Minggu, 07 September 2014

Non-Muslim Berbuat Baik Didunia, Bagaimana di Akhirat Kelak ?

Assalamu'alaikum tadz, mau tanya bagaimana jika ada Non Muslim atau kafir yang melakukan perbuatan baik di dunia, semisal menyumbangkan dana untuk pembangungan social, memberikan makanan kepada warga muslim tanpa ada maksud negative dan murni rasa iba dan kasihan ?

Jawab : Wa;alaikum salam. Para ulama menjelaskan bahwasanya seluruh amalan kebaikan non Muslim atau kafir di akherat kelak tidak akan menghasilkan manfaat sama sekali, dikarenakan kekufurannya kepada Allah Ta’ala. Dalam al-Quran disebutkan :

وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الإِسْلامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي لآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ
“Barangsiapa yang menjadikan selain Islam sebagai agamanya, maka tidak akan diterima (kebaikan) darinya, dan dia di akherat kelak termasuk orang yang merugi “.

Allah juga berfirman :

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا وَمَاتُوا وَهُمْ كُفَّارٌ فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْ أَحَدِهِمْ مِلْءُ الأَرْضِ ذَهَبًا وَلَوِ افْتَدَى بِهِ أُولَئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ وَمَا لَهُمْ مِنْ نَاصِرِينَ
“Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan mati dalam keadaan kafir, maka tidak akan diterima seorang dari mereka sekalipun emas sepenuh bumi. Seandainya dia hendak menebus diri dengannya, mereka itulah orang-orang yang mendapat siksa yang pedih dan tidak memperoleh penolong “. (QS. Aali Imron : 91)

Nabi shalllahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

وَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ، لَا يَسْمَعُ بِي أَحَدٌ مِنْ هَذِهِ الْأُمَّةِ يَهُودِيٌّ وَلَا نَصْرَانِيٌّ ثُمَّ يَمُوتُ وَلَمْ يُؤْمِنْ بِالَّذِي أُرْسِلْتُ بِهِ إِلَّا كَانَ مِنْ أَصْحَابِ النَّارِ
“Demi yang jiwa Muhammad di tangan-Nya, aku tidak pernah mendengar seorang yahudi atau nashrani dari umat ini, kemudian meninggal dan tidak beriman dengan kerasulanku, kecuali dia termasuk penghuni neraka“.(HR. Muslim)

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa mereka non Muslim juga akan mendapatkan balasan kebaikan dari Allah di dunia saja bukan di akherat, sebagaimana hadits sahih berikut ini :

إن الله لا يظلم مؤمنا حسنته يعطى بها ( و في رواية : يثاب عليها الرزق في الدينا ) و يجزى بها في الآخرة و أما الكافر فيطعم بحسنات ما عمل بها لله في الدنيا حتى إذا أفضى إلى الآخرة لم يكن له حسنة يجزى بها
“Sesungguhnya Allah tidak akan mendzhalimi seorang mukmin pun dari kebaikan yang diberikannya, dalam riwayat lain, “ ia akan diberi pahala rezeki di dunia dan mendapat balasan di akherat. Adapun orang kafir, maka Allah akan membalas kebaikannya yang dilakukannya karena Allah di dunia dengan memberikannya makanan, sampai jika dia menuju akherat dan tidak memiliki kebaikan seidkit pun untuk dibalas“. (HR. Muslim)

Wa Allahu A'lam...

    Oleh : Ibnu Abdillah Al-Katibiy, 02/09/2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar