Jumat, 04 Juli 2014

Berbuka Puasa sebelum waktu Maghrib

BERBUKA PUASA SEBELUM MASUK WAKTU MAGHRIB
PERTANYAAN :
> Agus Aja
Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakaatuh, para admin, para sesepuh dan para member piss-ktb yang dirahmati Allah. Ada pertanyaan titipan, kalau sudah ada didokumen tolong disundulkan. Deskripsi masalah : Ada mushalla di perumahan mengadakan acara buka bersama, dan melakukan adzan maghrib, maka dengan mendengar adzan tsb para jama'ah yang sedang puasa maka berbuka. Akan tetapi ternyata adzan tsb lebih cepat 5 menit dari adzan di masjid-masjid sekelilingnya, di televisi dan waktu yg tertera di jadwal. Di saat mushala tsb iqamat ternyata masjid-masjid lainnya baru adzan, begitu pula di televisi. Pertanyaannya :
1. Batalkah/sahkah puasa para jama'ah dan penduduk yang berbuka dgn adzan yg lebih cepat tsb.
2. Apakah kalau batal puasanya maka sang mu'adzin yang menanggung dosanya? Terimakasih. Wassalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakaatuh.
JAWABAN :
> Abdullah Afif
Wassalamu'alaikum, saya kutipkan ta'bir kasyifatussaja halaman 50, selengkapnya :
ثم اعلم أن مراتب معرفة دخول الوقت ثلاثة، الأولى: العلم بنفسه أو بأخبار الثقة عن معاينة أو برؤية المزاول الصحيحة والمناكب الصحيحة والساعات المجرية وبيت الإبرة لعارف به وفي معناه أذان المؤذن العارف في الصحو. الثانية: الاجتهاد بورد من قرآن أو درس أو مطالعة علم أو نحو ذلك كخياطة وصوت ديك أو نحوه كحمار مجرب، ومعنى الاجتهاد بذلك أن يتأمل فيه كأن يتأمل في الخياطة هل أسرع فيها أو لا؟ وفي أذان الديك هل هو قبل عادته أو لا؟ وهكذا، ولا يجوز أن يصلي مستنداً لديكٍ من غير اجتهاد فيه. الثالثة: تقليد ثقة عارف عن اجتهاد فلا يقلد إذا قدر على الاجتهاد هذا في حق البصير، وأما الأعمى فله تقليد المجتهد ولو مع القدرة على الاجتهاد لأن شأنه العجز عنه
> Mbah Jenggot II
Nyumbang ibarot dalam dalam Bujayrmy Khotib :
( و ) الرابع من الشروط ( معرفة طرفي النهار ) يقينا أو ظنا لتحقق إمساك جميع النهار .
تنبيه : انفرد المصنف بهذا الرابع وكأنه أخذه من قولهم : لو نوى بعد الفجر لم يصح صومه ، أو أكل معتقدا أنه ليل وك
ان قد طلع الفجر لم يصح أيضا ، وكذا لو أكل معتقدا أن الليل دخل فبان خلافه لزمه القضاء .
وحاصل ذلك أنه إذا أفطر أو تسحر بلا تحر ولم يبن الحال صح في تسحره لا في إفطاره لأن الأصل بقاء الليل في الأولى والنهار في الثانية ، فإن بان الصواب فيهما صح صومهما أو الغلط فيهما لم يصح ، ولو طلع الفجر وفي فمه طعام فلم يبلع شيئا منه بأن طرحه أو أمسكه بفيه صح صومه ، أو كان طلوع الفجر مجامعا فنزع حالا صح صومه ، وإن أنزل لتولده من مباشرة مباحة .
Fokus:
1.وكذا لو أكل معتقدا أن الليل دخل فبان خلافه لزمه القضاء
2.وحاصل ذلك أنه إذا أفطر أو تسحر بلا تحر ولم يبن الحال صح في تسحره لا في إفطاره لأن الأصل بقاء الليل في الأولى والنهار في الثانية
Saya sepakat dengan ibarot2 diatas,juga punya yai afif, cuma dalam ibarot temen2 kan g ada yg menjelaskan GIMANA JIKA IJTIHADNYA SALAH/TIDAK SESUAI KENYATAAN ? padahal kasus diatas jelas salah/tidak sesuai kenyataan. Dalam ibarot Bujyromy sangat shorih :
فإن بان الصواب فيهما صح صومهما أو الغلط فيهما لم يصح
KESIMPULAN SAYA :
1. PUASANYA TIDAK SAH DAN WAJIB QODLO.
2. Apakah kalau batal puasanya maka sang mu'adzin yang menanggung dosanya ? Muadzin dosa jika dia sembrono.
> Abdurrahman As-syafi'i
Siip mbah...pokok'e puasa batal dan wajib qodlo..
و الرابع على من افطر ظانا الغروب فبان خلافه ايضا ) كما يقع الان كثيرا بسبب جهل الميقاتية قاله الشرقاوى كاشفة السجا ١٢٠
Yg ke-4 adalah orang yg berbuka yg menyangka matahari telah terbenam dan ternyata salah , seperti yg banyak terjadi sekarang ini lantaran tidak mengetahui batas-batasnya.
Link Asal > http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/459590404063773/

Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakaatuh, para admin, para sesepuh dan para member piss-ktb yang dirahmati Allah.
Ada pertanyaan titipan, kalau sudah ada didokumen tlng disundulkan :
Deskripsi masalah :
Ada mushalla diperumahan mengadakan acara buka bersama, dan melakukan adzan maghrib, maka dengan mendengar adzan tsb para jama'ah yang sedang puasa maka berbuka. Akan tetapi ternyata adzan tsb lebih cepat 5 menit dari adzan dimasjid2 sekelilingnya,ditelevisi dan waktu yg tertera di jadwal.
Disaat mushala tsb iqamat ternyata masjid2 lainnya br adzan, begitu pula ditelevisi.
Pertanyaannya :
1. Batalkah/sahkah puasa para jama'ah dan penduduk yang berbuka dgn adzan yg lebih cepat tsb.
2. Apakah kalau batal puasanya maka sang mu'adzin yang menanggung dosanya?
Terimakasih
Wassalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar