PERTANYAAN
> Yahya Dandux
Assalamu 'alaiku, mo nanya,apa perbedaan dhawaamul udzri antara sholat jama' taqdim dg dawaamul udzri pd sholat jama' ta'khir?
JAWABAN
> Ustadz Syarwani
Wa'alaykum slm.. Dawamul 'udzri pd jama' taqdim mksudnya adlh : udzur hrus tetap ada minimal sampai ke ujung takbiratul ihram shalat yg kedua,
Sdng dawamul 'udzri pd jama' ta'khir mksudnya adalah :udzur harus tetap
ada minimal sampai selesainya melaksanakan shalat yg kdua.
Jadi, jika udzur tsbut adalah prjalanan, Maka status ke #musafiran orng
yg musafir hrus tetap ad minimal smpai takbiratul ihram shalat 'ashar /
isya yg di jama' takdim dngn shalat dhuhur / maghrib.
Dan minimal status 'udzur trsbut hrus tetap ad smpai selesainya
melaksanakan shalat kdua semisal shalat isya/ 'ashar yg dikerjakan pd
jama' ta'khir yg mndahulukan shalat magrib / dhuhur.
TaqriratusSadidah hal 319 s/d 321 :
شروط جمع التقدیم سبعه - الی ان قال - سادسا دوام العذر الی تمام الاحرام
بالثانیه ای یستمر سفره "عذره" الی نهایه تکبیره الاحرام للصلاه الثانیه
فلو انقطع سفره قبل ذلک فلا یجوز له الجمع بل یصلی الثانیه فی وقتها - الی
ان قال - شروط جمع التاخیر اثنان - الی ان قال - ثانیا دوام العذر الی تمام
الصلاه الثانیه ای نهایتها فلو اقام فی اثنائها او قبلها صارت اداء و
الصلاه الاولی قضاء بدون اثم و لا کراهه
Jama' taqdim, jika seandainya sseorng sudah muqim dn belum melaksanakan
shalat yg kdua (smisal jama' taqdim magrib + isya, magrib nya udah di
kerjakan, isyanya blm di kerjakan tpi udzurnya udah hilang), atau tidak
brniat jama' taqdim pd saat melakukan shalat yg prtama, atau jeda waktu
antara dua shalat yg di jama' trlalu lama hingga memutus muwalat (krn
salah satu syarat jama' taqdim adlh muwalat antara shalat yg prtama dn
yg kdua), Maka shalat yg kdua wajib dilakukan pd waktunya juga, bukan di
waktu shalat yg prtama lagi, karena pada kondisi di atas trjadi
hilangnya salah satu syarat untuk mnjama' taqdim shalat. Tpi shalat
prtama tetap sah, tak prlu di ulang/ di qadha.
Kalau seandainya kdua shalat yg di jama' taqdim sudah di laksanakan, bru stelah itu udzurnya hilang, maka kdua shalat sah .
AnwarulMasalik hal 81 :
و اذا جمع تقدیما فشرطه - الی ان قال - و ان اقام بان انقطع سفره قبل شروعه
فی الثانیه او لم ینو الجمع فی الاولی او فرق بینهما کثیرا وجب تاخیر
الثانیه الی وقتها لفوت شرط الجمع و صحه الاولی و ان اقام بعد فراغهما مضتا
علی الصحه
Fokus :
و ان اقام بعد فراغهما مضتا علی الصحه
Untuk jama' ta'khir, sudah dijelaskan ibaroh taqritatussadidah di atas
[''falau aqama fi atsnaiha au qablaha sharat adaan, was shalatul ula
qadhaun, bi duni itsmin wala karahah''],
Yaitu, Jika s'andainya melaksanakan shalat jama' ta'khir smisal magrib +
isya, dan trnyata udzurnya hilang di pertengahan shalat yg kdua, atau
sblum melaksanakan shalat yg kdua, Maka status shalat yg kdua trsbut
adlh #adaan, sedang shalat yg prtama statusnya adlh#qadhaan, tidak makruh serta tidak brdosa.
Ibaroh itu untuk yg sudah brniat untuk mnjama' ta'khir pd waktu shalat
yg prtama, tpi udzurnya hilang di prtngahan / sblum slesai shalat yg
kdua.
Tpi Jika tidak brniat jama' ta'khir di waktu shalat yg prtama, maka ia
brdosa, dan status shalat yg prtama adlh qadhaan (krn ia telah
mngerjakan shalat tidak pd waktunya tanpa niat jama' ta'khir).
AnwarulMasalik hal 81 :
و اذا جمع تاخیرا - الی ان قال - فان لم ینوه ای جمع التاخیر اثم و کانت قضاء لاخراجها عن وقتها
Jika brmuqim / hilangnya 'udzur stlah kdua shalat jama' di kerjakan, maka kdua shalat trsbut brlalu atas sah.
Tujuan shalat jama' memang untuk melaksanakan shalat yg kdua di wktu
shalat yg prtama kang, atau sbaliknya, melaksanakan shalat yg prtama di
wktu yg kdua krn adanya 'udzur.
TaqriratusSadidah hal 320 - 321 :
ثالثا صلی الظهر و العصر او المغرب و العشاء جمع تقدیم ثم اقام فی اثناء
وقت الاولی قبل دخول وقت الثانیه فلا یجب علیه اعاده الصلاه الثانیه فی
وقتها
Seorng musafir yg sudah melakukan jama' taqdim dhuhur + 'ashar atau
maghrib + isya, kmudian trnyata dia muqim di waktu prtngahan shalat yg
prtama, sblum masuk wktu shalat yg kdua, Maka ia tidak wajib mengulang
shalat yg kdua di waktu shalat yg kdua trsbut.
[Smisal] orng yg musafir, dia sdh melakukan jama' taqdim magrib + isya
di prjalanannya (anggap saja jam 6.45), trnyata dia sudah muqim di waktu
maghrib juga (anggap saja 7.10 dn waktu isya msh blm masuk), maka ia
tidak wajib mengulangi shalat isyanya yg sudah di jama' nya tdi di waktu
isya trsbut.
ثانیا دخل وقت الاولی و هو مسافر و نوی جمع التاخیر ثم اقام قبل دخول وقت الثانیه فیجب علیه ان یصلی الاولی فی وقتها
Waktu shalat yg prtama sudah masuk, dan status seseorang ini adlh
musafir, ia pun niat untuk jama' ta'khir, Eh trnyata dia sudah muqim
sblum masuk waktu shalat yg kdua, (msih di waktu shalat prtama), maka ia
wajib shalat yg prtama di waktu yg prtama juga (krn waktu msih ad (blm
masuk shalat yg kdua).
Wallahu A'lam
LINK ASAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar