Kamis, 28 Agustus 2014

Sifat Qudroh bagi Allah SWT

" Ad-Durr Al-Fariid fii 'aqooidi Ahli at-Tauhid "

الصفة السابعة الواجبة له تعالى القدرة و هي صفة له تعالى أزلية موجودة قائمة بذاته تعالى يتأتى بها إيجاد كل ممكن و إعدامه و معنى يتأتى بها إيجاد الممكن أنه يتحصل بسببها إيجاد الممكن أى إخراجه من العدم إلى الوجود فتتعلق بالمعدوم فتكون سببا في إيجاده و بالموجود فتكون سببا في إعدامه و تعلقها بالموجود و المعدوم يقال له تعلق تنجيزي حادث و معنى كونه تنجيزيا أنه تعلق بالفعل و لها تعلق صلوحي قديم و هو صلاحيتها فى الأزل للإيجاد و الإعدام فهي صالحة فى الأزل لان توجد زيدا طويلا أو قصيرا و التعلق التنجيزي مختص بالحال الذي عليه زيد
Sifat yang ke tujuh yang wajib bagi Allah ta'ala adalah sifat Qudroh/Kuasa yaitu sifat bagi Allah ta'ala yang azali , yang ada , yang berdiri dengan dzatnya Allah ta'ala , yang mampu dengannya mewujudkan/mengadakan sesuatu yang mungkin , yakni mengeluarkan sesuatu tsb dari tiada menjadi ada , makna mampu dengannya(sifat qudroh) mewujudkan sesuatu yg mungkin adalah bahwa sesungguhnya berhasil dengan sebab sifat qudroh mewujudkan perkara yang mungkin , yakni mengeluarkannya dari tiada menjadi ada , maka berhubunglah (ta'alluq) sifat qudroh dengan sesuatu yang tidak ada maka sifat qudroh menjadi sebab dalam mengadakannya dan sifat qudroh ta'alluq (berhubungan) dengan sesuatu yang ada maka sifat qudroh menjadi sebab dalam mentiadakannya , ta'alluqnya sifat qudroh dengan sesuatu yang ada dan dengan sesuatu yang tidak ada diucapkan baginya (dinamakan) ta'alluq tanjiziy haadits , makna adanya ta'alluq itu tanjiziy adalah sesungguhnya ta'alluq itu ta'alluq (berhubung/sambung) dengan pekerjaan , sifat qudroh juga mempunyai ta'alluq (berhubungan) shuluhiy qodim yaitu pantasnya sifat qudroh pada azaliy bagi mewujudkan dan mentiadakan , maka kepantasan tersebut pantas pada azaliy bagi pengadaannya kepantasan tsb si zaid itu tinggi atau pendek , ta'alluq tanjiziy khusus dengan keadaan yang mana zaid ada padanya
و اعلم أن القدرة لا تتعلق إلا بالممكنات فلا تتعلق بالواجبات كذاته تعالى و صفاته و لا بالمستحيلات كالشريك له تعالى لأن شأن القدرة الإيجاد و الإعدام و ذاته تعالى موجودة و صفاته كذالك و إيجاد الموجود محال لما فيه من تحصيل الحاصل فلا تتعلق بوجوده تعالى و لا بإعدامه لأن إعدامه تعالى مستحيل لما يلزم عليه من الفساد و المستحيل معدوم فلا يمكن إعدامه
Dan ketahuilah bahwa sesungguhnya sifat Qudroh / Kuasa tidak ta'alluq (berhubung) kecuali dengan mumkinat/perkara jaiz/sesuatu yang mungkin , maka tidaklah sifat qudroh ta'alluq/berhubung dengan perkara wajib (perkara yang pasti adanya dan tidak menerima tiada) yaitu Dzat dan Sifat-sifat Allah ta'ala , dan juga tidak ta'alluq dengan perkara-perkara mustahil seperti sekutu bagi Allah ta'ala karena perkara qudroh adalah mewujudkan dan mentiadakan sedangkan Dzat Allah ta'ala maujud/Ada , sifat-sifat Allah juga begitu , sedangkan mewujudkan sesuatu yang maujud/ada adalah muhal karena didalamnya ada tahsilul hasil (menghasilkan perkara yang hasil) , maka tidaklah sifat qudroh ta'alluq dengan wujudnya Allah ta'ala dan juga tidak ta'alluq dengan mentiadakan Allah ta'ala karena mentiadakan Allah ta'ala adalah mustahil karena adanya sesuatu yang akan tetap atas i'dam/ mentiadakan Allah ta'ala yaitu kerusakan , perkara yang mustahil adalah perkara yang pasti tidak ada , maka tidaklah mungkin mentiadakan sesuatu yang tidak ada.
فإذا قال لك قائل هل الله قادر على أن يتخذ شريكا أو زوجة أو ولدا فلا تقل له هو قادر على ذالك لأن ذالك مستحيل و القدرة لا تتعلق به و لا تقل ليس بقادر لأنك تثبت له العجز و العجز عليه تعالى محال و إنما تقول هذا مستحيل و قدرته تعالى لا تتعلق بالمستحيل فتنبه لذالك فقدرته تعالى لا تتعلق إلا بالممكنات لا بالواجبات و لا بالمستحيلات
Maka jika ada seseorang bertanya kepadamu : Apakah Allah kuasa/mampu membuat untuk dirinya sekutu atau istri atau anak maka jangan kau katakan padanya "Allah kuasa/mampu atas itu" karena menciptakan untuk dirinya sekutu , istri atau anak adalah mustahil atas Allah , sedangkan sifat qudroh tidak ta'alluq dengan mustahil , dan jangan kau katakan padanya " Allah tidak kuasa/mampu atas itu" karena (jika kamu jawab dengan begitu) kamu menetapkan bagi Allah sifat 'ajz (lemah) sedangkan sifat 'ajz /lemah atas Allah adalah muhal/tidak mungkin , kamu hanya bisa mengatakan "ini adalah perkara mustahi , qudroh Allah ta'ala tidak ta'alluq/berhubung dengan mustahil" , maka ingatlah itu , maka sifat qudroh Allah ta'ala tidaklah ta'alluq/berhubung dengan kecuali dengan perkara-perkara yang mungkin , tidak ta'aluq dengan perkara-perkara wajib dan perkara-perkara mustahil
و اعلم أنه لا تأثير للقدرة فى الممكن و إنما التأثير لذاته تعالى و القدرة سبب فى التأثير قال ابن ذِكْرى رحمه الله تعالى و الفعل للذات بذى الصفات فمن اعتقد أن القدرة تؤثر فى الممكن بنفسها أو هي مع الذات كفر و العياذ بالله تعالى
Ketahuilah bahwa sesungguhnya tidak ada ta'tsir/pengaruh (labet:jawa) bagi qudroh pada mumkin , ta'tsir hanyalah milik Allah ta'ala , sedangkan qudroh adalah sebab pada ta'tsir , Ibnu Dzikro rahimahu Allah mengatakan : Fi'il/Perbuatan itu milik Dzat dengan sifat-sifat ini , maka barang siapa meyakini bahwa sesungguhnya sifat Qudroh menta'tsir pada mumkin dengan dirinya sendiri atau dia bersama Dzat maka ia kafir. Wal 'iyaadzu billahi ta'ala
و من ذالك تعلم تحريم قول العامة القدرة تتصرف لإيهامه أنها التي تتصرف بنفسها لا أنها سبب فى التصرف
Dan dari itu engkau mengetahui haramnya ucapan orang awam " Qudroh itu yang menjadikan" karena memberinya waham ucapan itu bahwa sesungguhnya qudroh itulah yang menjadikan dengan sendirinya , bukan qudroh itu adalah sebab dalam menjadikan
و محل حرمة هذا القول ما لم يقصد إسناد الفعل لها و إلا فيكفر
mahal/tempat haramnya ucapan ini (Qudroh itu yang menjadikan) adalah selama tidak dituju/bertujuan menyandarkan perbuatan kepada qudroh , jika menyandarkan perbuatan kepada qudroh maka ia kafir
(تنبيه) لا يقال القدرة واسطة و لا آلة خلافا لمن قال إنها
بمنزلة القلم للكاتب و لله المثل الأعلى
(Peringatan) Tidaklan diucapkan " Sifat Qudroh itu perantara dan tidak pula diucapkan ""Sifat qudroh itu alat" , berbeda dengan pendapatnya orang yang mengatakan " Sesungguhnya sifat qudroh itu sebagaimana pensil/bolpoint bagi penulis , Dan bagi Allah sifat-sifat yang Luhur
و الدليل على ثبوت القدرة له تعالى وجود العالم
Dalil/yang menunjukkan atas tetapnya sifat Qudroh bagi Allah ta'ala adalah adanya alam semesta
و تركيبه أن تقول لو انتفت عنه القدرة لكان عاجزا و لو كان
عاجزا لم يوجد شيئ من العالم و عدم وجود شيئ من العالم محال لمخالفة الحسّ والعيان فبطل ما أدى إليه و هو اتصافه تعالى بالعجز فثبت نقيضه و هو اتصافه تعالى بالقدرة
Susunannya dalil begini dapat engkau ucapkan "Jika tiada dari Allah sifat qudroh/kuasa maka Allah Dzat yang lemah , jika Allah dzat yang lemah maka tidaklah wujud sesuatu dari alam semesta ini , padahal tiada wujud/adanya sesuatu dari alam semesta adalah perkara muhal karena menyelisihi hissi/perasaan dan 'iyan/kenyataan , maka batallah apa yang menjadikan/menyampaikan kepada muhal/mustahil , yaitu persifatan Allah dengan al-'ajz/lemah , maka tetaplah kebalikannya lemah yaitu persifatannya Allah ta'ala dengan sifat qudroh/kuasa
و إذا ثبت له تعالى القدرة استحال عليه العجز الذي هو ضد
القدرة
dan jika telah tetap bagi Allah ta'ala sifat Qudroh maka mustahil atasNya sifat al-'ajzu (apes :jawa) yang mana sifat apes/lemah adalah lawannya sifat qudroh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar