PERTANYAAN :
> Rudeiy
Assalamu 'Alaikum. Poligami itu sekedar dianjurkan apa sampai pada nilai sunnah ya?
JAWABAN :
> Abdurrofik Ingin Ridlo Robby
Wa alaikumus salaam warohmatulloh. pada dasarnya hukum poligamy adalah
mubah sebagaimana firman Allah dalam surat An nisa' ayat 3:
" Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak)
perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah
wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Kemudian
jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang
saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih
dekat kepada tidak berbuat aniaya. "
Meskipun pada dasanya mubah, poligamy hukumnya juga bisa berubah menjadi
sunnah atau makruh bahkan bisa juga haram , hal ini berdasarkan keadaan
seseorang yang akan melakukan poligamy.
Jika seorang lelaki membutuhkan istri yang lain misalnya sebab sang
istri sakit sakitan, atau istrinya mandul padahal lelaki itu ingin punya
anak serta dia merasa mampu untuk berbuat adil kepada istri istrinya
maka poligamy hukumnya sunnah baginya,
sedangkan jika tujuan poligaminya bukan karena butuh tapi sekedar meraih
kenikmatan dan bersenang senang serta masih diragukan tentang adil dan
tidaknya terhadap para istri maka hukum poligamy baginya adalah makruh.
الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي
(4/ 35)
1ـ حكم تعد الزوجات:تعدد الزوجات مباح في أصله، قال تعالى: {وإن خفتم ألا
تقسطوا في اليتامى فانكحوا ما طاب لكم من النساء مثنى وثلاث ورباع}
[النساء: 3].
ومعنى الآية: إن خفتم إذا نكحتم اليتيمات أن لا تعدلوا في معاملتهن، فقد أبيح لكم أن تنكحوا غيرهن، مثنى وثلاث ورباع.
ولكن قد يطرأ على التعدد ما يجعله مندوبا، أو مكروها، أو محرما، وذلك تبعا لاعتبارات وأحوال تتعلق بالشخص الذي يريد تعدد الزوجات:
أـ فإذا كان الرجل بحاجة لزوجة أخرى: كأن كان لا تعفه زوجة واحدة، أو كانت
زوجته الأولى مريضة، أو عقيما، وهو يرغب بالولد، وغلب على ظنه أن يقدر على
العدل بينهما، كان هذا التعدد مندوبا، لأن فيه مصلحة مشروعة، وقد تزوج كثير
من الصحابة رضي الله عنهم بأكثر من زوجة واحدة.
ب ـ إذا كان التعدد لغير حاجة، وإنما لزيادة التنعم والترفيه، وشك في قدرته
على إقامة العدل بين زوجاته، فإن هذا التعدد يكون مكروها، لأنه لغير حاجة،
ولأنه ربما لحق بسببه ضرر في الزوجات من عدم قدرته على العدل بينهن.
wallohu a'lam bis showab.
LINK DISKUSI :
Artikel Terkait
- 3327. FIQIH MUNAKAHAT : HUKUM DARI ANAK HASIL PERSELINGKUHAN
- 3223. HIV / AIDS TERMASUK AIB NIKAH ?
- 3215. FIQIH NIKAH : ISTRI TIDAK DINAFKAHI LAHIR DAN BATIN SELAMA EMPAT TAHUN
- 3194. FIQIH SHOLAT : SHOLAT SUNNAH MALAM PENGANTIN
- 3193. FIQIH SHOLAT : SHOLAT SUNNAH SEBELUM AKAD NIKAH
- 3254. KHITBAH : TUKAR CINCIN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar