Imam Nawawi rahimahullah berkata :
وَمَذْهَبُ الشَّافِعِيِّ رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَى وَطَوَائِفُ مِنَ السَّلَفِ وَالْخَلَفِ أَنَّ الْبَسْمَلَةَ آيَةٌ مِنَ الْفَاتِحَةِ وَأَنَّهُ يُجْهَرُ بِهَا حَيْثُ يُجْهَرُ بِالْفَاتِحَةِ، وَاعْتَمَدَ أَصْحَابُنَا وَمَنْ قَالَ بِأَنَّهَا آيَةٌ مِنَ الْفَاتِحَةِ أَنَّهَا كُتِبَتْ فِيْ الْمُصْحَفِ بِخَطِّ الْمُصْحَفِ، وَكَانَ هذَا بِاتِّفَاقِ الصَّحَابَةِ وَإِجْمَاعِهِمْ عَلَى أَنْ لاَ يُثْبِتُوْا فِيْهِ بِخَطِّ الْقُرْآنِ غَيْرَ الْقُرْآنِ، وَأَجْمَعَ بَعْدَهُمُ الْمُسْلِمُوْنَ كُلُّهُمْ فِيْ كُلِّ اْلأَعْصَارِ إِلَى يَوْمِنَا، وَأَجْمَعُوْا أَنَّهَا لَيْسَتْ فِي أَوَّلِ بَرَاءَةَ، وَأَنَّهَا لاَ تُكْتَبُ فِيْهَا وَهذَا يُؤَكِّدُ مَا قُلْنَاهُ
Madzhab Syafi'i rahimahullah dan sekelompok ulama salaf dan khalaf, menyatakan bahwa basmalah merupakan salah satu ayat dari surat Al-Fatihah dan ia dibaca dengan jahr (disuarakan) jika Al-Fatihah dibaca dengan jahr. Sahabat-sahabat kami dan mereka yang berpendapat bahwa basmalah merupakan salah satu ayat dari Al-Fatihah berdalil dengan ditulisnya basmalah di dalam mushaf menjadi satu dengan tulisan mushaf. Pencantuman basmalah di dalam mushaf ini berdasarkan kesepakatan semua sahabat. Para sahabat sepakat untuk tidak mencantumkan di dalam mushaf AlQur’an selain ia memang (ayat atau surat) AlQur’an. Setelah para sahabat, umat Islam di setiap zaman hingga masa ini juga menyepakati hal yang sama. Mereka juga bersepakat bahwa basmalah bukanlah ayat pembuka surat Baro`ah, dan basmalah tidak dicantumkan di awal surat Baro`ah. Kenyataan ini memperkuat apa yang telah kami sampaikan.(1) Dengan demikian jelaslah pendapat Imam Syafi'i, seseorang yang tidak membaca basmalah ketika membaca surat Al-Fatihah dalam shalatnya maka shalatnya tidak sah, sebab Rasulullah shallallâhu 'alahi wa sallam telah bersabda :
لاَ صَلاَةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأْ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ
Tidak sah shalat seseorang yang tidak membaca surat Al-Fatihah. (HR Bukhari dan Muslim) -----------------------------------------
1. Lihat Yahyâ bin Syaraf An-Nawawî, Syarhul Muslim, Dârul Fikr, Juz.4, hal.93
وَمَذْهَبُ الشَّافِعِيِّ رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَى وَطَوَائِفُ مِنَ السَّلَفِ وَالْخَلَفِ أَنَّ الْبَسْمَلَةَ آيَةٌ مِنَ الْفَاتِحَةِ وَأَنَّهُ يُجْهَرُ بِهَا حَيْثُ يُجْهَرُ بِالْفَاتِحَةِ، وَاعْتَمَدَ أَصْحَابُنَا وَمَنْ قَالَ بِأَنَّهَا آيَةٌ مِنَ الْفَاتِحَةِ أَنَّهَا كُتِبَتْ فِيْ الْمُصْحَفِ بِخَطِّ الْمُصْحَفِ، وَكَانَ هذَا بِاتِّفَاقِ الصَّحَابَةِ وَإِجْمَاعِهِمْ عَلَى أَنْ لاَ يُثْبِتُوْا فِيْهِ بِخَطِّ الْقُرْآنِ غَيْرَ الْقُرْآنِ، وَأَجْمَعَ بَعْدَهُمُ الْمُسْلِمُوْنَ كُلُّهُمْ فِيْ كُلِّ اْلأَعْصَارِ إِلَى يَوْمِنَا، وَأَجْمَعُوْا أَنَّهَا لَيْسَتْ فِي أَوَّلِ بَرَاءَةَ، وَأَنَّهَا لاَ تُكْتَبُ فِيْهَا وَهذَا يُؤَكِّدُ مَا قُلْنَاهُ
Madzhab Syafi'i rahimahullah dan sekelompok ulama salaf dan khalaf, menyatakan bahwa basmalah merupakan salah satu ayat dari surat Al-Fatihah dan ia dibaca dengan jahr (disuarakan) jika Al-Fatihah dibaca dengan jahr. Sahabat-sahabat kami dan mereka yang berpendapat bahwa basmalah merupakan salah satu ayat dari Al-Fatihah berdalil dengan ditulisnya basmalah di dalam mushaf menjadi satu dengan tulisan mushaf. Pencantuman basmalah di dalam mushaf ini berdasarkan kesepakatan semua sahabat. Para sahabat sepakat untuk tidak mencantumkan di dalam mushaf AlQur’an selain ia memang (ayat atau surat) AlQur’an. Setelah para sahabat, umat Islam di setiap zaman hingga masa ini juga menyepakati hal yang sama. Mereka juga bersepakat bahwa basmalah bukanlah ayat pembuka surat Baro`ah, dan basmalah tidak dicantumkan di awal surat Baro`ah. Kenyataan ini memperkuat apa yang telah kami sampaikan.(1) Dengan demikian jelaslah pendapat Imam Syafi'i, seseorang yang tidak membaca basmalah ketika membaca surat Al-Fatihah dalam shalatnya maka shalatnya tidak sah, sebab Rasulullah shallallâhu 'alahi wa sallam telah bersabda :
لاَ صَلاَةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأْ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ
Tidak sah shalat seseorang yang tidak membaca surat Al-Fatihah. (HR Bukhari dan Muslim) -----------------------------------------
1. Lihat Yahyâ bin Syaraf An-Nawawî, Syarhul Muslim, Dârul Fikr, Juz.4, hal.93
Tidak ada komentar:
Posting Komentar