PERTANYAAN :
Bagoes Setiawan
Apakah wanita yg telah berenti haidnya tapi belum mandi boleh dijimak swaminya ??
JAWABAN :
>> Masaji Antoro
HARAM, HINGGA ISTRI TERLEBIH DAHULU MELAKSANAK AN MANDI MESKIPUN DARAH HAIDNYA TELAH USAI
وتستمر حرمة الوطء والاستمتاع
بما بين السرة والركبة عند المالكية والشافعية حتى تغتسل، أي تطهر بالماء
لا بالتيمم، إلا في حال فقد الماء أوالعجز عن استعماله، فيباح الوطء
بالتيمم. واستدلوا بقوله تعالى: {فاعتزلوا النساء في المحيض، ولا تقربوهن
حتى يطهرن، فإذا تطهرن فأتوهن من حيث أمركم الله} [البقرة:22 2/ 2] فالله تعالى شرط لحل الوطء شرطين: انقطاع الدم، والغسل، الأول من قوله تعالى: {حتى يطهرن} [البقرة:222/ 2] أي ينقطع دمهن، والثاني: من قوله عز وجل: {فإذا تطهرْن} أي اغتسلن بالماء {فأتوهن} [البقرة:22 2/2] فتصير إباحة وطئها موقوفة على الغسل. وهذا هو رأي الحنابلة أيضاً في حرمة الوطء (الجماع).
Malikiyyah , Syafi’iyya h dan Hanabilah berpendapa t “Dan keharaman menyetubuh i dan mencumbui anggauta tubuh antara pusat dan lutut istri terus berlangsun g hingga ia menjalani mandi bukan menjalani tayammum terkecuali saat tidak ada air atau tidak dapat menggunaka n air karena suatu sebab yang memperbole hkan baginya tayammum maka boleh menyetubuh inya dengan menjalani tayammum,b erdasarkan firman Allah :
“Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci” (QS. 2.222)
Dalam ayat diatas Allah menghalalk an kehalalan menyenggam ai istri dengan dua syarat :
• Terputusny a darah haid
• MandiDenga n demikian kebolehan menggaulin ya ditangguhk an hingga istri melaksanak an mandi.
Al-Fiqh al-Islaam I/553
Demikian pendapat dalam 3 madzhab besar (Malikiyya h, Syafi’iyya h dan Hanabilah) , Namun dalam kitab fath al-mui'in terdapat keterangan bahwa Imam Jalaluddin as-Suyuthy menghalalk an jima setelah berhentiny a haid meskipun belum mandi.
وقال في فتح المعين أعلى الصفحة من اعانة الطالبين 1/85 ما نصه ويحرم به (أي بالحيض) ما يحرم بالجنابة ... واذا انقطع دمها حل لها قبل الغسل صوم لا وطء حلافا لما بحثه العلامة الجلال السيوطي رحمه الله وقال في اعانة الطالبين 1/85 قوله (خلافا لما بحثه العلامة الجلال السيوطي) أي من حل الوطء أيضا بالانقطاع اهـ
Dalam kitab fathul muin dijelaskan : Dan haram sebab haid semua yang diharamkan
sebab junub.... dan ketika darahnya sudah bersih maka halal baginya
sebelum mandi untuk berpuasa tidak halal jima. Haramnya jima ini berbeda
dengan pendapat imam Jalaluddin As-Suyuthi .
I'aanah at-Thaalib iin I/85
__________ __________ _____
وإذا طهرت من الحيض وتم الإستبراء بقي تحريم الوطء حتى تغتسل ويحل الإستمتاع قبل الغسل على الصحيح.
Dan bila ia telah suci dari haidnya, sempurna istibra’ny a maka masih tetap hukum keharaman menggaulin ya hingga ia melaksanak an mandi. Dan halal mencumbuin ya (bukan setubuh, sekedar frenc kiss misalnya) sebelum ia mandi menurut pendapat yang shahih.
Raudhah at-Thoolib iin III/263
( فَائِدَةٌ ) الْوَطْءُ قَبْلَ الْغُسْلِ فِي الْحَيْضِ أَوْ بَعْدَهُ يُورِثُ الْجُذَامَ فِي الْوَلَدِ كَمَا قِيلَ ، وَاَللَّهُ أَعْلَمُ
FAEDAH,
menyetubuh i istri sebelum ia mandi saat haid atau setelah usai haid menyebabka n penyakit lepra pada anak seperti dikatakan oleh sebuah pendapat,
Wallaahu A’lam
Hasyiyah al-Qalyubi II/52
>> Sholeh Punya
Jawabanya ada dua : boleh dan tidak
الكتاب : شرح صحيح البخارى ال مؤلف : أبو الحسن علي بن خلف بن عبد الملك بن بطال البكري القرطبيكِت َاب الْحَيْض قَالَ اللَّه تَعَالَى : ( يَسْأَلُون َكَ عَنِ الْمَحِيضِ قُلْ هُوَ أَذًى ( إِلَى : ( الْمُتَطَه ِّرِينَ
) [ البقرة : 222 ] . اختلف العلماء فى تأويل هذه الآية ، فقالت طائفة :
لا يجوز وطء الحائض ، وإن انقطع دمها حتى تغتسل بالماء ، روى هذا عن الحسن ،
والنخعى ، ومكحول ، وسليمان بن يسار ، وعكرمة ، ومجاهد ، وهو قول مالك ،
والليث ، والثورى ، والشافعى ، وأحمد ، وإسحاق ، وأبى ثور .
واختلف العلماء فى الحائض هل يجوز وطؤها إذا انقطع دمها قبل أن تغتسل أم لا ؟ فقال مالك ، والليث ، والثورى ، والشافعى ، وأحمد ، وإسحاق ، وأبو ثور : لا توطأ حتى تغتسل بالماء ، وهو قول الشعبى ، ومجاهد ، والحسن ، ومكحول ، وسليمان بن يسار ، وعكرمة . وقال أبو حنيفة وأصحابه : إن انقطع دمها بعد عشرة أيام ، الذى هو عنده أكثر الحيض ، جاز له أن يطأها قبل الغسل ، وإن انقطع دمها قبل العشرة لم يجز حتى تغتسل أو يمر عليها وقت صلاة ، لأن الصلاة تجب عنده آخر الوقت ، فإذا مضى عليها آخر الوقت ووجبت عليها الصلاة ، علم أن الحيض قد زال ، لأن الحائض لا يجب عليها صلاة . وقال الأوزاعى : إن غسلت فرجها جاز لزوجها وطؤها ، وإن لم تغسله لم يجز ، وبه قالت طائفة من أصحاب الحديث ، وروى مثله عن عطاء ، وطاوس ، وقتادة .
واحنج أهل هذه المقالة بقوله : ( حتى يطهرن ) [ البقرة : 222 ] أى حتى ينقطع دمهن ، فجعل تعالى غاية منع قربها انقطاع دمها ، والدليل على ذلك أن الصوم قد حل لها بانقطاع دمها ، فوجب أن يحل وطؤها قبل الغسل ، كالجنب يجوز مجامعتها قبل الغسل ، قالوا : ولا يخلو بعد انقطاع الدم وقبل الغسل أن تكون طاهرًا أو حائضًا ، فإن كانت حائضًا فالغسل ساقط عنها ، وفى اتفاقهم أن الغسل عليها واجب بانقطاع الدم دليل أنها قد طهرت من حيضتها ، والطاهر جائز وطؤها ، وقوله تعالى : ( فإذا تطهرن ) [ البقرة : 222 ] إباحة ثانية ، وابتداء كلام غير الأول ، لأن الطهر شىء والتطهير غيره ، مثال ذلك ، لو أن رجلا صائمًا قال لرجل : لا تكلمنى حتى أفطر ، فإذا صليت المغرب كلمنى ، وإنما وقع التحريج فى المخاطبة فى وقت الصوم ، لأن غاية التحريج كانت إلى الإفطار ، ثم إباحة أن يكلمه بعد وجوب الإفطار وبعد أن يصلى المغربن كما أبيح وطء الحائض بعد الطهر ، وبعد التطهير تأكيدًا للتحليل ، غير أن قوله : ( يحب التوابين ويحب المتطهرين ) [ البقرة : 222 ] دلالة أن الذى يأتى زوجته بعد أن تنتظف بالماء أحمد عند الله ، كمن توضأ ثلاثًا ثلاثًا كان أحمد ممن توضأ مرة مرة .
ibarot tambahan tentang bolehnya jima' setelah ingkitho..
.الجامع لأحكام القرآن - (ج 3 / ص 90)والحائض لا يجوز وطؤها اتفاقا. وأيضا فإن ما قالوه يقتضي إباحة الوطء عند انقطاع الدم للأكثر وما قلناه يقتضي الحظر
>> Masaji Antoro
Nambah lagi GAN...^^
Terusan Ibarah Ustadz Sholeh diatas dalam kitab Al-Jammi’L i Ahkaam al-Quraan, al-Qurthub y juga memilih hukum haram : “Bila terjadi pertentang an dalam satu masalah antara hukum haram dan halal ‘Dimenangk an hukum haram’
وإذا تعارض ما يقتضي الحظر وما يقتضي الإباحة ويغلب باعثاهما غلب باعث الحظر ، كما قال علي وعثمان في الجمع بين الأختين بملك اليمين ، أحلتهما آية وحرمتهما أخرى ، والتحريم أولى. والله أعلم.
Bila terjadi perselisih an antara hukum melarang dan hukum membolehka n dan pendorong keduanya ghalib maka dimenangka n pendorong hukum pelarangan seperti yang dikatakan Sayyidina Ali dan Utsman ra saat memeutuska n masalah mengumpulk an dua saudara wanita dengan penguasaan tangan kanan (keduanya menjadi sahaya), satu ayat menghalalk annya diayat lain melarangny a maka mengambil keputusan haram lebih baik.
Al-Jammi’L i Ahkaam al-Quraan III/90
Dalam pernyataan lainnya :
ونحن نحمل كل واحدة منهما على معنى ، فنحمل المخففة على ما إذا انقطع دمها للأقل ، فإنا لا نجوز وطأها حتى تغتسل ، لأنه لا يؤمن عوده
Dan kami membawa masing-mas ing dari kedua lafadz YATHHURNA dan TATHOHHARN A pada maknanya masing-mas ing...Sesu ngguhnya kami tidak membolehka n menggaulin ya hingga ia mandi terlebih dahulu Karena kami tidak merasa aman akan kembalinya darah haid
Dalam Tafsiir al-Baghowy dijelaskan :
وأكثر أهل العلم على التحريم ما لم تغتسل أو تتيمم عند عدم الماء، لأن الله تعالى علق جواز وطئها بشرطين: 36/أ بانقطاع الدم والغسل، فقال { حتى يطهرن } يعني من الحيض { فإذا تطهرن } يعني اغتسلن { فأتوهن } ومن قرأ يطهرن بالتشديد فالمراد من ذلك: الغسل كقوله تعالى "وإن كنتم جنبا فاطهروا"( 6-المائدة ) أي فاغتسلوا فدل على أن قبل الغسل لا يحل الوطء.
Mayoritas dan kebanyakan Ahl Ilmu menghukumi haram menggauli istri saat terputus darah haidnya sebelum ia menunaikan mandi atau tayammum saat tidak terdapatny a air, karena Allah ta’ala menggantun gkan kelegalan menggauli istri yang haid dengan dua syarat “Berhenti darahnya dan mandi” Allah menyatakan nya
dengan “Hingga mereka suci” artinya putus dari haid dan “apabila mereka
telah bersuci” artinya bersuci adalah mandi maka bila telah terpenuhi
dua syarat tersebut datangilah mereka.Bag i orang yang membaca ayat ‘HATTAA YATHHURN’ dengan mentasydid nunnya ‘HATTAA YATHHURONN A’ arti suci adalah mandi sebagaiman a firman Allah lainnya ‘Bila kalian janabat maka bersucilah ’, dengan demikian sebelum dilaksanak annya mandi tidak dihalalkan menggaulin ya.
Tafsiir al-Baghowy I/259
Sedang kalangan ulama Fiqh dalam memutuskan masalah ini seperti uraian dalam komen saya pertama “Malikiyya h, Syafi’iyya h dan Hanabilah berpendapa t haram” sedang Abu Hanafi dari Hanafiyyah berpendapa t “Bila darah telah terputus pada masa lebih banyak ketimbang masa haidnya boleh menggaulin ya namun bila kurang masanya dari masa haidnya maka tidak boleh hingga ia menjalani mandi”
Berikut petikan dari beberapa redaksi lintas madzhab dalam masalah ini :
مسألة : قال : فان انقطع دمها فلا توطأ حتى تغتسل وجمل ته
أن وطء الحائض قبل الغسل حرام وان انقطع دمها في قول أكثر أهل العلم قال
ابن المنذر : هذا كالإجماع منهم وقال أحمد بن محمد المروذي : لا أعلم في
هذا خلافا وقال أبو حنيفة : أن انقطع الدم لأكثر من الحيض حل وطؤها وان
انقطع لدون ذلك لم يبح حتى تغتسل أو تتيمم أو يمضي عليها وقت صلاة لأن وجوب
الغسل لا يمنع من الوطء بالجنابة و لنا
قول الله تعالى : { ولا تقربوهن حتى يطهرن فإذا تطهرن فاتوهن من حيث أمركم
الله } يعني إذا اغتسل هكذا فسره ابن عباس ولأن الله تعالى قال في الآية :
{ ويحب المتطهرين } فأثنى عليهم فيدل على أنه فعل منهم أثنى عليهم به
وفعلهم هو الاغتسال دون انقطاع الدم فشرط لأباحة الوطء شرطين انقطاع الدم
والاغتسال فلا يباح إلا بهما
MASALAH
“Saat darah haidnya telah berhenti maka haram menggaulin ya hingga ia menjalani mandi”Sesu ngguhnya
menggauli istri yang haid sebelum ia mandi adalah haram meskipun
darahnya telah berhenti, ini pendapat mayoritas Ahl Ilmu.Ibn al-Mundzir berkata “Masalah ini seperti terjadi kesepakan dari kalangan ulama”Ahma d Bin Muhammad al-marwadz i berkata “Aku tidak melihat dalam masalah ini terjadi perbedaan pendapat”
Sedang Abu Hanifah (Hanafiyya h) berkata “Bila darah telah terputus pada masa lebih banyak ketimbang masa haidnya boleh menggaulin ya
namun bila kurang masanya dari masa haidnya maka tidak boleh hingga ia
menjalani mandi atau tayammum atau telah berlalu waktu shalat karena
waktu kewajiban mandi tidak terhalang dari persetubuh an sebab janabat.
Allah berfirman :“Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan
diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka,
sebelum mereka suci. Apabila mereka telah bersuci, maka campurilah mereka di tempat yang diperintah kan Allah kepadamu” (QS. 2:222)
Artinya bersuci adalah saat mereka telah mandi, demikian penafsiran Ibn Abbas ra.
Dan karena Allah berfiraman :“Sesunggu hnya Allah menyukai orang-oran g yang tobat dan menyukai orang-oran g yang menyucikan diri.” (QS. 2:222).
Lihatlah dalam ayat ini Allah memuji mereka, pujian Allah berarti atas perbuatan yang telah mereka kerjakan yakni mandi bukan atas perbuatan yang mereka tidak kerjakan yakni terputusny a darah haid (karena yang demikian bersifat alami).
Dengan demikian diperboleh kannya menggauli istri yang haid bila telah terpenuhi dua syarat “Berhenti haidnya dan telah mandi” dan tidak diperboleh kan tanpa keduanya.
Al-Mugni I/387
Wallaahu A'lamu Bis showaab.
>> Wiro Sableng
wa'alaikum salam
Hukumnya haram. bila itu tetap saja dilakukan karena ngebet banget, si suami itu harus bersedekah setengah dinar emas (1 dinar = 3,879 gram).
Majmu' Juz 2 Halaman 375
... فَعَلى قَول الجُمْهُور ِ: لَو وَطِئَ بَعْدَ الإِنْقِطَ اعِ وَقَبْلَ الإِغْتِسَ الِ لَزِمَهُ نِصفُ دِنَارٍ
Maka menurut mayoritas ulama; kalau seseorang mengumpuli isteri setelah usainya masa haid tetapi belum mandi maka dia wajib sedekah setengah dinar.
Wallahu A'lamu Bish-showa ab
Link Diskusi >>
http:// www.faceboo k.com/ groups/ piss.ktb/ permalink/ 37337102935 2378/
http:// www.faceboo k.com/ groups/ piss.ktb/ 42843198384 6282/
Bagoes Setiawan
Apakah wanita yg telah berenti haidnya tapi belum mandi boleh dijimak swaminya ??
JAWABAN :
>> Masaji Antoro
HARAM, HINGGA ISTRI TERLEBIH DAHULU MELAKSANAK
وتستمر حرمة الوطء والاستمتاع
Malikiyyah
“Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan
Dalam ayat diatas Allah menghalalk
• Terputusny
• MandiDenga
Al-Fiqh al-Islaam I/553
Demikian pendapat dalam 3 madzhab besar (Malikiyya
وقال في فتح المعين أعلى الصفحة من اعانة الطالبين 1/85 ما نصه ويحرم به (أي بالحيض) ما يحرم بالجنابة ... واذا انقطع دمها حل لها قبل الغسل صوم لا وطء حلافا لما بحثه العلامة الجلال السيوطي رحمه الله وقال في اعانة الطالبين 1/85 قوله (خلافا لما بحثه العلامة الجلال السيوطي) أي من حل الوطء أيضا بالانقطاع اهـ
Dalam kitab fathul muin dijelaskan
I'aanah at-Thaalib
__________
وإذا طهرت من الحيض وتم الإستبراء بقي تحريم الوطء حتى تغتسل ويحل الإستمتاع قبل الغسل على الصحيح.
Dan bila ia telah suci dari haidnya, sempurna istibra’ny
Raudhah at-Thoolib
( فَائِدَةٌ ) الْوَطْءُ قَبْلَ الْغُسْلِ فِي الْحَيْضِ أَوْ بَعْدَهُ يُورِثُ الْجُذَامَ
FAEDAH,
menyetubuh
Wallaahu A’lam
Hasyiyah al-Qalyubi
>> Sholeh Punya
Jawabanya ada dua : boleh dan tidak
الكتاب : شرح صحيح البخارى ال
واختلف العلماء فى الحائض هل يجوز وطؤها إذا انقطع دمها قبل أن تغتسل أم لا ؟ فقال مالك ، والليث ، والثورى ، والشافعى ، وأحمد ، وإسحاق ، وأبو ثور : لا توطأ حتى تغتسل بالماء ، وهو قول الشعبى ، ومجاهد ، والحسن ، ومكحول ، وسليمان بن يسار ، وعكرمة . وقال أبو حنيفة وأصحابه : إن انقطع دمها بعد عشرة أيام ، الذى هو عنده أكثر الحيض ، جاز له أن يطأها قبل الغسل ، وإن انقطع دمها قبل العشرة لم يجز حتى تغتسل أو يمر عليها وقت صلاة ، لأن الصلاة تجب عنده آخر الوقت ، فإذا مضى عليها آخر الوقت ووجبت عليها الصلاة ، علم أن الحيض قد زال ، لأن الحائض لا يجب عليها صلاة . وقال الأوزاعى : إن غسلت فرجها جاز لزوجها وطؤها ، وإن لم تغسله لم يجز ، وبه قالت طائفة من أصحاب الحديث ، وروى مثله عن عطاء ، وطاوس ، وقتادة .
واحنج أهل هذه المقالة بقوله : ( حتى يطهرن ) [ البقرة : 222 ] أى حتى ينقطع دمهن ، فجعل تعالى غاية منع قربها انقطاع دمها ، والدليل على ذلك أن الصوم قد حل لها بانقطاع دمها ، فوجب أن يحل وطؤها قبل الغسل ، كالجنب يجوز مجامعتها قبل الغسل ، قالوا : ولا يخلو بعد انقطاع الدم وقبل الغسل أن تكون طاهرًا أو حائضًا ، فإن كانت حائضًا فالغسل ساقط عنها ، وفى اتفاقهم أن الغسل عليها واجب بانقطاع الدم دليل أنها قد طهرت من حيضتها ، والطاهر جائز وطؤها ، وقوله تعالى : ( فإذا تطهرن ) [ البقرة : 222 ] إباحة ثانية ، وابتداء كلام غير الأول ، لأن الطهر شىء والتطهير غيره ، مثال ذلك ، لو أن رجلا صائمًا قال لرجل : لا تكلمنى حتى أفطر ، فإذا صليت المغرب كلمنى ، وإنما وقع التحريج فى المخاطبة فى وقت الصوم ، لأن غاية التحريج كانت إلى الإفطار ، ثم إباحة أن يكلمه بعد وجوب الإفطار وبعد أن يصلى المغربن كما أبيح وطء الحائض بعد الطهر ، وبعد التطهير تأكيدًا للتحليل ، غير أن قوله : ( يحب التوابين ويحب المتطهرين ) [ البقرة : 222 ] دلالة أن الذى يأتى زوجته بعد أن تنتظف بالماء أحمد عند الله ، كمن توضأ ثلاثًا ثلاثًا كان أحمد ممن توضأ مرة مرة .
ibarot tambahan tentang bolehnya jima' setelah ingkitho..
.الجامع لأحكام القرآن - (ج 3 /
>> Masaji Antoro
Nambah lagi GAN...^^
Terusan Ibarah Ustadz Sholeh diatas dalam kitab Al-Jammi’L
وإذا تعارض ما يقتضي الحظر وما يقتضي الإباحة ويغلب باعثاهما غلب باعث الحظر ، كما قال علي وعثمان في الجمع بين الأختين بملك اليمين ، أحلتهما آية وحرمتهما أخرى ، والتحريم أولى. والله أعلم.
Bila terjadi perselisih
Al-Jammi’L
Dalam pernyataan
ونحن نحمل كل واحدة منهما على معنى ، فنحمل المخففة على ما إذا انقطع دمها للأقل ، فإنا لا نجوز وطأها حتى تغتسل ، لأنه لا يؤمن عوده
Dan kami membawa masing-mas
Dalam Tafsiir al-Baghowy
وأكثر أهل العلم على التحريم ما لم تغتسل أو تتيمم عند عدم الماء، لأن الله تعالى علق جواز وطئها بشرطين: 36/أ بانقطاع الدم والغسل، فقال { حتى يطهرن } يعني من الحيض { فإذا تطهرن } يعني اغتسلن { فأتوهن } ومن قرأ يطهرن بالتشديد فالمراد من ذلك: الغسل كقوله تعالى "وإن كنتم جنبا فاطهروا"( 6-المائدة ) أي فاغتسلوا فدل على أن قبل الغسل لا يحل الوطء.
Mayoritas dan kebanyakan
Tafsiir al-Baghowy
Sedang kalangan ulama Fiqh dalam memutuskan
Berikut petikan dari beberapa redaksi lintas madzhab dalam masalah ini :
مسألة : قال : فان انقطع دمها فلا توطأ حتى تغتسل وجمل
MASALAH
“Saat darah haidnya telah berhenti maka haram menggaulin
Sedang Abu Hanifah (Hanafiyya
Allah berfirman :“Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan
Artinya bersuci adalah saat mereka telah mandi, demikian penafsiran
Dan karena Allah berfiraman
Lihatlah dalam ayat ini Allah memuji mereka, pujian Allah berarti atas perbuatan yang telah mereka kerjakan yakni mandi bukan atas perbuatan yang mereka tidak kerjakan yakni terputusny
Dengan demikian diperboleh
Al-Mugni I/387
Wallaahu A'lamu Bis showaab.
>> Wiro Sableng
wa'alaikum
Hukumnya haram. bila itu tetap saja dilakukan karena ngebet banget, si suami itu harus bersedekah
Majmu' Juz 2 Halaman 375
... فَعَلى قَول الجُمْهُور
Maka menurut mayoritas ulama; kalau seseorang mengumpuli
Wallahu A'lamu Bish-showa
Link Diskusi >>
http://
http://
Artikel Terkait
- 3279. FIQIH : HUKUM MEMEGANG AL-QUR'AN MINI BAGI ORANG YANG BERHADATS
- 3253. LAIN-LAIN : WARNING BAGI YANG SEDANG BUANG AIR BESAR
- 3232. AL-QUR'AN : TAFSIR SURAT AL WAQI'AH AYAT 79
- 3214. FIQIH THOHAROH : MAKRUH WUDHU DI WC
- 3206. FIQIH TOHAROH : WUDHU MEMAKAI PAKAIAN YANG TERKENA NAJIS
- 3202. HUKUM BERSUCI DENGAN AIR YANG KELUAR DARI JARI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar