Selasa, 24 Maret 2015

Kisah Luman Hakim hingga namanya tercantum dalam al-quranul

                                

وَلَقَدْ آتَيْنَا لُقْمَانَ الْحِكْمَةَ أَنِ اشْكُرْ لِله وَمَنْ يَشْكُرْ فَإنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِ وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللهَ غَنِيٌّ حَمِيْدٌ(12)

Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmah kepada Lukman, yaitu: "Bersyukurlah kepada Allah. Dan barang siapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barang siapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji".
Arti dan isi kandungan surat Luqman ayat 13

وَوَصَّيْنَا ٱلْإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُۥ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَٰلُهُۥ فِى عَامَيْنِ أَنِ ٱشْكُرْ لِى وَلِوَٰلِدَيْكَ إِلَىَّ ٱلْمَصِيرُ

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.
(QS: Luqman Ayat: 14)

Luqmanul hakim dan putranya

 

Luqmanul hakim dan putranya, siapakah beliau, hidup di zaman siapa, dan bagaimnakah silsilah beliau dan keutamaan beliau, hingga namanya dapat tercantum dalam al-quranul karim ?

Dinukil dari kitab Tafsir Al Qurtuby (14/56 -57)


Diriwayatkan dari hadisnya ibnu umar berkata ,aku mendengar Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda :" Lukman bukanlah seorang Nabi, tetapi dia seorang hamba yang banyak berfikir dan memiliki keyakinan yang baik, dia mencintai Allah Ta’alaa, dan Allah mencintainya. Allah menganugerahinya hikmah, dan Allah memilihnya untuk dijadikan kholifah atau pemimpin untuk menetapkan hukum dengan benar. kemudian lukman berkata : 'wahai Tuhanku, jika Engkau membebaskanku utk memilih maka aku memilih afiyat dan aku meninggalkan ujian, tapi jika Engkau telah menentukan kpdku maka aku tunduk dan patuh karena sesungguhnya Engkau akan menjagaku" hadis ini dituturkan oleh ibnu athiyah,

Lukmanul hakim hidup pada zaman Nabi Dawud alaihis salam, Nabi Dawud berkata kpd lukman : " engkau beruntung wahai lukman, engkau diberikan hikmah dan ujian disingkirkan darimu, sedangkan Dawud diberi khilafah dan diberi ujian dan fitnah "qotadah berkata : " Allah memberikan pilihan kpd lukman antara kenabian dan hikmah, kemudian lukman lebih memilih hikmah daripada kenabian. datanglah jibril alaihis salam ketika lukman tidur, kemudian jibril menaburkan hikmah kepada lukman. ketika pagi tiba, lukman berbicara dengan hikmah, ditanyakn kepada beliau, 'mengapa engkau lebih memilih hikmah daripada kenabian ? 'beliau menjawab : sesungguhnya jika Allah mengutusku sebagai nabi berdasarkan ketetapan maka aku pasti berharap pertolongan dari-Nya dalam kenabian, tetapi Allah memberikanku pilihan maka aku khawatir jika aku tdk mampu thd kenabian dan jadilah hikmah hal yg aku sukai."

Para ulama' berbeda pendapat mengenai pekerjaan lukman, katanya beliau adalah seorang tukang jahit, ini menurut sa'id bin al musayyab.dikatakan kpd orang yg hitam : " janganlah khawatir karena kamu orang hitam, karena sesungguhnya ada 3 orang terbaik dari kulit hitam yaitu bilal, mahja' maulanya umar dan lukman."

Ada yang berpendapat bahwa lukman bekerja mencari kayu utk juragannya. lukman berkata kpd orang yg melihatnya : " jika engkau melihat tebalnya kedua mulutku maka dari keduanya keluar kalimat2 yg lembut,  jika engkau melihat hitamnya kulitku maka hatiku putih "

Ada yg berpendapat bahwa dulu lukman adalah seorang penggembala, kemudian ada seseorang yg mengenalnya waktu dulu melihat beliau dan berkata," bukankah engkau adalah budaknya bani fulan ? ""benar " jawab lukman. "bgaimana engkau bisa menjadi yg aku lihat sekarang ? "lukman menjawab : "sebab takdir Allah, amanah, jujur dalam berbicara dan meninggalkan hal yg tiada gunanya "

Menurut kholid ar robi'i, lukman adalah seorang tukang kayu.juragannya lukman berkata, " sembelihlah kambing utkku, kemudian kirimkanlah dua daging terbaiknya, "kemudian lukman mengirimkan hati dan lidah. juragannya mmerintahkan lagi utk memotong kambing dan meminta dua daging yg paling buruk.kemudian lukman mengirimkan lidah dan hati lagi. 'juragan berkata :" aku menyuruhmu utk mengirimiku dua daging terbaik dan engkau mengirimkan lidah dan hati, kemudian aku menyuruhmu lagi tuk mengirimkan dua daging terburuk dan engkau mengirimkan lagi lidah dan hati ? "lukman berkata :" sesunggunya, tiada sesuatu yg lebih bagus dari keduanya jika keduanya bagus, dan tiada sesuatu yg lebih buruk dari keduany jika keduanya buruk."

تفسير القرطبي و روي من حديث ابن عمر قال : سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : " لم يكن لقمان نبيا ولكن كان عبدا كثير التفكر حسن اليقين ، أحب الله تعالى فأحبه ، فمن عليه بالحكمة ، وخيره في أن يجعله خليفة يحكم بالحق ; فقال : رب ، إن خيرتني قبلت العافية وتركت البلاء ، وإن عزمت علي فسمعا وطاعة فإنك ستعصمني " ذكره ابن عطية . وزاد الثعلبي : " فقالت له الملائكة بصوت لا يراهم : لم يا لقمان ؟ قال : لأن الحاكم بأشد المنازل وأكدرها ، يغشاه المظلوم من كل مكان ، إن يعن فبالحري أن ينجو ، وإن أخطأ أخطأ طريق الجنة . ومن يكن في الدنيا ذليلا فذلك خير من أن يكون فيها شريفا . ومن يختر الدنيا على الآخرة نفته الدنيا ولا يصيب الآخرة . فعجبت الملائكة من حسن منطقه ; فنام نومة فأعطي الحكمة فانتبه يتكلم بها . ثم نودي داود بعده فقبلها - يعني الخلافة - ولم يشترط ما اشترطه لقمان ، فهوى في الخطيئة غير مرة ، كل ذلك يعفو الله عنه . وكان لقمان يوازره بحكمته ; فقال له داود : طوبى لك يا لقمان ! أعطيت الحكمة وصرف عنك البلاء ، وأعطي داود الخلافة وابتلي بالبلاء والفتنة " . وقال قتادة : خير الله تعالى لقمان بين النبوة والحكمة ; فاختار الحكمة على النبوة ; فأتاه جبريل عليه السلام وهو نائم فذر عليه الحكمة فأصبح وهو ينطق بها ; فقيل له : كيف اخترت الحكمة على النبوة وقد خيرك ربك ؟ فقال : إنه لو أرسل إلي بالنبوة عزمة لرجوت فيها العون منه ، ولكنه خيرني فخفت أن أضعف عن النبوة ، فكانت الحكمة أحب إلي .واختلف في صنعته ; فقيل : كان خياطا ; قاله سعيد بن المسيب ، وقال لرجل أسود : لا تحزن من أنك أسود ، فإنه كان من خير الناس ثلاثة من السودان : بلال ومهجع مولى عمر ولقمان . وقيل : كان يحتطب كل يوم لمولاه حزمة حطب . وقال لرجل ينظر إليه : إن كنت تراني غليظ الشفتين فإنه يخرج من بينهما كلام رقيق ، وإن كنت تراني أسود فقلبي أبيض . وقيل : كان راعيا ، فرآه رجل كان يعرفه قبل ذلك فقال له : ألست عبد بني فلان ؟ قال : بلى . قال : فما بلغ بك ما أرى ؟ قال : قدر الله ، وأدائي الأمانة ، وصدق الحديث ، وترك ما لا يعنيني ; قاله عبد الرحمن بن زيد بن جابر . وقال خالد الربعي : كان نجارا ; فقال له سيده : اذبح لي شاة وأتني بأطيبها مضغتين ; فأتاه باللسان والقلب ; فقال له : ما كان فيها شيء أطيب من هذين ؟ فسكت ، ثم أمره بذبح شاة أخرى ثم قال له : ألق أخبثها مضغتين ; فألقى اللسان والقلب ; فقال له : أمرتك أن تأتيني بأطيب مضغتين فأتيتني باللسان والقلب ، وأمرتك أن تلقي أخبثها فألقيت اللسان والقلب ؟ ! فقال له : إنه ليس شيء أطيب منهما إذا طابا ، ولا أخبث منهما إذا خبثا .


Kitab Tafsir Ibnu Katsir
Ulama' salaf berbeda pendapat mengenai lukman, apakah dia seorang nabi atau orang sholeh tapi bukan nabi ?menurut mayoritas bahwa beliau adalah bukan nabi.ibnu abbas : lukman adalah seorang budak dari habsyah/etiopia, seorang tukang kayu.jabir bin abdillah : lukman orangnya pendek, berhidung pesek berasal dari nubia.sa'id bin musayyab : lukman berasal dari sudan, mesir, Allah meberikan hikmah kepadanya dan tdk memberikan kenabian.
Ada orang kulit hitam mendatangi said bin musayyab sambil bertanya, kemudian said berkata kpdnya :" jangan bersedih karena engkau orang hitam, karna sesunguhnya ada 3 manusia terbaik dari sudan yg berkulit hitam yaitu, bilal, mahja' maula umar bin khottob, dan lukmanul hakim , beliau orang kulit hitam, dari nubia."
Lukman adalah seorang hamba yg sholeh, hidup pada zamannya nabi Dawud alaihis salam. beliau seorang yg berkulit hitam dan berbibir tebal, pernah juga menjadi qodhinya bani israel pada zamannya nabi Dawud alaihis salaam

تفسير ابن كثيراختلف السلف في لقمان ، عليه السلام : هل كان نبيا ، أو عبدا صالحا من غير نبوة ؟ على قولين ، الأكثرون على الثاني وقال سفيان الثوري ، عن الأشعث ، عن عكرمة ، عن ابن عباس قال : كان لقمان عبدا حبشيا نجارا . وقال قتادة ، عن عبد الله بن الزبير ، قلت لجابر بن عبد الله : ما انتهى إليكم من شأن لقمان ؟ قال : كان قصيرا أفطس من النوبة . وقال يحيى بن سعيد الأنصاري ، عن سعيد بن المسيب قال : كان لقمان من سودان مصر ، ذا مشافر ، أعطاه الله الحكمة ومنعه النبوة . وقال الأوزاعي : رحمه الله ، حدثني عبد الرحمن بن حرملة قال : جاء رجل أسود إلى سعيد بن المسيب يسأله ، فقال له سعيد بن المسيب : لا تحزن من أجل أنك أسود ، فإنه كان من أخير الناس ثلاثة من السودان : بلال ، ومهجع مولى عمر بن الخطاب ، ولقمان الحكيم ، كان أسود نوبيا ذا مشافر . وقال ابن جرير : حدثنا ابن وكيع ، حدثنا أبي ، عن أبي الأشهب ، عن خالد الربعي قال : كان لقمان عبدا حبشيا نجارا ، فقال له مولاه : اذبح لنا هذه الشاة . فذبحها ، فقال : أخرج أطيب مضغتين فيها . فأخرج اللسان والقلب ، فمكث ما شاء الله ثم قال : اذبح لنا هذه الشاة . فذبحها ، فقال : أخرج أخبث مضغتين فيها . فأخرج اللسان والقلب ، فقال له مولاه : أمرتك أن تخرج أطيب مضغتين فيها فأخرجتهما ، وأمرتك أن تخرج أخبث مضغتين فيها فأخرجتهما . فقال لقمان : إنه ليس من شيء أطيب منهما إذا طابا ، ولا أخبث منهما إذا خبثا . وقال شعبة ، عن الحكم ، عن مجاهد : كان لقمان عبدا صالحا ، ولم يكن نبيا . وقال الأعمش : قال مجاهد : كان لقمان عبدا أسود عظيم الشفتين ، مشقق القدمين . وقال حكام بن سلم ، عن سعيد الزبيدي ، عن مجاهد : كان لقمان الحكيم عبدا حبشيا غليظ الشفتين ، مصفح القدمين ، قاضيا على بني إسرائيل . وذكر غيره : أنه كان قاضيا على بني إسرائيل في زمن داود ، عليه السلام . وقال ابن جرير : حدثنا ابن حميد ، حدثنا الحكم حدثنا عمرو بن قيس قال : كان لقمان ، عليه السلام ، عبدا أسود غليظ الشفتين ، مصفح القدمين ، فأتاه رجل وهو في مجلس أناس يحدثهم ، فقال له : ألست الذي كنت ترعى معي الغنم في مكان كذا وكذا ، قال : نعم . فقال : فما بلغ بك ما أرى ؟ قال : صدق الحديث ، والصمت عما لا يعنيني . وقال ابن أبي حاتم : حدثنا أبو زرعة ، حدثنا صفوان ، حدثنا الوليد ، حدثنا عبد الرحمن بن يزيد عن جابر قال : إن الله رفع لقمان الحكيم بحكمته ، فرآه رجل كان يعرفه قبل ذلك ، فقال له : ألست عبد بني فلان الذي كنت ترعى بالأمس ؟ قال : بلى . قال : فما بلغ بك ما أرى ؟ قال : قدر الله ، وأداء الأمانة ، وصدق الحديث ، وتركي ما لا يعنيني .


Wallohu a'lam.
 SURAT LUQMAN AYAT 12-19 KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM

1.      Arti dan isi kandungan surat Luqman ayat 12

وَلَقَدْ آتَيْنَا لُقْمَانَ الْحِكْمَةَ أَنِ اشْكُرْلِله وَمَنْ يَشْكُرْفَإنَّمَايَشْكُرُلِنَفْسِهِ وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللهَ غَنِيٌّ حَمِيْدٌ(12)

Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmah kepada Lukman, yaitu: "Bersyukurlah kepada Allah. Dan barang siapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barang siapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji".
Arti dan isi kandungan surat Luqman ayat 13

وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لاِبْنِهِ وَهُوَيَعِظُهُ يَابُنَيَّ لاَتُشْرِكْ بِاللهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيْمٌ(13)

Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan (Allah) sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kelaliman yang besar".

2.      Arti dan isi kandungan surat Luqman ayat 14

وَوَصَّيْنَاالإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَي وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْلِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ المَصِيْرُ(14)

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun.Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

3.      Arti dan isi kandungan surat Luqman ayat 15

وَإِنْ جَا هَدَكَ عَلَى أَنْ تُشْرِكَ بِي مَالَيسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلاَ تُطِعْهُمَا وَصَاحِبهُممَافِي الدُّنيَامَعرُوفًاوَاتَّبِعْ سَبِيلَ مَن أَنَبَ إِلَيَّ مَرْجِعُكُم فَأُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُم تَعْمَلُونَ(15)

“Dan jika keduanya memaksa kamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka jangan lah engkau mematuhi keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Ku kembali kamu, maka Ku-beritakan kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.”

Ayat ini mengandung pesan:
1.      bahwa bergaul di masyarakat dengan baik, namun hanya dalam urusan keduniaan, bukan keagamaan.
2.       bertujuan meringankan beban tugas itu, karena ia hanya untuk sementara yakni selama hidup di dunia yang hari-harinya terbatas, sehingga tidak mengapalah memikul beban kebaktian kepada-Nya.
3.       bertujuan menghadapkan kata dunia dengan hari kembali kepada Allah, peringatan bahwa kehidupan pasti datang kematian,  yang dinyatakan di atas dengan kalimat hanya kepada-Ku kembali kamu.[1]

4.      Arti dan isi kandungan surat Luqman ayat 16

يَابُنَيَّ إِنَّهَاإِنْ تَكُ مِثقَالَ حَبَّةٍ مِن خَردَلٍ فَتَكُنْ فِي صَخْرَةٍ أَو فِي السَّمَوَاتِ أَو فِيَ الأَرْضِ يَأْتِ بِهَااللهُ إِنَّ اللهَ لَطِيفٌ خَبِيرٌ(16

“Wahai anakku, sesungguhnya jika ada seberat biji sawi, dan berada dalam batukarang atau dilangit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya, Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui.”

5.      Arti dan isi kandungan surat Luqman ayat 17

يَابُنَيَّ أَقِمِ الصَّلاَةَ وَأمُر بِالمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ المُنكَرِ وَاصبِر عَلَى مَا أَصَابَكَ إِنَّ ذَلِكَ مِن عَزمِ الأُمُورِ(17)

“ Wahai anakku, laksanakanlah shalat dan perintahkanlah mengerjakan yang ma’ruf dan cegahlah dari kemunkaran dan bersabarlah terhadap apa yang menimpamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal diutamakan.”

وَلاَتُصَعِّر خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلاَتَمشِ فِي الأَرضِ مَرَحًا إِنَّ اللهَ لاَيُحِبُّ كُلَّ مُختَالٍ فَخُورٍ(18)وَاقْصِدْ فِي مَشْيِكَ وَاغْضُضْ مِن صَوتِكَ إِنَّ أَنكَرَالأَصْوَاتِ لَصَوتُ الحَمِيرِ(19


II.                Kurikulum Pendidikan Islam
kurikulum pendidikan Islam itu merupakan satu komponen pendidikan agama berupa alat untuk mencapai tujuan. Ini bermakna untuk mencapai tujuan pendidikan agama (pendidikan Islam) diperlukan adanya kurikulum yang sesuai dengan tujuan pendidikan Islam dan bersesuaian pula dengan tingkat usia, tingkat perkembangan kejiwaan anak dan kemampuan pelajar.

a.       Asas-Asas Pendidikan Islam
1.      Asas Agama
Seluruh sistem yang ada didalam masyarakat islam, termasuk sistem pendidikannya harus meletakan dasar falsafah, tujuan, dan kurikulumnya pada ajaran Islam yang meliputi aqidah, ibadah, muamalat dan hubungan-hubungan yang berlaku di dalam masyarakat. Hal ini bermakna bahwa semua itu pada akhirnya harus mengacu pada dua sumber utama syariat islam yaitu al-Quran, Sunnah dan ijma' para ulama khususnya ulama pondok pesantren.
2.      Asas Falsafah
Dasar ini memberikan arah dan kompas tujuan pendidikan Islam, dengan dasar filosofis, sehingga susunan kurikulum pendidikan Islam mengandung suatu kebenaran, terutama dari sisi nilai-nilai sebagai pandangan hidup yang diyakini kebenarannya.
3.      Asas Psikologis
Asas ini memberi arti bahwa kurikulum pendidikan islam hendaknya disusun dengan mempertimbangkan tahapan-tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang dilalui anak didik. Kurikulum pendidikan Islam harus dirancang sejalan dengan ciri-ciri perkembangan anak didik, tahap pematangan, bakat-bakat jasmani, intelektual, bahasa, emosi dan sosial, kebutuhan dan keinginan, minat, kecakapan, perbedaan individual dan lain sebagainya yang berhubungan dengan aspek-aspek psikologis.
4.      Asas Sosial
Pembentukan kurikulum pendidikan Islam harus mengacu kearah realisasi individu dalam masyarakat. Pola yang demikian ini berarti bahwa semua kecendrungan dan perubahan yang telah dan bakal terjadi dalam perkembangan masyarakat manusia sebagai makhluk sosial harus mendapat tempat dalam kurikulum pendidikan islam.

Karakteristik Kurikulum Pendidikan Islam

Secara umum karakteritik kurikulum pendidikan Islam adalah pencerminan Islami yang dihasilkan dari pemikiran kefilsafatan dalam seluruh aktivitas dan kegiatan kependidikan dalam prakteknya. Konsep inilah yang membedakan kurikulum pendidikan Islam dengan kurikulum pendidikan pada umumnya.

Ciri-ciri kurikulum pendidikan Islam itu adalah :
1.      Mementingkan tujuan agama dan akhlak dalam berbagai hal seperti tujuan dan kandungan, kaedah, alat dan tekniknya.
2.      Memperluas perhatian dan kandungan hingga mencakup perhatian, pengembangan serta bimbingan terhadap segala aspek pribadi pelajar dari segi intelektual, psikologi, sosial, dan spiritual.
3.      Adanya keseimbangan antara kandungan kurikulum dan pengalaman serta kegiatan pengajaran.
4.      Menekankan konsep menyeluruh dan keseimbagan pada kandungannya yang tidak hanya terbatas pada ilmu-ilmu teoritis, baik yang bersifat aqli maupun naqli, tetapi juga meliputi seni halus, aktivitas pendidikan jasmani, latihan kebangsaa, teknik, pertukangan, bahasa asing dll.
5.      Keterkaitan antara kurikulum pendidikan Islam dengan minat, kemampuan, keperluan, dan perbedaan individual antar siswa.

 Pendidikan Utama Orang Tua ( surat at-tahrim :6 )

A.      Surat At-tahrim ayat 6

يَا اَ يُهَا ا لَذْ ينَ اَ مَنُؤ ا قُؤ اَنْفُسَكُمْ ؤَ ا هْاِيْكُمْ نَا رَ ا ؤَ قُؤْ دُ هَا ا انَا سُ ؤَ ا لحِجَارَ ةُ عَلَيْها مَالَ ئِكَةُ غاِظَ شِدَ ا د يَعْصُؤ نَ ا للهُ مَا اَ مَرَ هُمْ ؤَ يَفْعَلُؤ نَ مَا يُؤ مَرُ ؤ نَ


Artinya:
        
Hai orang-orang yang beriman peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu penjaganya adalah malaikat-malaikat  yang kasar dan keras yang tidak mendurhakai allah terhadap allah yang di perintahkannya kepada mereka dan selalu mengajarkan apa yang di perintahkan ( QS,66:6 )

B.      Isi kandungan Surat At-Tahrim Ayat 6
Ayat enam di atas menggammbarkan bahwa dakwah dan pendidikan harus bermula di rumah. Ayat di atas walau secara redaksional tertuju kepada kaum pria ( ayah ), tetapi itu bukan berarti hanya tertuju kepada mereka. Ayat ini tertuju kepada perempuan dan lelaki  ( ibu dan ayah ) sebagaimana ayat-ayat yang serupa  ( misalnya ayat yang memerintahkan puasa ) yang juga tertuju kepada lelaki dan perempuan . ini berarti kedua orang tua bertanggung jawab terhadap anak-anak dan juga pasangan masing-masing bertanggungjawab atas kelakuannya. Ayah atau ibu sendiri tidak cukup untuk menciptakan satu rumah tangga yang diliputi oleh nilai-nilai agama serta dinaungi oleh hubungan yang harmonis.

Beberapa pelajaran yang dapat di ambil dari surat At-Tahrim ayat 6

1.       Perintah takwa kepada Allah swt dan berdakwa, oleh karena itu kita di wajibkan oleh allah untuk taat kepada allah supaya selamat dari api neraka
2.       Anjuran menyelamatkan diri dan keluarga dari api neraka di antaranya adalah mendirikan shalat dan bersabar
3.       Pentingnya pendidikan islam sejak dini
4.       Keimanan kepada para malaikat yang selalu mengawasi manusia

Wallohu a'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar