيْرِهِ كَزَوْجَةِ صَبِيٍّ ) أَوْ
مَمْسُوحٍ ( وَلَوْ رَجْعِيَّةً
إلى أن قال
( وَيَجِبُ إحْدَادٌ عَلَى مُعْتَدَّةِ وَفَاةٍ ) لِخَبَرِ الصَّحِيحَيْنِ {
لَا يَحِلُّ لِامْرَأَةٍ تُؤْمِنُ بِاَللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ أَنْ
تُحِدَّ عَلَى مَيِّتٍ فَوْقَ ثَلَاثٍ إلَّا عَلَى زَوْجٍ أَرْبَعَةَ
أَشْهُرٍ وَعَشْرًا } أَيْ فَإِنَّهُ يَحِلُّ لَهَا الْإِحْدَادُ عَلَيْهِ
أَيْ يَجِبُ لِلْإِجْمَاعِ عَلَى إرَادَتِهِ ، وَالتَّقْيِيدُ بِإِيمَانِ
الْمَرْأَةِ جَرَى عَلَى الْغَالِبِ ؛ لِأَنَّ غَيْرَهَا مِمَّنْ لَهَا
أَمَانٌ يَلْزَمُهَا الْإِحْدَادُ ، وَعَلَى وَلِيِّ صَغِيرَةٍ
وَمَجْنُونَةٍ مَنَعَهُمَا مِمَّا يَمْنَعُ غَيْرَهُمَا ( وَسُنَّ
لِمُفَارَقَةٍ ) وَلَوْ رَجْعِيَّةً
إلى أن قال
وَلَا تَخْرُجُ ) مِنْهُ وَلَوْ رَجْعِيَّةً
Wallaahu A'lam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar