Jumat, 03 Januari 2020

Imam Syafi'i


Mengenal tokoh islam (Imam Asy-Syafi'i)
"Nama asli beliau Abu Abdullah Muhammad bin Idris asy-Syafi'i al-Muththalibi al-Qurasyi masyhur di sebut Imam Asy-Syafi'i lahir di Ashkelon,Gaza, Palestina, 150 H/767 M Fusthat, Mesir, 204 H/819 M)
Beliau adalah seorang mufti besar Sunni Islam dan juga pendiri mazhab Syafi'i. secara nasab Imam Syafi'i tergolong kerabat dari Rasulullah, ia termasuk dlm Bani Muththalib, yaitu keturunan dari al-Muththalib, saudara dari Hasyim, yg merupakan kakek Nabi Muhammad.
Kecerdasan Imam Syafi'i

Diriwayatkan dari Imam Asy Syafi’i, ia berkata, “Aku telah menghafalkan Al Qur’an ketika berumur 7 tahun. Aku pun telah menghafal kitab Al Muwatho’ ketika berumur 10 tahun. Ketika berusia 15 tahun, aku pun sudah berfatwa. (Thorh At Tatsrib, 1/95-96)

Kecerdasan Imam Asy-Syafi’i ini sangat di sanjung oleh para ulama yg lainnya. di antaranya
 Dari Ubaid bin Muhammad bin Khalaf Al-Bazzar, dia berkata, “Ketika Abu Tsaur ditanya tentang siapa yang lebih pandai antara Imam Asy-Syafi’i dan Muhammad bin Al-Hasan, maka ia menjawab bahwa Imam Asy-Syafi’i lebih pandai dari pada Muhammad, Abu Yusuf, Abu Hanifah, Hammad, Ibrahim, Al-Qamah dan Al-Aswad.

Imam Ar-Rabi’ berkata, “Aku pernah mendengar Al-Humaidi dari Muslim bin Khalid, ia berkata kepada Imam Asy-Syafi’i, ‘Wahai Abu Abdillah, berfatwalah. Aku bersumpah demi Allah, sesungguhnya kamu sekarang sudah berhak mengeluarkan fatwa.’ Padahal Imam Asy-Syafi’i pada saat itu baru berusia lima belas tahun.” Ibrahim bin Abi Thalib Al-Hafidz berkata, “Aku bertanya kepada Abu Qudamah As-Sarkhasi tentang Imam Asy-Syafi’i, Imam Ahmad, Abu Ubaid dan Ibnu Rahawaih, maka dia menjawab, ‘Imam Asy-Syafi’i adalah orang yang paling cerdas di antara mereka semua.’” Dasar madzhabnya: Al Quran, Sunnah, Ijma’ dan Qiyas.

Sumber: Kitab Min A’lamis Salaf karya, Syaikh Ahmad Farid
Download Kitab Klick saja :  https://archive.org/details/PDFmasa

Yaa Allah semoga Engkau merdhoinya. Aamiin

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar