Muslimedianews.com~ Sahabat, thn 1997 sy menerbitkan buku #IslamInklusif. Setiap hari Senin pukul 12.00 sy akan memberikan kultwit dg sumber buku tersebut.
Siang ini sy ingin mengambil satu judul dari buku #IslamInklusif yakni
‘Radikalisme Agama dalam Politik’.
Tulisan yg menyoal meluasnya tndkn kekerasan yg dilakukan oleh mrk yg menamakan dirinya ‘org2 yg teguh memegang ajaran agama’ #IslamInklusif
Para pakar menganalisis hubungan antara agama dengan teror/kekerasan. Sebagian membenarkannya, namun lbh bnyk yg mengecam. #IslamInklusif
Albert Camus dan Sir Karl Popper mengungkapkan bhw kendati pada dasarnya tujuan akhir dr hampir semua agama adalah... #IslamInklusif
...adlh utk meringankan kesengsaraan manusia, tp penggunaan kekerasan utk mencapai tujuan mulia tsb sm skl tdk dpt dibenarkan #IslamInklusif
Sebaliknya,Jean Paul-Sarte tdk sj membenarkan ‘dirty hands’ (tangan2 kotor) utk mecapai tujuan politis,bhkn menganggap bhw... #IslamInklusif
...bahwa terkadang tindakan kekerasan dpt diangap suatu kebaikan. #IslamInklusif
Justru krna adaya asumsi bhw penggunaan kekerasan merupakan salah satu mentode pencapaian luhur...#IslamInklusif
...maka tidak aneh kalau naluri agresif manusia terkadang tumbuh subur di bawah naungan agama #IslamInklusif
Tdk sulit utk membuktikan hal ini apabila kita menelusuri fenomena kekerasan dlm perjalanan sejarah kehidupan keagamaan #IslamInklusif
Lumuran darah para syuhada korban tangan ekstremis dr berbagai kelompok keagamaan tlh mewarnai lembaran sejarah. #IslamInklusif
Pada masa formatif Islam , tiga dari empat khulafa al-rasyidin terbunuh oleh tangan2 ekstremis #IslamInklusif
Khalifah keempat,Ali bin Abi Thalib,dibunuh oleh kelompok Khawarij ekstremis yg membenarkan kekerasan dlm mengubah status quo #IslamInklusif
Sadar akan ektrimitas pandangan keagamaan kelompok Khawarij yg merencanakan pembunuhan thdp dirinya, Sayyidina Ali sblm.. #IslamInklusif
...menghembuskan nafas terakhir berpesan agar berlaku adil terhadap pelaku pembunuhan tersebut. #IslamInklusif
Dlm dunia Kristen, lumuran darah akibat ektremitas pemahaman keagamaan pun tak kalah banyaknya. #IslamInklusif
Eksekusi yg dilancarkan mainstream Kristen thdp kelompok yg berbeda pendapat dr sekte lainnya yg lazim dinamakan... #IslamInklusif
...kaum sempalan (herectic) jg mewarnai sejarah mereka. #IslamInklusif
Gelombang Perang Salib yg dikumandangkan oleh Sri Paus Urban II bkn sj melancarkan kekerasan thdp Islam dan Yahudi... #IslamInklusif
...akan tetapi kelompok Kristen Ortodoks Islam pun ikut terbabat. #IslamInklusif
Ini semua dilancarkan atas nama Isa, pecinta damai dan penganjur ksih sayang #IslamInklusif
Para ekstremis pelaku kekerasan ini pd umumnya didorong oleh keyakinan keagamaan, bhw apa yg mereka lakukan... #IslamInklusif
...sejalan dengan perintah Tuhan yg tercntum dlm teks2 suci #IslamInklusif
Kekerasan atas nama agama hingga kini masih sering dijumpai. Tdk hanya di Islam atau Kristen, tp jg di agama2 lain. #IslamInklusif
Dlm suasana yg diliputi unsur kekerasan atas nama agama, tdk boleh tdk mata kita tertuju kpd pemuka agama dr setiap klmpk #IslamInklusif
Merekalah yg hrs tampil untuk meredam dan meredakan naluri agresivitas pengikutnya. #IslamInklusif
Di bumi Indonesia, apa yang diharapkan dari pemuka agama tdk lain adalah mencegah timbulnya penafsiran2 keagamaan... #IslamInklusif
...yg mengarah pada radikalisme dan kekerasan #IslamInklusif
Di lingkungan Islam, di atas pundak pemuka agama terletak kewajiban mensosialisasikan knsp moderasi yg menghidari skp ekstrem #IslamInklusif
Guna menciptakan masyarakat penengah dan adil, atau dalam bhs Alquran: ummatan wasatan #IslamInklusif
Segala bentuk moderasi keagamaan, baik dlm menilai, berinteraksi dg kelompok lain, maupun dlm menjalankan tuntunan agama... #IslamInklusif
...perlu dpt tekanan #IslamInklusif
Usaha2 utk mencari titik temu dlm ajaran2 agama dunia guna mencegah terjadinya kekerasan/radikalisme perlu ditingkatkan #IslamInklusif
Dan sblm melangkah ke arah itu, rekonsiliasi intern dr setiap kelompok hrs menjdi prioritas utama dlm agenda setiap agama #IslamInklusif
Dlm bahasa Islam populer upaya tersebut dikenal dengan istilah taqrib baina al-madzahib (pendekatan antar mazhab). #IslamInklusif
Kiranya dgn pendekatan ini benih2 radikalisme keagamaan akan dapat kita bendung agar tdk tumbuh di tanah air kita #IslamInklusif
Demikian kultwit #IslamInklusif siang ini. Semoga bermanfaat. Salam.
Kultweet Tokoh NU :Prof. Dr. Alwi Shihab@ShihabAlwi, 4 Agustus 2014
Trus jihad menurut admin gmn yaa karena ada hadits yg menyatakan "surga itu di bawah kilatan pedang"
lihat asbabun nuzulnya dulu mbak @dwi mngapa Kanjeng Nabi dhawuh sprti itu.
Siang ini sy ingin mengambil satu judul dari buku #IslamInklusif yakni
‘Radikalisme Agama dalam Politik’.
Tulisan yg menyoal meluasnya tndkn kekerasan yg dilakukan oleh mrk yg menamakan dirinya ‘org2 yg teguh memegang ajaran agama’ #IslamInklusif
Para pakar menganalisis hubungan antara agama dengan teror/kekerasan. Sebagian membenarkannya, namun lbh bnyk yg mengecam. #IslamInklusif
Albert Camus dan Sir Karl Popper mengungkapkan bhw kendati pada dasarnya tujuan akhir dr hampir semua agama adalah... #IslamInklusif
...adlh utk meringankan kesengsaraan manusia, tp penggunaan kekerasan utk mencapai tujuan mulia tsb sm skl tdk dpt dibenarkan #IslamInklusif
Sebaliknya,Jean Paul-Sarte tdk sj membenarkan ‘dirty hands’ (tangan2 kotor) utk mecapai tujuan politis,bhkn menganggap bhw... #IslamInklusif
...bahwa terkadang tindakan kekerasan dpt diangap suatu kebaikan. #IslamInklusif
Justru krna adaya asumsi bhw penggunaan kekerasan merupakan salah satu mentode pencapaian luhur...#IslamInklusif
...maka tidak aneh kalau naluri agresif manusia terkadang tumbuh subur di bawah naungan agama #IslamInklusif
Tdk sulit utk membuktikan hal ini apabila kita menelusuri fenomena kekerasan dlm perjalanan sejarah kehidupan keagamaan #IslamInklusif
Lumuran darah para syuhada korban tangan ekstremis dr berbagai kelompok keagamaan tlh mewarnai lembaran sejarah. #IslamInklusif
Pada masa formatif Islam , tiga dari empat khulafa al-rasyidin terbunuh oleh tangan2 ekstremis #IslamInklusif
Khalifah keempat,Ali bin Abi Thalib,dibunuh oleh kelompok Khawarij ekstremis yg membenarkan kekerasan dlm mengubah status quo #IslamInklusif
Sadar akan ektrimitas pandangan keagamaan kelompok Khawarij yg merencanakan pembunuhan thdp dirinya, Sayyidina Ali sblm.. #IslamInklusif
...menghembuskan nafas terakhir berpesan agar berlaku adil terhadap pelaku pembunuhan tersebut. #IslamInklusif
Dlm dunia Kristen, lumuran darah akibat ektremitas pemahaman keagamaan pun tak kalah banyaknya. #IslamInklusif
Eksekusi yg dilancarkan mainstream Kristen thdp kelompok yg berbeda pendapat dr sekte lainnya yg lazim dinamakan... #IslamInklusif
...kaum sempalan (herectic) jg mewarnai sejarah mereka. #IslamInklusif
Gelombang Perang Salib yg dikumandangkan oleh Sri Paus Urban II bkn sj melancarkan kekerasan thdp Islam dan Yahudi... #IslamInklusif
...akan tetapi kelompok Kristen Ortodoks Islam pun ikut terbabat. #IslamInklusif
Ini semua dilancarkan atas nama Isa, pecinta damai dan penganjur ksih sayang #IslamInklusif
Para ekstremis pelaku kekerasan ini pd umumnya didorong oleh keyakinan keagamaan, bhw apa yg mereka lakukan... #IslamInklusif
...sejalan dengan perintah Tuhan yg tercntum dlm teks2 suci #IslamInklusif
Kekerasan atas nama agama hingga kini masih sering dijumpai. Tdk hanya di Islam atau Kristen, tp jg di agama2 lain. #IslamInklusif
Dlm suasana yg diliputi unsur kekerasan atas nama agama, tdk boleh tdk mata kita tertuju kpd pemuka agama dr setiap klmpk #IslamInklusif
Merekalah yg hrs tampil untuk meredam dan meredakan naluri agresivitas pengikutnya. #IslamInklusif
Di bumi Indonesia, apa yang diharapkan dari pemuka agama tdk lain adalah mencegah timbulnya penafsiran2 keagamaan... #IslamInklusif
...yg mengarah pada radikalisme dan kekerasan #IslamInklusif
Di lingkungan Islam, di atas pundak pemuka agama terletak kewajiban mensosialisasikan knsp moderasi yg menghidari skp ekstrem #IslamInklusif
Guna menciptakan masyarakat penengah dan adil, atau dalam bhs Alquran: ummatan wasatan #IslamInklusif
Segala bentuk moderasi keagamaan, baik dlm menilai, berinteraksi dg kelompok lain, maupun dlm menjalankan tuntunan agama... #IslamInklusif
...perlu dpt tekanan #IslamInklusif
Usaha2 utk mencari titik temu dlm ajaran2 agama dunia guna mencegah terjadinya kekerasan/radikalisme perlu ditingkatkan #IslamInklusif
Dan sblm melangkah ke arah itu, rekonsiliasi intern dr setiap kelompok hrs menjdi prioritas utama dlm agenda setiap agama #IslamInklusif
Dlm bahasa Islam populer upaya tersebut dikenal dengan istilah taqrib baina al-madzahib (pendekatan antar mazhab). #IslamInklusif
Kiranya dgn pendekatan ini benih2 radikalisme keagamaan akan dapat kita bendung agar tdk tumbuh di tanah air kita #IslamInklusif
Demikian kultwit #IslamInklusif siang ini. Semoga bermanfaat. Salam.
Kultweet Tokoh NU :Prof. Dr. Alwi Shihab@ShihabAlwi, 4 Agustus 2014
Trus jihad menurut admin gmn yaa karena ada hadits yg menyatakan "surga itu di bawah kilatan pedang"
lihat asbabun nuzulnya dulu mbak @dwi mngapa Kanjeng Nabi dhawuh sprti itu.
Surga
dibwh kilatan pedang. Maksudnya, mati syahid itu adalah mati membela
diri dan harta dari serangan, mati krn menolong orang lain dari
penganiayaan meskipun yg d tolong non muslim, mati membela negara atas
perintah pimpinan sah negara meskipun yang menyerang adalah ekstrimis
islam.
Contoh riil mati syahid
1. Membela negara, diri atau orang lain karena serangan dan pembantaian isis.
2. Mati karena dianiaya isis
Jihad jangan selalu di identikkan dg kata keras dan perang, dalam arti jihad itu ada dua macam
1. jihad melawn orang kafir adlah jihad yg dilakukn oleh seseorng yg menentang syariah islam. (Ingat jangan asal tebas saja krna Nabi Muhammad Saw itu dakwahny santun dan lembut).
2. Jihad melawan hawa nafsu adlh jihad untk memerangi hawa nafsu diri kita sediri. Jihad yg kedua ini adlah jihad yg paling berat dibndingkn dg jihad melawan orng kafir. Bahkan para ulama pun juga prnah mengatkan Perang Dunia 1 dan 2 tidak ada apa2nya jika dibandingkan dg perangi hawa nafsu. Jadi kesimpulny jihad itu tidak harus dg kekerasan yg nampak semangat, tp jika kita maknai lebih dalam orang yg terlihat "tenang" justru mereka ada yg sbenarnya berniat berjihad untk memerangi hawa nafsu duniawi.
Memang belajar ilmu agama itu sngat berat dan jangan sampai kita belajar ilmu agama secra mentah apalagi tnpa ada sandaran yg jelas, dalam arti kita tdk dapat menggunakan patokan Al Quran dan Hadist saja, krna didlm Al Quran dan Hadist tidak semua dibhs scra menditail, dan masih bnyak kita jumpai dikhidpan kita ini yg duluny juga tidak pernah dilakukn oleh Nabi kita dan cara yg perlu kita lakukan adlah dg berpedoman ijma' dan Qias. Jdi belajar agama itu jngan sampai sempit agar kita benar2 mendapatkan ilmu yg luas. Fahamilah syariat islam dg pandangan..
1. AL Quran
2. Hadist
3. Ijma' (ketentuan ulama yg sudh disepakati)
4. Qias (ilmu analogi dg perbndingan Al Quran dan Hadist).
Agar islam yg kita pelajari bisa membwa kemaslahatan umat serta mempunyai makna islam rahmatan lilalamin.
Wallahua'lam...
“Jika kalian melihat bendera hitam, maka bertahanlah di bumi. Jangan gerakkan tangan dan kaki kalian. Kemudian akan muncul kaum lemah. Hati mereka seperti potongan besi. Mereka (mengaku) pemegang kekuasaan. Mereka tidak menepati janji. Mereka mengajak kepada haq namun mereka bukan orang yang benar. Nama mereka menggunakan Abu dan nisbat mereka menggunakan nama daerah (seperti al-Baghdadi). Rambut mereka terurai seperti wanita, hingga mereka berselisih di antara mereka. Kemudian Allah mendatangkan kebenaran kepada yang dikehendakiNya.” (HR. Abu Nuaim dalam Kanz al-Ummal juz 11 halaman 283).
dan itu hadits tentang isis krna berkenaan dgn nasehat Asy-Syaikh Al-‘Allamah Al-Muhaddits Abdul Muhsin bin Hamd Al-‘Abbad Al-Badr hafizhahullah berkata dalam risalah “Fitnatul Khilafah Ad-Da’isyiah Al-‘Iraqiyah Al-Maz’umah”
Sungguh telah lahir di Iraq beberapa tahun yang lalu, sebuah kelompok yang menamakan diri Daulah (Negara) Islam Iraq dan Syam, dan dikenal dengan empat huruf awal nama daulah khayalan tersebut yaitu [داعش] (ISIS), dan muncul bersamaan dengan itu, sebagaimana yang disebutkan oleh sebagian orang yang mengamati tingkah pola dan pergerakan mereka, sejumlah nama sebagai julukan bagi anggota mereka dengan sebutan: Abu Fulan Al-Fulani atau Abu Fulan bin Fulan, kuniah (julukan) yang disertai penisbatan kepada negeri atau kabilah, inilah kebiasaan orang-orang majhul (yang tidak dikenal), bersembunyi di balik julukan dan penisbatan.
Selang beberapa waktu terjadi peperangan di Suriah antara pemerintah dan para penentangnya, masuklah sekelompok orang dari ISIS ini ke Suriah, bukan untuk memerangi pemerintah, akan tetapi memerangi Ahlus Sunnah yang menentang pemerintah dan membunuh Ahlus Sunnah dengan cara yang sangat kejam, dan telah masyhur cara membunuh mereka terhadap orang yang ingin mereka bunuh, dengan menggunakan pisau-pisau yang merupakan cara terjelek dan tersadis dalam membunuh manusia.
Dan di awal bulan Ramadhan tahun ini (1435 H) mereka merubah nama kelompok mereka menjadi “Al-Khilafah Al-Islamiyah”. Khalifahnya yang dinamakan Abu Bakr Al-Baghdadi
Contoh riil mati syahid
1. Membela negara, diri atau orang lain karena serangan dan pembantaian isis.
2. Mati karena dianiaya isis
Jihad jangan selalu di identikkan dg kata keras dan perang, dalam arti jihad itu ada dua macam
1. jihad melawn orang kafir adlah jihad yg dilakukn oleh seseorng yg menentang syariah islam. (Ingat jangan asal tebas saja krna Nabi Muhammad Saw itu dakwahny santun dan lembut).
2. Jihad melawan hawa nafsu adlh jihad untk memerangi hawa nafsu diri kita sediri. Jihad yg kedua ini adlah jihad yg paling berat dibndingkn dg jihad melawan orng kafir. Bahkan para ulama pun juga prnah mengatkan Perang Dunia 1 dan 2 tidak ada apa2nya jika dibandingkan dg perangi hawa nafsu. Jadi kesimpulny jihad itu tidak harus dg kekerasan yg nampak semangat, tp jika kita maknai lebih dalam orang yg terlihat "tenang" justru mereka ada yg sbenarnya berniat berjihad untk memerangi hawa nafsu duniawi.
Memang belajar ilmu agama itu sngat berat dan jangan sampai kita belajar ilmu agama secra mentah apalagi tnpa ada sandaran yg jelas, dalam arti kita tdk dapat menggunakan patokan Al Quran dan Hadist saja, krna didlm Al Quran dan Hadist tidak semua dibhs scra menditail, dan masih bnyak kita jumpai dikhidpan kita ini yg duluny juga tidak pernah dilakukn oleh Nabi kita dan cara yg perlu kita lakukan adlah dg berpedoman ijma' dan Qias. Jdi belajar agama itu jngan sampai sempit agar kita benar2 mendapatkan ilmu yg luas. Fahamilah syariat islam dg pandangan..
1. AL Quran
2. Hadist
3. Ijma' (ketentuan ulama yg sudh disepakati)
4. Qias (ilmu analogi dg perbndingan Al Quran dan Hadist).
Agar islam yg kita pelajari bisa membwa kemaslahatan umat serta mempunyai makna islam rahmatan lilalamin.
Wallahua'lam...
“Jika kalian melihat bendera hitam, maka bertahanlah di bumi. Jangan gerakkan tangan dan kaki kalian. Kemudian akan muncul kaum lemah. Hati mereka seperti potongan besi. Mereka (mengaku) pemegang kekuasaan. Mereka tidak menepati janji. Mereka mengajak kepada haq namun mereka bukan orang yang benar. Nama mereka menggunakan Abu dan nisbat mereka menggunakan nama daerah (seperti al-Baghdadi). Rambut mereka terurai seperti wanita, hingga mereka berselisih di antara mereka. Kemudian Allah mendatangkan kebenaran kepada yang dikehendakiNya.” (HR. Abu Nuaim dalam Kanz al-Ummal juz 11 halaman 283).
dan itu hadits tentang isis krna berkenaan dgn nasehat Asy-Syaikh Al-‘Allamah Al-Muhaddits Abdul Muhsin bin Hamd Al-‘Abbad Al-Badr hafizhahullah berkata dalam risalah “Fitnatul Khilafah Ad-Da’isyiah Al-‘Iraqiyah Al-Maz’umah”
Sungguh telah lahir di Iraq beberapa tahun yang lalu, sebuah kelompok yang menamakan diri Daulah (Negara) Islam Iraq dan Syam, dan dikenal dengan empat huruf awal nama daulah khayalan tersebut yaitu [داعش] (ISIS), dan muncul bersamaan dengan itu, sebagaimana yang disebutkan oleh sebagian orang yang mengamati tingkah pola dan pergerakan mereka, sejumlah nama sebagai julukan bagi anggota mereka dengan sebutan: Abu Fulan Al-Fulani atau Abu Fulan bin Fulan, kuniah (julukan) yang disertai penisbatan kepada negeri atau kabilah, inilah kebiasaan orang-orang majhul (yang tidak dikenal), bersembunyi di balik julukan dan penisbatan.
Selang beberapa waktu terjadi peperangan di Suriah antara pemerintah dan para penentangnya, masuklah sekelompok orang dari ISIS ini ke Suriah, bukan untuk memerangi pemerintah, akan tetapi memerangi Ahlus Sunnah yang menentang pemerintah dan membunuh Ahlus Sunnah dengan cara yang sangat kejam, dan telah masyhur cara membunuh mereka terhadap orang yang ingin mereka bunuh, dengan menggunakan pisau-pisau yang merupakan cara terjelek dan tersadis dalam membunuh manusia.
Dan di awal bulan Ramadhan tahun ini (1435 H) mereka merubah nama kelompok mereka menjadi “Al-Khilafah Al-Islamiyah”. Khalifahnya yang dinamakan Abu Bakr Al-Baghdadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar