Sabtu, 07 Maret 2015

Peristiwa Shirothol Mustaqim

Shirotol Mustaqim

الباب الثالث والثلاثون فى ذكر الصراط

Bab 33 menerangkan tentang Shirath (Jembatan)
Kitab Daqoiqul Akbar Fii Dzikril Jannati Wan-Nar
Karya: Imam Abdirrahim bin Ahmad Al-Qadhiy

قال النبى عليه السلام انّ الله تعالى خلق على النار جسرا وهو الصراط على متن جهنم مد خضة مزلقة عليه سبع قناطر كل قنطرةمنها مسيرة ثلاثة آلف, سنة الف منها صعود والف منها استواء والف منها هبوط أدق من الشعرة وأحد من السيف واظلم من اليل, كل قنطرة عليها سبع شعب كل شعيبة كالرمح الكويل محددالاسنان يجلس العبد على كل قنطرة منها ويسأل عما أمرالله تعالى به.

Rasulullaah SAW. bersabda : "Sesungguhnya ALLAH SWT. telah menciptakan Shirath yang berada diatas neraka, enggeh meniko jembatan kang dumawah teng tengah-tengah neraka Jahanam yang sangat licin dan dapat menggelincirkan. Jembatan ini nduweni 7 gardu (pos), yang setiap gardu jaraknya sama dengan perjalanan 3000 tahun, seribu tahun berupa tanjakan yang tinggi, seribu tahun berupa dataran, dan seribu tahun berupa lereng yang curam. Dia lebih kecil dan lembut dari pada rambut, lebih tajam dari pada pedang, dan lebih gelap dibandingkan malam yang pekat. Setiap gardu mempunyai 7 cabang, setiap cabang bentuknya bagai panah yang ujungnya tajam. Duduklah setiap hamba diatas setiap gardu tersebut dan ditanyakan kepadanya tentang perintah-perintah ALLAH SWT.

ففى الاولى يحاسب على الايمان فان سلم من الكفر والرياء فيها والا تردى فى النار . ففى الثانية يسأل عن الصلاة . ففى الثالثة عن الزكاة وفى الرابعة عن الصوم وفى الخامسة عن الحج والعمرة وفى السادسة عن الوضوء والغسل من الجنابة وفى السابعة عن برالوالدين وصلة الرحم والمظالم فان نجا منها فبها والا تردى فى النار

Ingndalem pos pertama seorang hamba ditanya tentang keimanannya, jika ia terpelihara dari sifat-sifat kafir dan riya' maka tetaplah ia diatas gardu dan jika tidak, maka dilemparkanlah ia kedalam api neraka. Pada pos yang kedua seorang hamba ditanya tentang sholatnya. Pada pos yang ketiga seorang hamba ditanya tentang zakatnya. Pada pos yang keempat seorang hamba di tanya tentang puasanya. Pada pos yang kelima seorang hamba ditanya tentang haji dan umrohnya. Pada pos yang keenam seorang hamba ditanya tentang wudhu' dan mandi junubnya. Dan pada pos yang ketujuh seorang hamba ditanya tentang budi baik terhadap kedua orang tuanya, menyambung tali persaudaraan dan penganiayaan. Dan jika seorang hamba lolos dari pertanyaan-pertanyaan ini, maka tetaplah ia pada pos dan jika tidak, maka ia akan dilemparkan ke dalam api neraka.

قال وهب انه عليه السلام يدعو يارب سلم سلم أمتى فيركب الخلائق الجسر حتى يركب بعضهم على يعض والجسور تضترت كالسفينة فى البحرفى الريح العاصف , فتحوز الزمرة الاولى كالبرق الخاطف والزمرة السانيةكالريح العاصف والزمرة الثالثة كاطير المسرع والزمرة الرابعة كالفرس الجواد زالزمرة الخامسة كالرجل المسرع والزمرة السادسة كالماشية والزمرة السابعة قدر يوم ولية , وقال بعضهم قدر شهرين وبعضهم قدر سنة وسنتين وثلاث سنين حتى يكون زمن آخر من يمر على الصراط قدر خمس وعسرين ألف سنة من سنى الدنيا

Imam Wahab berkata: "Sesungguhnya RasulullaaHh SAW. berdoa: "Ya Tuhanku, selamatkanlah, selamatkanlah umatku." Maka naiklah semua makhluk diatas jembatan tersebut hingga ada yang saling menaiki antara yang satu dengan yang lain. Dan jembatan tersebut terus terombang-ambing bagaikan perahu diatas lautan yang ditiup angin taufan.
Maka lewatlah kelompok yang pertama bagaikan kilat yang menyambar. Kelompok yang kedua bagaikan angin kencang. Kelompok yang ketiga bagaikan burung yang terbang. Kelompok yang keempat bagaikan kuda yang berlari. Kelompok yang kelima bagaikan orang yang berlari. Kelompok yang keenam bagaikan orang yang berjalan. Dan kelompok yang ketujuh melewatinya selama sehari semalam, ada yang melewatinya selama 1bulan, 1tahun, 2tahun, 3tahun, dan ada pula yang melewatinya selama 15.000 tahun (lamanya) dari tahun didunia.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar