Assalammualaikum.... Pertanyaan titipan (akhi : Lebur Sekilan ). Jika
dengan menikah agama menjadi lebih sempurna, bagaimana dengan agamanya
janda/duda? Apakah agamanya jadi tidak sempurna lagi seperti saat belum
nikah? Dan apa maksud sebenarnya dari kata "menjadi sempurna"
itu? Terima kasih
JAWABAN :
> Ical Rizaldysantrialit
Wa'alaikum salam Wr wb. Rosulullah SAW bersabda
إِذَا تَزَوَّجَ الْعَبْدُ فَقَدِ اسْتَكْمَلَ نِصْفُ الدِّيْنِ فَلْيَتَّقِ اللهَ فِي النِّصْفِ الْبَاقِي
Jika seorang hamba (Allah Swt.) menikah, berarti telah menyempurnakan
separuh agama, maka hendaklah bertaqwa kepada Allah Swt. pada separuh
sisanya.” (HR Baihaqi).
Lihat bahwa di antara keutamaan menikah adalah untuk menyempurnakan
separuh agama dan kita tinggal menjaga diri dari separuhnya lagi. Kenapa
bisa dikatakan demikian? Para ulama menjelaskan bahwa yang umumnya
merusak agama seseorang adalah kemaluan dan perutnya. Kemaluan yang
mengantarkan pada zina, sedangkan perut bersifat serakah. Nikah berarti
membentengi diri dari salah satunya, yaitu zina dengan kemaluan. Itu
berarti dengan menikah separuh agama seorang pemuda telah terjaga, dan
sisanya, ia tinggal menjaga lisannya.
Al Mula 'Ali Al Qori rahimahullah dalam Mirqotul Mafatih Syarh Misykatul
Mashobih berkata bahwa sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam
"bertakwalah pada separuh yang lainnya", maksudnya adalah bertakwalah
pada sisa dari perkara agamanya. Di sini dijadikan menikah sebagai
separuhnya, ini menunjukkan dorongan yang sangat untuk menikah.
Al Ghozali rahimahullah (sebagaimana dinukil dalam kitab Mirqotul
Mafatih) berkata, "Umumnya yang merusak agama seseorang ada dua hal
yaitu kemaluan dan perutnya. Menikah berarti telah menjaga diri dari
salah satunya. Dengan nikah berarti seseorang membentengi diri dari
godaan syaithon, membentengi diri dari syahwat (yang menggejolak) dan
lebih menundukkan pandangan."
(حديث مرفوع) حَدِيثٌ : " مَنْ تَزَوَّجَ فَقَدْ أَحْرَزَ نِصْفَ دِينِهِ
فَلْيَتَّقِ اللَّهَ فِي النِّصْفِ الْبَاقِي " ، ابن الجوزي في العلل من
حديث مالك بن سليمان عن هياج بن بسطام عن خالد الحذاء عن يزيد بن الرقاشي
عن أنس به مرفوعا ، وقال : إنه لا يصح ، وهو عند الطبراني في الأوسط من
حديث عصمة بن المتوكل عن زافر بن سليمان عن إسرائيل بن يونس عن جابر عن
الرقاشي به بلفظ : فقد استكمل نصف الإيمان ، والباقي مثله ، وقال : لم يروه
عن عصمة إلا زافر ، ورواه البيهقي في الشعب من حديث الخليل بن مرة عن
الرقاشي ولفظه : إذا تزوج العبد فقد كمل نصف الدين فليتق اللَّه في النصف
الباقي . ومن حديث زهير بن محمد أخبرني عبد الرحمن بن زيد بن عقبة المدني
عن أنس مرفوعا بلفظ : من رزقه اللَّه امرأة صالحة فقد أعانه على شطر دينه ،
فليتق اللَّه في الشطر الباقي ، وكذا هو عند شيخه فيه الحاكم في مستدركه ،
وقال : إنه صحيح الإسناد ولم يخرجاه .
Ibnu Hajar alhaetami dalam Al-Ifshoh
الحديث السابع عشر
عن أنس رضي الله عنه عن النبي {صلى الله عليه وسلم} انه قال
اذا تزوج العبد فقد استكمل نصف الدين فليتق الله في النصف الباقي
واخرجه البيهقي عن الرقاشي بلفظ
اذا تزوج العبد كمل نصف الدين فليتق الله في النصف الباقي وأخرجه عن أنس
مرفوعا أيضا بلفظ ( من رزقه الله امرأة صالحة فقد أعانه على شطر دينه فليتق
الله في الشطر الباقي
واخرجه ابن الجوزي بلفظ
من تزوج فقد أحرز نصف دينه فليتق الله في النصف الثاني
وقوله انه لا يصح يحمل على انه لم يصح من الطريق التي ذكرها مطلقا لما علمت
وكما ان الحاكم منسوب إلى التساهل في التصحيح كذلك ابن الجوزي منسوب الى
التساهل في الحكم بالوضع ونحوه
وقد أخرجه الطبراني بلفظ
من تزوج فقد استكمل نصف الايمان فليتق الله في النصف الثاني
LINK ASAL
Artikel Terkait
- 3254. KHITBAH : TUKAR CINCIN
- 3238. NAFAQOH ORANG TUA KETIKA ANAKNYA TIDAK HANYA SATU
- 3327. FIQIH MUNAKAHAT : HUKUM DARI ANAK HASIL PERSELINGKUHAN
- 3223. HIV / AIDS TERMASUK AIB NIKAH ?
- 3331. FIQIH MUNAKAHAT : PERKARA YANG MEMBOLEHKAN SEORANG ISTERI MINTA CERAI (KHULU')
- 3309. LARANGAN SUAMI ATAS ISTERINYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar