Kenapa Janazah Harus Dimandikan Sebelum Dishalati
PERTANYAAN :
Se Sajend
Ndere' tanglet bwt para masyayikh2 yg ada dsni :
1.m0h0n penjelasanya tentang alasan KNP si mayit harus d sucikan dulu sblum d sholati,,
2.ato mungkin ada qoul yg memb0lehkan sholat ketika si mayit belum
disucikan,, ma'af ne maksudnya bukan d krnakan ada udzur,, seperti mati
syahid, kebakaran, ato tertimpa bangunan,, dll
3.apakah karna
ksucian si mayit,, yg menyebabkan sambung gak nya suatu amalan,,?
M0nggo,, qlo tenggo pencerahanipun,, ampun supe rujuk_an kitabe nggeh,,,
JAWABAN :
Masaji Antoro
Semua ulama Madzhab arba’ah (Hanafi, Maliki, hambali dan syafi’i)
sepakat bahwa memandikan mayat hukumnya Fardhu Kifaayah, hanya saja
memang ada di kalangan sebagian dari Madzhab Maliki yang menghukuminya
sunah namun yang pendapat yang mashur dikalangan Madzhab tersebut
hukumnya juga Fardhu Kifaayah
Untuk menjawab pertanyaan di atas mohon koreksinya,,,,
1.Karena demikianlah yang MANQUUL (di nuqil) dari Nabi Muhammad SAW
sehingga bila janazah tidak memungkinkan di mandikanpun semisal adanya
janazah dalam kubangan yang sulit di keluarkanuntuk dimandikan maka
mayit juga tidak boleh di sholati, misalkan ada air tapi cuma sedikit
yang pilihannya hanya cukup untuk di pakai wudhunya orang yang hendak
mensholati mayat atau memandikan mayat, maka yang di utamakan airnya
untuk memandikan mayatnya, berbeda saat memang tidak di jumpai air atau
debu untuk mensucikan mayat, maka mayat boleh di sholati meski tanpa di
mandikan terlebih dahulu
2.Ada memang pendapat yang
memperbolehkan sholat janazah boleh dikerjakan tanpa dimandikan terlebih
dahulu yaitu pendapat Ibnu Jariir (dari kalangan Syafi'iyyah) namun
pendapat ini di tentang oleh kesepakatan para ulama lintas madzhab.
3.Pertanyaan yang ke tiga ana masih belum faham, tapi bila yang di
maksud masih berhubungan dengan masalah memandikan ana kira sudah
terjawab, Alasan kenapa harus di mandikan :
a. Yang diajarkan
oleh Nabi Muhammad SAWb. Sholat untuk janazah syaratnya seperti halnya
sholat seseorang untuk dirinya sendiri ( sebagaimana seseorang yang
tidak di perkenankan sholat sebelum bersuci, janazahpun demikian tidak
diperkenankan di sholati sebelum dia disucikan/di mandikan)
c. Memberi kesempatan ibadah pada kita
d. Membersihkan mayat......(maaf kalau salah penafsiran pertanyaan….)
والمقصود من الغسل التعبد بفعلنا له بدليل أنه لو مات عقب اغتساله بالماء
يجب غسله وأنا لو عجزنا عن طهارته بالماء وجب تيممه مع أنه لا نظافة فيه
"Tujuan di wajibkannya memandikan mayat Adalah memberikan kesempatan
beribadah pada kita dengan dalih bila seseorang meninggal padahal usai
mandi dengan air wajib memandikannya bila tidak ada air wajib
mentayammuminya padahal karena habis mandi mestinya tidak ada manfaat
kebersihan padanya".
Nihaayah Azzain I/149 :
وشرط لصحتها
شروط غيرها من الصلوات وتقدم طهر الميت لأنه المنقول عن النبي صلى الله
عليه وسلم فلو تعذر كأن وقع في حفرة وتعذر إخراجه وطهره لم يصل عليه وتكره
الصلاة عليه قبل تكفينه لما فيه من الازدراء بالميت
Iqnaa’ I/202 :
( وشرط لها ) أي لصحة الصلاة على الميت شروط غيرها من الصلوات مما يتأتى
فيها و ( تقدم طهره ) أي الميت فلو تعذر كأن وقع في حفرة وتعذر إخراجه
وطهره لم يصل عليه ولو لم يوجد ماء ولا تراب صلي عليه فإن وجد كاف للميت أو
المصلي عليه تعين الميت
Nihayah azzain I/159 :
وَتَقَدَّمَ طُهْرُ الْمَيِّتِ كَمَا يَأْتِي ، وَقَوْلُ ابْنُ جَرِيرٍ
كَالشُّعَبِيِّ تَصِحُّ بِلَا طَهَارَةٍ رُدَّ بِأَنَّهُ خَارِقٌ
لِلْإِجْمَاعِ وَابْنُ جَرِيرٍ وَإِنْ عُدَّ مِنْ الشَّافِعِيَّةِ لَا
يُعَدُّ تَفَرُّدُهُ وَجْهًا لَهُمْ كَالْمُزَنِيِّ
Tuhfah al habiib XI/128 :
(قوله: تقدم طهره) نائب فاعل شرط.وذلك لانه المنقول عن النبي (ص).أي ولان
الصلاة على الميت كصلاة نفسه.وقول ابن جرير كالشعبي -تصح بلا طهارة رد بأنه
خارق للاجماع.
Hasyiyah I’aanah Atthoolibiin II/142 :
ويشترط لصحة الصلاة ) على الجنازة زائدا على ما تقدم في فصل صلاتها شرطان
أشار إلى أحدهما بقوله ( تقدم غسله ) أو تيممه بشرطه لأنه المنقول عن النبي
صلى الله عليه وسلم ولأن الصلاة على الميت كصلاة نفسه
-----------------------------------------------------------------------------------------------------
Catatan bercanda : Lha sng pasti sbb dah gk bisa mandi sndiri....he he
Tidak ada komentar:
Posting Komentar