Bang Sugali merupakan mantan preman yang memiliki tato di sekujur tubuhnya. Ketika hendak junub, ia bingung apakah tatonya harus dihilangkan dulu supaya mandinya sah ataukah tidak?
Jawaban :
Tidak wajib untuk dihilangkan ketika menghilangkan tatonya akan menimbulkan bahaya yang memperbolehkan tayamum seperti cacat pada anggota kulit bagian luar, dan mandinya sah.
Referensi:
& بلغة الطلاب صـ 120
] مسألة ق [ قد تقرر أن الوشم حرام وفاعله آثم يجب عليه التوبة وازالته مالم يؤد إلى ضرر وإلا فلا ويصح معه الوضوء والغسل للضررة لكونه داخل الجلد والجلد ملتحم عليه.
& فقه العبادات - شافعي صـ 230
ومن النجاسة الوشم فيجب عليه نزعه إن أمن ضررا يبيح التيمم وإلا فلا هذا إن كان فعله بعد التكليف أما إن فعله قبل التكليف فلا يضر ولا تجب إزالته
& الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي (3/ 64)
قال الفقهاء: والموضع الذي وشم يصير متنجساً، لانحباس الدم فيه. فإن أمكن إزالته بالعلاج، وجب، وإن لم يمكن إلا بالجرح، فإن خيف منه حدوث ضرر، أو عيب فاحش في عضو ظاهر، كالوجه، والكفين، وغيرهما، لم تجِب إزالته
Catatan :
Tp saya dengar dr ceramah2 ustaz di mimbar,
tidak sampai wudhuk seseorang bertato dan juga tato itu sendiri haram hukum nya,,,,,
macam mana pulak itu ?
Mohon penjelasan dgn bhs indonesia aja krn sy tdk bs meng artikan bhs arab. Wassalam.....
Assalamualaikum wr...
Tapi katanya tato itu haram hukum nya.. Jadi cmana tu mind.?
Di lihat dulu model tatonya.. Apakah sudah ada di dalam pori2 apa tidak? Kalau sudah di dalam pori2 apakah masih menghalangi air? Jelas tidak.wallahu a'lam
mungkin ini hukum ketika sang pemilik tato bertaubat ,,, lalu bagaymana hukum bagi mereka yg justru sengaja membuat tato d anggota tubuh nya setelah membaca dalil ini dan ternyata masih sah ketika mandi junub
& بلغة الطلاب صـ 120
] مسألة ق [ قد تقرر أن الوشم حرام وفاعله آثم يجب عليه التوبة وازالته مالم يؤد إلى ضرر وإلا فلا ويصح معه الوضوء والغسل للضررة لكونه داخل الجلد والجلد ملتحم عليه.
& فقه العبادات - شافعي صـ 230
ومن النجاسة الوشم فيجب عليه نزعه إن أمن ضررا يبيح التيمم وإلا فلا هذا إن كان فعله بعد التكليف أما إن فعله قبل التكليف فلا يضر ولا تجب إزالته
& الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي (3/ 64)
قال الفقهاء: والموضع الذي وشم يصير متنجساً، لانحباس الدم فيه. فإن أمكن إزالته بالعلاج، وجب، وإن لم يمكن إلا بالجرح، فإن خيف منه حدوث ضرر، أو عيب فاحش في عضو ظاهر، كالوجه، والكفين، وغيرهما، لم تجِب إزالته
Catatan :
Tp saya dengar dr ceramah2 ustaz di mimbar,
tidak sampai wudhuk seseorang bertato dan juga tato itu sendiri haram hukum nya,,,,,
macam mana pulak itu ?
Mohon penjelasan dgn bhs indonesia aja krn sy tdk bs meng artikan bhs arab. Wassalam.....
Assalamualaikum wr...
Tapi katanya tato itu haram hukum nya.. Jadi cmana tu mind.?
Di lihat dulu model tatonya.. Apakah sudah ada di dalam pori2 apa tidak? Kalau sudah di dalam pori2 apakah masih menghalangi air? Jelas tidak.wallahu a'lam
mungkin ini hukum ketika sang pemilik tato bertaubat ,,, lalu bagaymana hukum bagi mereka yg justru sengaja membuat tato d anggota tubuh nya setelah membaca dalil ini dan ternyata masih sah ketika mandi junub
Tidak ada komentar:
Posting Komentar