Rabu, 07 Mei 2014

Qira'ah Sab'ah diajarkan Malaikat Jibril



Dikalangan ulama ahli Qurra' dikenal yang namanya qira'ah sab'ah. Sebagian umat Islam mungkin ada yang tidak mengetahui hal ini. Qiroah Sab'ah merupakan tujuh bacaan al-Qur'an disampaikan oleh malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad saw.

Hal ini sebagaimana disebutkan didalam kitab Shahih Muslim juz 1 halaman 361

حَدَّثَنِى حَرْمَلَةُ بنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْب أَخْبَرَنِى يُونُسُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ حَدَّثَنِى عُبَيْدُ اللهِ بْنُ عَبْجِ اللهِ بْنُ عُتْبَةَ أَنَّ ابْنَ عَبَّاسٍ حَدَّثَهُ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: أَ قْرَأَنِىْ جِبْرِيْلُ عَلَي حَرْفٍ فَرَا جَعْتُهُ فَلَمْ أَزَلْ أَسْتَزِيْدُهُ فَيَزِيْدُنِيْ حَتَّى ا نْتَهَى أِلَى سَبْعَةِ أَحْرُفٍ. رواه مسلم

"Harmalah bin Yahya telah menceritakan kepada kami katanya:Ibnu Wahab telah menceritakan kepada kami dari Ibnu Syihab, katanya Ubaidullah bin Abdillah bin Utbah telah menceritakan kepadaku bahwa Rasulullah saw, telah bersabda: Malaikat jibril telah membacakan Alquran kepadaku dengan satu macam bacaan. Kemudian aku mengulangi menjumpai jibril dan tiada henti-hentinya aku meminta tambahan bacaan kepada jibril, dan dia menambahinya sehingga sampai pada tujuh bacaan". (HR Muslim)

Tidak semua umat Islam menguasai qira'ah sab'ah, hanya orang-orang tertentu yang memang secara khusus belajar qira'ah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar