Minggu, 24 Agustus 2014

Terdengar Adzan dari Makam Rasulullah SAW

Masyaallah ! Terdengar Adzan dari Makam Rasulullah SAW
Kejadian yang berada diluar jangkauan akal manusia tidak mudah untuk diterima, sebab hal itu menyangkut hal-hal yang ghaib, walaupun disisi lain Allah SWT Maha Kuasa untuk menunjukkan hal itu pada hamba-hambanya.

Salah satu kejadian 'aneh' ini pernah ditulis oleh Ibnu Taimiyah didalam kitabnya, Majmu Fatawa, sebagai berikut :

وَكَانَ سَعِيْدُ بْنُ الْمُسَيَّبِ فِى اَيَّامِ الْحَرَّةِ يَسْمَعُ الْأَذَانَ مِنْ قَبْرِ رَسُوْلِ اللهِ اَوْقَاتَ الصَّلَوَاتِ وَكَانَ الْمَسْجِدُ قَدْ خَلَا فَلَمْ يَبْقَ غَيْرُهُ (مجموع الفتاوى - ج 11 / ص 280)
“Saib bin Musayyab di hari-hari peristiwa al-Harrah, ia mendengar adzan dari makam Rasulullah Saw saat waktu-waktu salat. Saat itu di masjid Nabawi tidak ada orang selain dia” (Majmu’ Fatawa 11/280)

Jangan-jangan Said bin Musayyab majhul? Ini jawaban Ibnu Taimiyah:

وَكَذَلِكَ أَفْضَلُ التَّابِعِيْنَ مِثْلُ سَعِيْدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ وَأَمْثَالِهِ وَالْحَسَنِ الْبَصْرِى وَأَمْثَالِهِ وَعَلِىِّ بْنِ الْحُسَيْنِ وَأَمْثَالِهِ وَأَصْحَابِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ وَأَصْحَابِ ابْنِ عَبَّاسٍ وَهُمْ مِنْ أَجَلِّ التَّابِعِيْنَ (مجموع الفتاوى - ج 5 / ص 169)

“Demikian juga, Tabiin yang paling utama adalah seperti Said bin Musayyab dan sepadannya, Hasan al-Basri dan sepadannya, Ali bin Husain dan sepadannya, para santri Ibnu Mas’ud, santri Ibnu Abbas. Mereka adalah para Tabiin yang agung” (Majmu’ Fatawa 5/169)

Jangan-jangan riwayat tentang adzan dari makam Nabi itu dlaif? Murid Ibnu Taimiyah al-Hanbali, al-Hafidz al-Dzahabi mencantumkan riwayat ini sebanyak 2 kali. Riwayat pertama dinilai dlaif karena ada seorang perawi bernama Abdul Hamid, ia dlaif. Akan tetapi dalam riwayat yang kedua yakni dari jalur al-Waqidi, beliau tidak menilainya dlaif. Dengan demikian riwayat diatas memiliki dua jalur yang kuat.

سير أعلام النبلاء - (ج 4 / ص 228)
ابن سعد: أنبأنا الوليد بن عطاء بن الاغر المكي، أنبأنا عبدالحميد بن سليمان، عن أبي حازم، سمعت سعيد بن المسيب، يقول: لقد رأيتني ليالي الحرة وما في المسجد أحد غيري، وإن أهل الشام ليدخلون زمرا يقولون: انظرو إلى هذا المجنون. وما يأتي وقت صلاة إلا سمعت أذانا في القبر. ثم تقدمت فأقمت وصليت وما في المسجد أحد غيري . عبدالحميد هذا، ضعيف.
الواقدي: حدثنا طلحة بن محمد بن سعيد بن المسيب، عن أبيه، قال: كان سعيد أيام الحرة في المسجد لم يخرج، وكان يصلي معهم الجمعة ويخرج في الليل. قال: فكنت إذا حانت الصلاة، أسمع أذانا يخرج من قبل القبر حتى أمن الناس


Oleh : Ustadz M. Ma'ruf Khozin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar