Minggu, 28 September 2014

Kirim Fatihah kepada orang mati manurut Wahabi


Mengirim Fatihah Untuk Mayyit Bermanfaat dan Sampai Menurut Wahhabi

Para ulama panutan kaum Wahabi, ternyata menganjurkan kita mengirimkan pahala bacaan al-Fatihah kepada orang-orang kita yang sudah meninggal dunia. Setidaknya tiga ulama panutan Wahabi menganjurkan.

1) SYAIKH IBNU TAIMIYAH.
Syaikh Ibnu Taimiyah berkata dalam Majmu’ Fatawa juz 24 halaman 366 sebagai berikut:

وأما قراءة القرآن والصدقة وغيرها من أعمال البر فلا نزاع بين علماء السنة والجماعة في وصول ثواب العبادات المالية كالصدقة والعتق كما يصل إليه الدعاء والاستغفار والصلاة عليه صلاة الجنازة والدعاء عند قبره، وتنازعوا في وصول الأعمال البدنية كالصوم والصلاة والقراءة، والصواب أن الجميع يصل إلى الميت وهذا مذهب أحمد وأبي حنيفة وطائفة من أصحاب مالك والشافعي، وهو ينتفع بكل ما يصل إليه من كل مسلم سواء كان من أقاربه أو غيرهم انتهى ( مجموع الفتوى ج24 ص366 ).
Adapun membaca al-Qur’an, sedekah dan kebaikan-kebaikan lainnya, maka tidak ada pertentangan di kalangan ulama Sunnah Wal-Jama’ah tentang sampainya pahala ibadah yang bersifat harta seperti sedekah dan memerdekakan budak. Sebagaimana sampai pula pahala doa, istighfar, shalat jenazah dan berdoa di makamnya. Para ulama bertentangan tentang sampainya pahala amalan-amalan yang bersifat fisik seperti puasa, shalat dan membaca al-Qur’an. Pendapat yang benar, semua itu sampai kepada mayit. Ini adalah madzhab Ahmad, Abu Hanifah dan sekelompok dari pengikut Malik dan al-Syafi’i. Mayit dapat mengambil manfaat dengan setiap kebaikan yang sampai kepadanya dari setiap Muslim, baik dari kerabatnya maupun orang lain. (Majmu’ Fatawa Ibnu Taimiyah, juz 24 halaman 366).

2) SYAIKH IBNU ‘UTSAIMIN
Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin berkata dalam fatwanya sebagai berikut:

الراجح أن الميِّت ينتفع بذلك وأنَّه يجوز للإنسان أن يقرأ بنيَّة أنَّه لفلان أو فلانة من المسلمين سواء كان قريباً أم غير قريب لأنَّه ورد في جنس العبادات جواز صرفها للميِّت انتهى . (المجموع الثمين من فتاوى ابن عثيمين ج2ص115 ).
Pendapat yang unggul, sesungguhnya orang yang mati dapat mengambil manfaat dengan kiriman pahala tersebut. Seseorang boleh membaca al-Qur’an atau Surat al-Fatihah dengan niat untuk si Fulan atau Fulanah dari kaum Muslimin, baik dia kerabatnya atau pun bukan kerabatnya. Karena telah datang dalil bolehnya menghadiahkan pahala dalam jenis ibadah tersebut kepada orang yang meninggal dunia. (Syaikh Ibnu ‘Utsaimin, al-Majmu’ al-Tsamin min Fatawa Ibn ‘Utsaimin, juz 2 halaman 115).

Pandangan senada, juga dikemukakan oleh Ibnu Qayyim al-Jauziyyah dalam kitab al-Ruh halaman 258, dan Ibnu Abi al-‘Izz al-Hanafi dalam Syarh al-‘Aqidah al-Thahawiyyah juz 2 halaman 664. Sementara al-Albani, ulama Wahabi juga, dalam Silsilah al-Ahadits al-Shahihah juz 1 halaman 783-784 membolehkan hadiah pahala al-Fatihah dan al-Qur’an kepada kedua orang tua saja. Kepada orang lain, al-Albani melarang. Yang jelas, al-Albani tidak punya dalil dalam pembatasan tersebut.

KESIMPULAN:
1) Hadiah pahala bacaan al-Fatihah atau al-Qur’an kepada orang yang sudah meninggal hukumnya boleh dilakukan dan tidak termasuk bid’ah.
2) Hadiah pahala tersebut akan sampai kepada orang yang dituju dan bermanfaat bagi mereka.
3) Boleh membaca al-Fatihah ila ruuh fulan ….., sebagaimana dalam fatwa Syaikh Ibnu ‘Utsaimin, dan tidak termasuk bid’ah.
4) Bacaan tersebut boleh dilakukan secara berjamaah seperti dalam Tahlilan, atau secara individu. Wallahu al-muwaffiq.

Oleh : Ustadz Muhammad Idrus Ramli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar