PERTANYAAN :
> Abdullah Al-Bughisy
Assalamu'alaikum.. Permisi ada yg mau ditanyakan nih... Apakah boleh berbuka puasa dengan berjima'. Jadi ketika pas bedug maghrib, suami langsung memasukan dzakarnya ke dalam farji istrinya ? * monggo
JAWABAN :
> Masaji Antoro
Wa'alaikumsalam. BOLEH, namun tidak mendapatkan kesunahan TA'JIIL AL-FITRI (menyegerakan diri saat berbuka) karena senggama dapat melemahkan stamina.....
( و ) الثاني ( تعجيل الفطر ) بعد تحقق الغروب وقبل الصلاة للخبر السابق وسن ذلك ولو مارا بالطريق ولا تنخرم مروءته به كطلب الأكل يوم عيد الفطر قبل الصلاة ولو مارا بالطريق والمعتمد عدم حصول سنة التعجيل بالجماع لما فيه من إضعاف القوة
Kesunahan yang kedua : Menyegerakan diri dalam berbuka puasa setelah yakin tenggelamnya matahari dan sebelum menjalani shalat maghrib berdasarkan hadits yang lalu.
Dan kesunahannya meskipun ia sedang dalam perjalanan selama tidak mengurangi wibawanya seperti hukumnya meminta makanan pada orang lain dihari raya Idul Fitri sebelum menjalani shalat Ied.
Menurut pendapat yang Mu’tamad (yang dapat dijadikan pegangan) tidak terdapatkannya kesunahan menyegerakan diri dalam berbuka puasa saat berbukanya menggunakan senggama karena senggama dapat melemahkan stamina. [ Nihaayah az-Zain I/194 ]. Wallaahu A'lamu Bis Showaab
> Abdurrahman As-syafi'i
Nambahi sak ndulit
و يسن ان يفطر على تمر و الا فماء فان لم يكن لم يجد الا الجماع افطر عليه البيجورى ١/٤٣٦
Dan disunnahkan berbuka dgn korma, bila tidak ada maka dgn air... Dan bila tidak ada kecuali hanya ada jima' maka berbukalah dengan nya.
و هل يحصل الفطر بنحو جماع و ادخال نحو عود فى اذنه فال ب ج الاولى نعم وقال ق ل قوله و تعجيل فطر اى بغير جماع وانما يسن ما ذكر بشرى الكريم ٢/٧٣
> Mbah Godek
Tapi ingat ya, jika tidak ada yang untuk dibuat buka kecuali jimak ya jimak bisa dapat kesunahan ta'jilul fitri
ويسن تعجيل الفطر ) أي بتناول شيء كما في الجواهر وقضيته عدم حصول سنة التعجيل بالجماع وهو محتمل لما فيه من إضعاف القوة والضرر شرح م ر اه سم قال ع ش قوله م ر وهو محتمل معتمد اه وقال الرشيدي وقضيته أي ما في الجواهر أيضا عدم حصولها بالاستقاءة أو إدخال نحو عود في أذنه أو إحليله أو نحو ذلك وإن كان ما ذكره م ر من التعليل يأبى ذلك اه وقال الشارح في الإيعاب ما نصه وعبر أي المصنف كالقمولي بتناول المفطر لأنه أفطر بالغروب وقضيته حصول أصل السنة بسائر المنافيات للصوم كالجماع اه وجمع شيخنا بما نصه فإن لم يجد إلا الجماع أفطر عليه وقول بعضهم لا يسن الفطر عليه محمول على ما إذا وجد غيره اه قول المتن
حواشي الشرواني - (ج 3 / ص 420)
Link Asal > http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/452859838070163/
Assalamu'alaikum.. > Masaji Antoro
Wa'alaikumsalam. BOLEH, namun tidak mendapatkan kesunahan TA'JIIL AL-FITRI (menyegerakan diri saat berbuka) karena senggama dapat melemahkan stamina.....
( و ) الثاني ( تعجيل الفطر ) بعد تحقق الغروب وقبل الصلاة للخبر السابق وسن ذلك ولو مارا بالطريق ولا تنخرم مروءته به كطلب الأكل يوم عيد الفطر قبل الصلاة ولو مارا بالطريق والمعتمد عدم حصول سنة التعجيل بالجماع لما فيه من إضعاف القوة
Kesunahan yang kedua : Menyegerakan diri dalam berbuka puasa setelah yakin tenggelamnya matahari dan sebelum menjalani shalat maghrib berdasarkan hadits yang lalu.
Dan kesunahannya meskipun ia sedang dalam perjalanan selama tidak mengurangi wibawanya seperti hukumnya meminta makanan pada orang lain dihari raya Idul Fitri sebelum menjalani shalat Ied.
Menurut pendapat yang Mu’tamad (yang dapat dijadikan pegangan) tidak terdapatkannya kesunahan menyegerakan diri dalam berbuka puasa saat berbukanya menggunakan senggama karena senggama dapat melemahkan stamina. [ Nihaayah az-Zain I/194 ]. Wallaahu A'lamu Bis Showaab
> Abdurrahman As-syafi'i
Nambahi sak ndulit
و يسن ان يفطر على تمر و الا فماء فان لم يكن لم يجد الا الجماع افطر عليه البيجورى ١/٤٣٦
Dan disunnahkan berbuka dgn korma, bila tidak ada maka dgn air... Dan bila tidak ada kecuali hanya ada jima' maka berbukalah dengan nya.
و هل يحصل الفطر بنحو جماع و ادخال نحو عود فى اذنه فال ب ج الاولى نعم وقال ق ل قوله و تعجيل فطر اى بغير جماع وانما يسن ما ذكر بشرى الكريم ٢/٧٣
> Mbah Godek
Tapi ingat ya, jika tidak ada yang untuk dibuat buka kecuali jimak ya jimak bisa dapat kesunahan ta'jilul fitri
ويسن تعجيل الفطر ) أي بتناول شيء كما في الجواهر وقضيته عدم حصول سنة التعجيل بالجماع وهو محتمل لما فيه من إضعاف القوة والضرر شرح م ر اه سم قال ع ش قوله م ر وهو محتمل معتمد اه وقال الرشيدي وقضيته أي ما في الجواهر أيضا عدم حصولها بالاستقاءة أو إدخال نحو عود في أذنه أو إحليله أو نحو ذلك وإن كان ما ذكره م ر من التعليل يأبى ذلك اه وقال الشارح في الإيعاب ما نصه وعبر أي المصنف كالقمولي بتناول المفطر لأنه أفطر بالغروب وقضيته حصول أصل السنة بسائر المنافيات للصوم كالجماع اه وجمع شيخنا بما نصه فإن لم يجد إلا الجماع أفطر عليه وقول بعضهم لا يسن الفطر عليه محمول على ما إذا وجد غيره اه قول المتن
حواشي الشرواني - (ج 3 / ص 420)
Link Asal > http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/452859838070163/
permisi ada yg mau ditanyakan nih...
Apakah boleh berbuka puasa dengan berjima'. Jadi ketika pas bedug maghrib, suami langsung memasukan dzakarnya ke dalam farji istrinya?
* monggo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar