MAKAN DULU SEBELUM MANDI BESAR BAGI ORANG JUNUB
PERTANYAAN :
> Zain Ullahms
Assalamualaikum, mau nanya ini titipan temen bagaimana hukumnya bila
seseorang junub/ hadats besar dia tidak buru" mandi dan disaat itu dia
makan ada temennya yg bilang klo makan" disaat loem mandi katanya haram
hukumnya. ... Mohon penjelasannya.
JAWABAN :
> Masaji Antoro
Wa'alaikumsalam.
Orang junub yang hendak makan disunahkan wudhu.
وفي الصَّحِيحَيْنِ كان النبي صلى اللَّهُ عليه وسلم إذَا أَرَادَ أَنْ
يَنَامَ وهو جُنُبٌ غَسَلَ فَرْجَهُ وَتَوَضَّأَ وُضُوءَهُ لِلصَّلَاةِ
وكان صلى اللَّهُ عليه وسلم إذَا كان جُنُبًا فَأَرَادَ أَنْ يَأْكُلَ أو
يَنَامَ تَوَضَّأَ وُضُوءَهُ لِلصَّلَاةِ
وقيس بالجنب الحائض والنفساء إذا انقطع دمهما وبالأكل والشرب والحكمة في ذلك تخفيف الحدث غالبا والتنظيف وقيل لعله ينشط للغسل
Dalam Riwayat Bukhari dan Muslim : ”adalah Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam bila hendak tidur sementara beliau junub membasuh
kelaminnya dan mengambil wudhu sebagaimana wudhunya untuk mengerjakan
shalat”. ”adalah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam saat beliau
junub dan berkehendak makan mengambil wudhu sebagaimana wudhunya untuk
mengerjakan shalat”.
Hikmah wudhu bagi orang junub menjalankan wudhu:
1. Meringankan hadats yang sedang ia tanggung
2. Kebersihan
3. Memberi kesemangatan dalam bersegera mandi
[ Asnaa al-Mathaalib I/68, Mughni al-Muhtaaj I/63 ].
> Hasanul Zain
Sedikit tambahan mudah-mudahan bermanfaat...!
WAYUKROHU LILJUNUBIL AKLU WASSHARBU WANNAUMU WALJIMA'U QOBLA GHUSLIL
FARJI WALWUDHU,I LIMA SYOHHA MINAL AMRIBIHI FIL JIMA'I WALIL ITTIBA'I
FILBAQIYYATI ILLASSHARBU FAMUQISUN 'ALAL AKLI.
Rujukan kitab
minhajul qowim syarah shihabuddin ahmad bin majrul haytami
almakkissyafi'i. 'alal muqoddimah al-hadromiyyah. fi fiqqis sadatis
syafi'iyyah.
> Masaji Antoro
Shipp Kang Hasanul Zain ~ Ini versi arabic dan Translate ibarah di atas :
قال أصحابنا ويكره للجنب أن ينام حتي يتوضأ ويستحب إذا اراد أن يأكل أو
يشرب أو يطأ من وطئها أولا أو غيرها أن يتوضأ وضوءه للصلاة ويغسل فرجه في
كل هذه الاحوال
Berkata Para pengikut as-Syafi'i "Dimakruhkan bagi
orang junub tidak hingga ia wudhu dan disunahkan bila hendak makan atau
minum atau menggauli istri yang ia gauli pertama atau lainnya
menjalankan wudhu sebagaimana wudhu saat ia hendak shalat dan juga
disunahkan membasuh kemaluannya". [ Al-Majmuu’ ala Syarh al-Muhaddzab
II/156 ].
ويكره للجنب الأكل والشرب والنوم والجماع قبل غسل الفرج والوضوء وكذا منقطعة الحيض والنفاس
Dimakruhkan bagi orang junub makan, minum, tidur dan senggama sebelum
ia membasuh kemaluannya dan melakukan wudhu begitu juga bagi wanita yang
telah putus haid dan nifasnya. [ Al-Muqaddimah al-Hadramiyyah I/43 ].
( ويكره للجنب الأكل والشرب والنوم والجماع قبل غسل الفرج والوضوء ) لما
صح من الأمر به في الجماع وللاتباع في البقية إلا الشرب فمقيس على الأكل
( وكذا منقطعة الحيض والنفاس ) فيكره لها ذلك كالجنب بل أولى
Dimakruhkan bagi orang junub makan, minum, tidur dan senggama sebelum
ia membasuh kemaluannya dan melakukan wudhu karena berdasarkan perintah
agama yang shahih dalam masalah senggama dan mengikuti nabi dalam
masalah lainnya kecuali dalam masalah minum yang hukumnya diqiyaskan
pada masalah makan, begitu juga bagi wanita yang telah putus haid dan
nifasnya maka makruh baginya sebagaimana orang junub bahkan baginya
lebih utama. [ Minhaj alQawim I/95 ]. Wallohu a'lam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar