Jawab :
Sah kalo menurut syari'at tapi masalah diterima atau tidaknya itu hanya allah yang tau cuma harus lebih di utamakan qodo terlebih dahulu .
- Sahang Muncang Panglay sah kalo menurut syari'at tapi masalah diterima atau tidaknya itu hanya allah yang tau cuma harus lebih di utamakan qodo terlebih dahulu .
- Santriwati Dumay kerterangan ada dalam kitab i'anah
(ويبادر) من مر (بفائت) وجوبا، إن فات بلا عذر، فيلزمه القضاء فورا.
قال شيخنا أحمد بن حجر رحمه الله تعالى: والذي يظهر أنه يلزمه صرف جميع زمنه للقضاء ما عدا ما يحتاج لصرفه فيما لا بد منه، وأنه يحرم عليه التطوع
32 إعانة الطالبين جزء 1 صفحة
(قوله: وأنه يحرم عليه التطوع) أي مع صحته، خلافا للزركشي. - Fa Toni Kamal trimakasih atas jawabannya, tp pertanyaan saya adalah tentang sah dan tidak haram....kalo ada pendapat yang demikian monggo di komen... makasih
- Mbah Jenggot II Jawaban Santriwati Dumay sudah jelas .
Bila saat meninggalkan sholat fardhunya dahulu karena udzur (alasan yang dterima agama) maka SAH dan tidak haram sholat sunatnya, tetapi bila eaat meninggalkan sholat fardhunya dahulu tanpa adanya udzur maka haram baginya mengerjakan SHOLAT SUNAH namun sah sholat sunahnya menurut Ibn Hajar, tetapi menurut Imam Zarkasy sholat sunahnya juga tidak SAH.
( ويبادر ) من مر ( بفائت ) وجوبا إن فات بلا عذر فيلزمه القضاء فورا
قال شيخنا أحمد بن حجر رحمه الله تعالى والذي يظهر أنه يلزمه صرف جميع زمنه للقضاء ما عدا ما يحتاج لصرفه فيما لا بد منه وأنه يحرم عليه التطوع ويبادر به ندبا إن فات بعذر كنوم لم يتعد به ونسيان كذلك
(قوله: وأنه يحرم عليه التطوع) أي مع صحته، خلافا للزركشي.
Dan diwajibkan kepada orang yang telah disebutkan (Muslim yang mukallaf lagi yang suci) untuk mengqadhakan shalat yang tertinggal. Jika meninggalkan shalat tanpa keuzuran (alasan yang diterima oleh agama) maka diwajibkan kepadanya untuk mengqadhanya dengan segera.
Syaikhuna Ahmad bin Hajar rahimahullah berkata : “Secara dhahir bahwa wajib terhadap seseorang yang meninggalkan shalat tanpa uzur menggunakan seluruh waktu mengqadha shalatnya selain waktu yang wajib untuk memenuhi kebutuhannya dan haram terhadapnya mengerjakan shalat sunat”.
(Haram terhadapnya mengerjakan shalat sunat) namun sholatnya menurut Ibn Hajar sah berbeda menurut pendapat az-Zarkasy.
Disunatkan menyegerakan qadha jika tertinggal shalatnya karena ada uzur seperti tidur yang tidak disengaja dan juga lupa.
I’aanah at-Thoolibiin I/32 - Gondrong Wong Kalem mbah@brlaku g buat org hutang yg sudah jatuh tempo untuk membayar tp belum membayar terus org tsbut bershodaqoh?
- Fa Toni Kamal Afwan, Mbah Jenggot II dan Santriwati Dumay, jawaban itu bukan jawaban dari pertanyaan saya karena yang saya tanyakan adalah============= sholat sunnahnya orang yang punya tanggungan hutang sholat fardu (yang wajib segera di qodo')========== berarti hutang sholatnya tanpa udzur. sedangkan jawaban saudari Santriwati Dumai itu untuk hutang sholat karena adanya udzur....coba dibaca lagi pertanyaan saya... Sukron
- Fa Toni Kamal Mbah Jenggot II tolong tunjukkan ibarat yang mengatakan bahwa orang yang punya tanggungan sholat fardu yang wajib segera di qodo' (berarti tanpa udzur bukan yang meninggalkan sholat fardu karena udzur) tapi tetap sah dan tidak berdosa melakukan sholat sunnah. karen jawaban saudara Santriwati Dumay itu adalah hutang sholat karena udzur. sedangkan pertanyaan saya untuk hutang sholat yang tanpa udzur
- Dewi Rosita maksud ini udzur seperti lupa atau memakai baju najis yg tidak di ketahuinya maka boleh melakukan shalat qhodo sesudah shalat sunnah
- Mbah Jenggot II
ويبادر به ندبا إن فات بعذر كنوم لم يتعد به ونسيان كذلك
Mas yg tanpa udzur sepemahanan saya dari ibarot diatas sunat untuk menyegerakan qodhok. Bukan wajib menyegerakan. - Fa Toni Kamal Mbah Jenggot II apa gak kebalik pemahamannya, bukankah yang tanpa udzur yang wajib segera dikodo' sedangkan yang udzur (lupa atau ketiduran) sunnah menyegerakan di qodo'. AFWAN
- Mbah Jenggot II Iya yg dengan udzur maksudnya.
Klo yg anda tanyakan pake pendapatnya ibnu hajar sah tp haram - Fa Toni Kamal iya mas kalo jawaban itu sudah umum, yang saya tanyakan adakah yang sah tapi gak haram, يصح ولا يحرم
Tidak ada komentar:
Posting Komentar