PENGERTIAN HAJI AKBAR |
PERTANYAAN :
Ahmad Faishal
Assalamu'alaikum
wr wb. katanya jika wukuf terjadi pada hari jum'at hajinya disebut haji
akbar. Yg saya tanyakan apa kelebihan haji akbar daripada haji biasa?
Cantumkan juga referensinya.. terima kasih. Wassalam
JAWABAN :
Masaji Antoro
Wa'alaikumsalam wr wb. HAJI AKBAR WUQUF DIARAFAH HARI JUMAH BENARKAH ?
Memang
terdapat keterangan dalam hadits mursal yang menyatakan bila wuquf
diarafah (tanggal 9 dzul hijjah) bertepatan hari jumah dinamakan dengan
HAJI AKBAR dengan aneka keistimewaan sebagai berikut :
1. Lebih utama ketimbang 70 haji di hari selainnya
2. Seluruh yang berkumpul di padang Arafah akan mendapat ampunan Allah langsung tanpa perantaraan
3. Ibadahnya kian mulia karena bertepatan dengan paling utamanya hari dalam seminggu.
4. Diharapkan mencocoki waktu ijabah doa dihari Jumah
5. Menyamai wukufnya baginda Nabi Muhammad shallallaahu alaihi wa sallam saat menjalani haji wada’ (perpisahan)
Referensi :
ك ـ وَقْفَةُ عَرَفَةَ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ :
16
- قَال الْحَنَفِيَّةُ : لِوَقْفَةِ الْجُمُعَةِ مَزِيَّةُ سَبْعِينَ
حِجَّةً ، وَيُغْفَرُ فِيهَا لِكُل فَرْدٍ بِلاَ وَاسِطَةٍ ، وَقَالُوا :
أَفْضَل الأَْيَّامِ يَوْمُ عَرَفَةَ إِذَا وَافَقَ يَوْمَ جُمُعَةٍ ،
وَهُوَ أَفْضَل مِنْ سَبْعِينَ حِجَّةً فِي غَيْرِ جُمُعَةٍ (1) .
وَقَال
الشَّافِعِيَّةُ : وَقِيل : إِذَا وَافَقَ يَوْمُ الْجُمُعَةِ يَوْمَ
عَرَفَةَ غَفَرَ اللَّهُ تَعَالَى لِكُل أَهْل الْمَوْقِفِ ، أَيْ بِلاَ
وَاسِطَةٍ ، وَغَيْرُ يَوْمِ الْجُمُعَةِ بِوَاسِطَةٍ ، أَيْ يَهَبُ
مُسِيئَهُمْ لِمُحْسِنِهِمْ (2) .
__________
(1) ابن عابدين 2 / 254 .
(2) مغني المحتاج 1 / 497 .
WUQUF DIARAFAH HARI JUMAH
Kalangan
Hanafiyyah menilai wuquf diarafah bertepatan dengan hari jumah memiliki
keistimewaan 70 haji, diampuni setiap individu yang berkumpul di padang
Arafah dengan tanpa perantaraan, mereka berkata “Lebih utamanya hari
adalah hari arafah bila bertepatan dengan hari jumah, ia lebih utama
ketimbang 70 haji dihari selainnya” (Ibn ‘Aabidiin II/254).
Kalangan
Syafiiyyah : Dikatakan “Jika Hari Arafah jatuh pada hari Jumat maka
seluruh yang berkumpul di padang Arafah akan mendapat ampunan dari Allah
dengan tanpa perantaraan dan bila diselain hari jumah dengan
perantaraan artinya ampunan Allah diperantarakan yang jelek dari
penghuni arafah diberikan pada yang baiknya penghuni arafah”. [
Al-Mausuu’ah al-Fiqhiyyah 45/308 ].
قال
الزيادي : قال ( أفْضَلُ الأيْامِ يَوْمُ عَرَفَةَ ، وإذا وَافَقَ يَوْمَ
جُمُعَةٍ فهو أَفْضَلُ مِنْ سَبُعِينَ حّجَةً في غَيْرِ يَوْمِ الجمعَة )
أخرجه رزين . وعن النبي : ( إذا كَانَ يَوْم جُمُعَةِ غَفَرَ الله لجميع
أهْلِ المَوْقِفِ ) . قال الشيخ عز الدين بن جماعة : سئل والدي عن وقفة
الجمعة هل لها مزية على غيرها ؟ فأجاب بأن لها مزية على غيرها من خمسة أوجه
: الأول والثاني : ما ذكرناه من الحديثين . الثالث : العمل يشرف بشرف
الأزمنة كما يشرف بشرف الأمكنة ويوم الجمعة أفضل أيام الأسبوع فوجب أن يكون
العمل فيه أفضل . الرابع : في يوم الجمعة ساعة لا يوافقها عبد مسلم يسأل
الله شيئاً إلا أعطاه إياه وليست في غير يوم الجمعة ، وهي من حين جلوس
الخطيب على المنبر إلى آخر الصلاة . الخامس : موافقة النبي ، فإن وقفته في
حجة الوداع كانت يوم الجمعة وإنما يختار الله له الأفضل .
Berkata
az-Ziyaady “Lebih utamanya hari adalah hari arafah dan bila bertepatan
dengan hari jumah, ia lebih utama ketimbang 70 haji dihari selainnya”
(Dikeluarkan oleh Raziin)
Dan
Rasulullah shallallaahu alaihi wa sallam bersabda “Jika Hari Arafah
jatuh pada hari Jumat maka seluruh yang berkumpul di padang Arafah akan
mendapat ampunan”
Berkata
As-Syaikh ‘Izzuddin Bin Jamaah “ Ayahku ditanya akan wuquf dihari
jumah, apakah memiliki keistimewaan dibandingkan wuquf dihari selainnya ?
Ayah menjawab : Ia memiliki lima keistimewaan disbanding hari selainnya
:
1
& 2 dituturkan dalam dua hadits diatas (lebih utama ketimbang 70
haji dihari selainnya dan seluruh yang berkumpul di padang Arafah akan
mendapat ampunan dari Allah)
3.
Amal ibadah dapat menjadi kian mulia didukung oleh kemuliaan waktu
ataupun tempat sedang hari jumah adalah utamanya hari dalam seminggu.
4.
Dihari Jumah terdapat satu waktu yang bila hamba muslim berdoa
bertepatan dengan waktu tersebut doanya terkabulkan dan hal ini tidak
dimiliki oleh hari-hari lainnya, waktu tersebut adalah mulai duduknya
khatib diatas mimbar hingga akhir shalat jumah.
5.
Menyamai wukufnya baginda Nabi, karena wukuf beliau saat haji wada’
(perpisahan) dihari jumah dan tentunya Allah pilihkan untuk utusannya
hari yang paling utama. [ Tuhfah al-Habiib III/195 ].
( فائدة ) قال صلى الله عليه وسلم أفضل الأيام يوم عرفة وإذا وافق يوم جمعة فهو أفضل من سبعين حجة في غير يوم الجمعة أخرجه رزين
وعن النبي صلى الله عليه وسلم إذا كان يوم عرفة يوم جمعة غفر الله لجميع أهل الموقف أي بغير واسطة وفي غير يوم الجمعة يهب قوما لقوم
[
FAEDAH ] Rasulullah shallallaahu alaihi wa sallam bersabda “Lebih
utamanya hari adalah hari arafah dan bila bertepatan dengan hari jumah,
ia lebih utama ketimbang 70 haji dihari selainnya” (dikeluarkan oleh
Raziin). Rasulullah shallallaahu alaihi wa sallam bersabda “Jika Hari
Arafah jatuh pada hari Jumat maka seluruh yang berkumpul di padang
Arafah akan mendapat ampunan dan bila selain hari jumah ampunan Allah
pada satu kaum diberikan pada kaum lainnya”. [ I’aanah at-Thoolibiin
II/288 ].
Keberadaan hadits diatas MURSALyang menurut ilmu ushul boleh dijadikan sandaran
(تنبيه)
استدل بالحديث على مزية الوقوف بعرفة يوم الجمعة على غيره من الأيام ومن
ثم كان وقوف المصطفى في حجة الوداع والله إنما يختار لرسوله الأفضل ولأن
الأعمال تشرف بشرف الأزمنة كالأمكنة ويوم الجمعة أفضل أيام الأسبوع قال ابن
حجر : وأما ما ذكره رزين في جامعه مرفوعا خير يوم طلعت فيه الشمس يوم عرفة
وافق يوم جمعة وهو أفضل من سبعين حجة في غيرها فحديث لا أعرف حاله لأنه لم
يذكر صحابيه ولا من خرجه بن ادرجه في حديث الموطأ وليس في الموطآت فإن كان
له أصل احتمل أن يراد بالسبعين التحديد أو المبالغة وعلى كل فتثبت المزية
بذلك
[
PERINGATAN ] Dibuat dalil hadits atas istimewanya wuquf diarafah dihari
jumah melebihi hari-hari lainnya, karena itulah wuquf baginda yang
terpilih Nabi Muhammad dalam haji wada’ (perpisahan) juga dihari jumat,
Allah memilihkan untuk rasulnya hal yang paling utama dan karena amal
ibadah dapat menjadi kian mulia didukung oleh kemuliaan waktu ataupun
tempat sedang hari jumah adalah utamanya hari dalam seminggu.
Berkata
Ibn Hajar “Sedang apa yang dituturkan oleh Raziib dalam kitab jamii’nya
secara marfu “Lebih utamanya terbitnya matahari adalah hari arafah yang
bertepatan dengan hari jumah, ia lebih utama ketimbang 70 haji dihari
selainnya” adalah hadits yang tidak aku kenal keberadaannya karena ia
tidak menyebutkan dari siapa ia mendapatkannya, siapa periwayatnya, ia
tnyatakan dalam hadits muwattha sementara hadits-hadits muwattha’ tidak
terdapat.
Bila
memang hadits tersebut ada asalnya kemungkinan yang dikehendaki dengan
arti 70 diatas pembatasan atau hal-hal yang bersifat melebih-lebihkan
bila demikian memang terdapat keistimewaan karenanya. [ Faidh al-Qadiir
III/659 ].
تنبيه
قد اشتهر بين العوام أن يوم عرفة إذا وافق يوم الجمعة كان الحج حجا أكبر
ولا أصل له نعم روى رزين عن طلحة بن عبيد الله بن كرز أرسله أفضل الأيام
يوم عرفة وإذا وافق يوم جمعة فهو أفضل من سبعين حجة في غير يوم جمعة كذا
في مجمع الفوائد وهو حديث مرسل ولم أقف على إسناده
[
PERINGATAN ] Telah mashur dikalangan orang awam bila hari arafah
bertepatan dengan hari jumah hajinya dikatakan haji akbar, dalam hal ini
tidak terdapatkan dalil asal kebenarannya. Diriwayatkan dari Roziin
dari Tholhah bin Ubaidillah Bin Karz dalam bentuk hadits mursal “Lebih
utamanya hari adalah hari arafah dan bila bertepatan dengan hari jumah,
ia lebih utama ketimbang 70 haji dihari selainnya” (Hadits Mursal). [
Tuhfah al-Ahwaadzy IV/27 ]. Wallaahu A'lamu Bis Showaab
Lanjutan >>>
Lanjutan >>>
Tidak ada komentar:
Posting Komentar