PERTANYAAN
> Caca Marischa
AssalamU'alaikUm wr wb... mOhon penjelasanx yaa Pak Ustad.. apakah bOleh
sOdakOh atO zakat pake uang haram ??? kalo boleh , apakah bs uang haram
disUcikan agar bs menjadi halal dan bs
disodakohkan??? WassalamU'alaikum wr wb.
JAWABAN
> Hariz Jaya
Sesungguhnya Allah tidak menerima shadaqah/zakat dengan yang haram, dan tidak akan menerima do’anya,
وأما قوله صلى الله عليه و سلم ولا صدقة من غلول فهو بضم الغين والغلول
الخيانة وأصله السرقة من مال الغنيمة قبل القسمة وأما قول بن عامر ادع لى
فقال بن عمر
رضي الله عنهما سمعت رسول الله صلى الله عليه و سلم يقول لا يقبل الله
صلاة بغير طهور ولا صدقة من غلول وكنت على البصرة فمعناه أنك لست بسالم من
الغلول فقد كنت واليا على
البصرة وتعلقت بك تبعات من حقوق الله تعالى وحقوق العباد ولا يقبل الدعاء
لمن هذه صفته كما لا تقبل الصلاة والصدقة الا من متصون والظاهر والله أعلم
Kitab Al-Minhaj Syarah Shahih Muslim Juz 3 Halaman 104
قال رسول الله صلى الله عليه و سلم من اصاب مالا من ماثم فوصل به رحما او
تصدق به انفقه في سبيل الله جمع الله جميعه ثم قذفه فى النار
Rosululloh bersabda: barang siapa yang memperoleh harta dari pekerjaan
dosa,kemudian ia pergunakan untuk menyambung kerabat atau disedekahkan
di jalan Allah SWT ,maka Allah akan mengumpulkan semuanya dan
melemparkannya ke neraka
ﺇﺣﻴﺎﺀ ﻋﻠﻮﻡ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺝ 2 ﺹ 91 :ﻭﻓﻰ ﻧﻔﺲ ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ ﺍﺟﺮﺓ ﺍﻟﻌﻤﻞ ﺍﻟﺬﻯ ﻳﺘﻌﻠﻖ ﺑﺎﻟﻤﻌﺼﻴﺔﺣﺮﺍﻡ ﻭﺍﻟﺘﺼﺪﻕ ﺑﻪ ﻣﻨﻬﺎ ﻻﻳﺠﻮﺯ ﻭﻻﻳﺼﺢ . ﺇﻫـ
Ongkos pekerjaan yang berhubungan dengan maksiat itu haram, dan mensedekahkannya juga tidak boleh dan tidak sah.
ihya ulumuddin juz 2 hal.91
> Ical Rizaldysantrialit
Imam Nawawi dalam kitabnya, " Al-Majmu' " menuqil pendapat dari Imam
Al-Ghozali yang menyatakan bahwa seseorang yang memiliki harta yang
harom dan ingin bertaubat maka jika pemilik harta tersebut masih
hidup,wajib mengembalikan harta tersebut kepada pemiliknya atau
wakilnya,dan jika pemiliknya sudah meninggal dunia diberikan kepada ahli
warisnya,dan jika tidak diketahui pemiliknya,maka harta tersebut
hendaknya dibelanjakan untuk kemaslahatan kaum muslimin yang bersifat
umum, semisal untuk membangun masjid.
Pendapat yang dikemukakan oleh Imam Ghozali tersebut juga dituturkan
oleh beberapa ulama' madzhab syafi'i yang lain,Imam Ghozali juga
meriwayatkan pendapat tersebut dari Mu'awiyah bin Abu Sufyan
rodhiyallohu 'anhu,Imam Ahmad bin Hanbal,Imam Al-Harits Al-Muhasibi dan
yang lainnya bahwasanya tidak diperbolehkan membuang harta tersebut
dengan cara membuangnya,namun dibelanjakan untuk kemaslahatan kaum
muslimin.
Berdasarkan uraian dari Imam Ghozali diatas, diperbolehkan membangun
masjid dengan harta yang dihasilkan dari pekerjaan yang harom,seperti
harta yang dihasilkan dari penjualan minuman keras.
Dan hal tersebut dilakukan bukan dalam rangka sedekah namun sebagai bentuk taubat seseorang yang memiliki harta harom.
Kesimpulan
* Tidak sah shodaqoh atau zakat dari harta harom
* Ketika si pelaku ingin bertaubat,maka harta tsb harus dikembalikan
pada si empunya atau wakilnya,jika empunya sudah wafat maka serahkan pd
ahli warisnya,jika tidak ada maka harta tsb tidak boleh dibuang atau
dipendam,namun di tasarupkan pd kemashlahatan muslimin.tasarup ini tidak
dikatakan shodaqoh,namun bentuk pembebasan diri dari harta harom tsb.
Wallahu a'lam.
Ibarot Al-Majmu' Juz : 9 Hal : 351
ﻓﺮﻉ : ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻐﺰﺍﻟﻲ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻣﻌﻪ ﻣﺎﻝ ﺣﺮﺍﻡ ﻭﺃﺭﺍﺩ ﺍﻟﺘﻮﺑﺔ ﻭﺍﻟﺒﺮﺍﺀﺓ ﻣﻨﻪ ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ
ﻟﻪ ﻣﺎﻟﻚ ﻣﻌﻴﻦ ﻭﺟﺐ ﺻﺮﻓﻪ ﺇﻟﻴﻪ ﺃﻭ ﺇﻟﻰ ﻭﻛﻴﻠﻪ ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﻣﻴﺘﺎ ﻭﺟﺐ ﺩﻓﻌﻪ ﺇﻟﻰ ﻭﺍﺭﺛﻪ
ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻟﻤﺎﻟﻚ ﻻ ﻳﻌﺮﻓﻪ ﻭﻳﺌﺲ ﻣﻦ ﻣﻌﺮﻓﺘﻪ ﻓﻴﻨﺒﻐﻲ ﺃﻥ ﻳﺼﺮﻓﻪ ﻓﻲ ﻣﺼﺎﻟﺢ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ
ﺍﻟﻌﺎﻣﺔ ﻛﺎﻟﻘﻨﺎﻃﺮ ﻭﺍﻟﺮﺑﻂ ﻭﺍﻟﻤﺴﺎﺟﺪ ﻭﻣﺼﺎﻟﺢ ﻃﺮﻳﻖ ﻣﻜﺔ ﻭﻧﺤﻮ ﺫﻟﻚ ﻣﻤﺎ ﻳﺸﺘﺮﻙ
ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻮﻥ ﻓﻴﻪ ﻭﺇﻻ ﻓﻴﺘﺼﺪﻕ ﺑﻪ ﻋﻠﻰ ﻓﻘﻴﺮ ﺃﻭ ﻓﻘﺮﺍﺀ ﻭﻳﻨﺒﻐﻲ ﺃﻥ ﻳﺘﻮﻟﻰ ﺫﻟﻚ ﺍﻟﻘﺎﺿﻲ
ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻋﻔﻴﻔﺎ ﻓﺈﻥ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﻋﻔﻴﻔﺎ ﻟﻢ ﻳﺠﺰ ﺍﻟﺘﺴﻠﻴﻢ ﺇﻟﻴﻪ ﻓﺈﻥ ﺳﻠﻤﻪ ﺇﻟﻴﻪ ﺻﺎﺭ
ﺍﻟﻤﺴﻠﻢ ﺿﺎﻣﻨﺎ ﺑﻞ ﻳﻨﺒﻐﻲ ﺃﻥ ﻳﺤﻜﻢ ﺭﺟﻼ ﻣﻦ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺒﻠﺪ ﺩﻳﻨﺎ ﻋﺎﻟﻤﺎ ﻓﺎﻥ ﺍﻟﺘﺤﻜﻢ
ﺃﻭﻟﻰ ﻣﻦ ﺍﻻﻧﻔﺮﺍﺩ ﻓﺈﻥ ﻋﺠﺰ ﻋﻦ ﺫﻟﻚ ﺗﻮﻻﻩ ﺑﻨﻔﺴﻪ ﻓﺈﻥ ﺍﻟﻤﻘﺼﻮﺩ ﻫﻮ ﺍﻟﺼﺮﻑ ﺇﻟﻰ ﻫﺬﻩ
ﺍﻟﺠﻬﺔ ﻭﺇﺫﺍ ﺩﻓﻌﻪ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻔﻘﻴﺮ ﻻ ﻳﻜﻮﻥ ﺣﺮﺍﻣﺎ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻔﻘﻴﺮ ﺑﻞ ﻳﻜﻮﻥ ﺣﻼﻻ ﻃﻴﺒﺎ ﻭﻟﻪ
ﺃﻥ ﻳﺘﺼﺪﻕ ﺑﻪ ﻋﻠﻰ ﻧﻔﺴﻪ ﻭﻋﻴﺎﻟﻪ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻓﻘﻴﺮﺍ ﻷﻥ ﻋﻴﺎﻟﻪ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻧﻮﺍ ﻓﻘﺮﺍﺀ,
ﻓﺎﻟﻮﺻﻒ ﻣﻮﺟﻮﺩ ﻓﻴﻬﻢ ﺑﻞ ﻫﻢ ﺃﻭﻟﻰ ﻣﻦ ﻳﺘﺼﺪﻕ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﻟﻪ ﻫﻮ ﺃﻥ ﻳﺄﺧﺬ ﻣﻨﻪ ﻗﺪﺭ ﺣﺎﺟﺘﻪ
ﻷﻧﻪ ﺃﻳﻀﺎ ﻓﻘﻴﺮ ﻭﻫﺬﺍ ﺍﻟﺬﻱ ﻗﺎﻟﻪ ﺍﻟﻐﺰﺍﻟﻲ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻔﺮﻉ ﺫﻛﺮﻩ ﺁﺧﺮﻭﻥ ﻣﻦ ﺍﻷﺻﺤﺎﺏ
ﻭﻫﻮ ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻟﻮﻩ ﻭﻧﻘﻠﻪ ﺍﻟﻐﺰﺍﻟﻲ ﺃﻳﻀﺎ ﻋﻦ ﻣﻌﺎﻭﻳﺔ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﺳﻔﻴﺎﻥ ﻭﻏﻴﺮﻩ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﻠﻒ
ﻋﻦ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺣﻨﺒﻞ ﻭﺍﻟﺤﺎﺭﺙ ﺍﻟﻤﺤﺎﺳﺒﻲ ﻭﻏﻴﺮﻫﻤﺎ ﻣﻦ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻮﺭﻉ ﻷﻧﻪ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺇﺗﻼﻑ
ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻤﺎﻝ ﻭﺭﻣﻴﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﺤﺮ ﻓﻠﻢ ﻳﺒﻖ ﺇﻻ ﺻﺮﻓﻪ ﻓﻲ ﻣﺼﺎﻟﺢ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ
ﻭﺗﻌﺎﻟﻰ ﺃﻋﻠﻢ
LINK ASAL
LINK DISKUSI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar