Sabtu, 27 September 2014

Kisah-kisah Fadhilah SEDEKAH

Dinukil dari kitab Al Majalisus Saniyyah Syeh Ahmad bin Syeh Hijazy
1. Ada seorang lelaki dari kaumnya Nabi Sholeh alaihis salaam yg telah menyakiti mereka, mereka berkata : " wahai Nabiyulloh, berdoalah keburukan untuk dia "
Nabi Sholeh berkata : " pergilah kalian, karena kalian telah dicukupkan dengannya."
Lelaki tsb setiap hari keluar rumah utk mencari kayu, suatu kali ketika mencari kayu dia membawa dua potong roti yg satu dimakan dan satunya lagi disedekahkan, setalh mencari kayu dia pulang dengan selamat tanpa terkena musibah sama sekali, maka Nabi Sholeh memanggilnya dan beliau berkata :
" apa yg telah kau lakukan hari ini ?"
dia menjawab : " aku keluar utk mencari kayu dengan membawa dua potong roti, satu kumakan dan satu lagi ku sedekahkan ."
Nabi Sholeh berkata : " coba lepaskan ikatan kayumu itu ."
ikatan kayu dilepaskan tiba2 didalamnya terdapat ular yg besar, Nabi Sholeh berkata : " sebab sedekahmu itulah engkau terhindar dari musibah ."
2. Dari Abu Hurairoh rodhiyallohu anhu, " sesungguhnya suatu kelompok melewati Nabi Isa alaihis salaam kemudian Nabi Isa berkata, " salah seorang dari mereka hari ini akan meninggal, insya Allah ."
kemudian mereka semua lewat, setelah sore hari mereka kembali melewati nabi Isa dan mereka semuanya selamat dan mereka masing2 membawa seikat kayu.
Nabi Isa berkata kpd orang yg dikatakan akan meninggal hari ini ,
" lepaskanlah ikatan kayumu ."
ikatan kayu dilepaskan ternyata didalamnya terdapat ular hitam yg besar .
beliau berkata, " apa yg kau lakukan hari ini ?"
dia menjawab : " aku tdk melakukan apapun, hanya saja saat itu aku mempunyai sepotong roti dan ada orang miskin yg meminta2 maka kuberikan roti tsb."
NABI Isa berkata , " dngan sedekah itulah kematian tertolak darimu."
3. Dari Abu Hurairoh rodhiyallohu anhu, sesungguhnya Nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda,
" Dulu dizaman orang2 sebelum kalian ada seorang lelaki yg mendatangi sarang burung ketika telah menetas dan mengambil anaknya, maka induk burung mengadu kpd Allah.
Allah ta'ala memberikan wahyu kpd burung bahwa jika lelaki tsb mendatangi sarang burung lagi ketika menetas maka dia akan binasa.
ketika telur burung telah menetas, lelaki tsb mendatangi sarang burung spt kebiasaannya, ketika telah sampai dibatas desa dia bertemu dengan peminta2 kemudian dia memberikan sepotong roti kpdnya padahal itu adalah roti jatah sarapannya.
setlah itu dia menuju tempat sarang burung, kemudian dia menata tangganya dan naik utk mengambil anak2 burung, kedua induk burung hanya bisa melihatnya kemudian keduanya berkata,
" wahai Tuhanku, Engkau bukanlah dzat yg mengingkari janji, Engkau telah berjanji bahwa akan membuat dia binasa ketika kembali mengambil anak2 kami."
Allah ta'ala memberi wahyu kpd burung tsb , " apakah kalian berdua tdk tahu bahwa Aku tdk akan membinasakan siapapun yg bersedekah diharinya dengan kematian yg buruk."
4. Dari Wahb bin Munabbih berkata, " ketika salah seorang perempuan dari bani israil berada di tepi laut utk mencuci baju, sang anak merangkak disekitarnya. kemudian datanglah peminta2 dan diberi sesuap roti oleh perempuan tsb.
tanpa menunggu waktu lama tiba2 sang anak disambar oleh seekor srigala dan dibawa lari, perempuan tsb berteriak2 , " wahai serigala, kembalikan anakku..."
kemudian Allah memberi wahyu kpd salah seorang malaikatnya, " ambillah anak tsb dari mulutnya serigala dan kembalikan kpd ibunya, satu suapan ditukar dengan satu suapan."
5. Dikatakan bahwa ada seorang tukang cuci baju pd zaman Nabi Isa alaihis salam yg perangainya buruk dan suka menghasud orang2,
mereka meminta kpd Nabi Isa utk mendoakan tukan cuci baju tsb maka Nabi Isa pun mendoakan kebinasaan utknya. ketika matahari tenggelam mereka melihat tukan cuci baju tersebut masuk dgn membawa bungkusan diatas kepalanya, mereka pada heran kemudian Nabi Isa memanggilnya dan berkata,
" bukalah bungkusanmu ."
bungkusan dibuka ternyata didalamnya terdapat ular besar yg melingkar dan diikat dengan besi.
Nabi Isa berkata, " kebaikan apa yg kamu lakukan hari ini ?"
dia berkata, " aku tdk melakukan apapun kecuali ada seorang lelaki yg baru turun dari mushollanya dan mengeluh bahwa dia sdg lapar kemudian kuberi dia sepotong roti yg kupunya."
kemudian Nabi Isa berkata, " sesungguhnya Allah mengutus ular ini utk membuat celaka kpdmu, ketika engkau bersedekah maka Allah memerintahkan malaikat utk mengikat ular ini dengan besi."
wallohu a'lam.
المجالس السنية
الشيخ احمد بن الشيخ حجازى

Tidak ada komentar:

Posting Komentar