Kamis, 31 Juli 2014

Kisah Madu Lebah

PERBEDAAN ULAMA' TENTANG TEMPAT KELUARNYA MADU DARI LEBAH
Dinukil dari kitab Bulugul Murod Syeh Husain Bin Sulaiman.
حكى الفورانى في العمدة خلافا في ان العسل هل يخرج من فم النحلة او دبرها , قال الزركاسى القول بانه يخرج من دبرها ضعيف لاصل له ابدا اه
Alfauroni dalam kita Al Umdah menceritakan ttg perbedaan ulama' apakah madu itu keluar dari mulutnya lebah ataukah dari duburnya ?
Az Zarkasy berkata bahwa pendapat yg mengatakan bahwa madu keluar dari duburnya lebah adalah pendapat yg lemah dan tdk berdasar sama sekali.
وفي الطبلاوى علي التبيان نقلا عن الايعاب العسل يخرج من فم النحلة علي الاصح الذي عليه الاكثر وبه جزم الشيخ ابو اسحق في نكته,
dan keterangan dari kitab AtTablawi alat Tibyan menukil dari kitab Al I'ab bahwa madu itu keluar dari mulutnya lebah menurut pendapat yg ashoh dari kebanyakan ulama', ini juga menjadi pendapatnya Syaikh Abu Ishaq dalam kitab Nukatnya.
ثم قيل انه من لعابها وذكر البطون في الاية لانها غشاؤه وجرى عليه الشيخ ايضا وقاسه علي الريق وتبعه الغزالي فقال في الاحياء انه تعالي استخرج من لعابها الشمع والعسل احدهما شفاء والاخر ضياء ,
kemudian dikatakan bahwa madu itu bersal dari air liurnya lebah sedangkan penyebutan perut dalam ayat disebabkan bahwa perut adalah tempat penyimpanannya, ini juga pendapatnya Syaikh dan beliau mengqiyaskannya dengan air ludah .
Iman Al Gazzali mengikuti pendapat ini beliau dalam kitab Al Ihya' bahwa sesungguhnya Allah ta'ala mengeluarkan lilin dan madu dari air liurnya, salah satunya sebagai obat dan yg lainnya sebagai penerang.
وقيل من بطونها لكنه استحال لصلاح كالمسك , وقيل يخرج من ثديين صغيرين تحت جناحها , وقيل يكاد لا يعرف لذلك حقيقة .
dikatakan bahwa madu berasal dari perutnya lebah tetapi telah berubah utk kebaikan, seperti minyak misk,
dikatakan bahwa madu keluar darikedua payudara lebah yg kecil dibawah sayapnya.
dan dikatakan bahwa hampir2 tdk diketahui haqikat hal tsb.
وروي ان سليمان عليه السلام اراد ان يعرف حقيقة ذالك فاتخذ آنية من زجاج وجعل فيها فلطخت وجه الانية بالطين . وروى ان العسل ينزل من السماء فينبت في اماكين فتاءتى النحل فتشربه فتاءتى الخلية فتلقيه في الشمع المهياء للعسل في الخلية
diriwayatkan sesungguhnya Nabi Sulaiman alaihis salaam ingin mengetahui hakekat keluarnya madu dari lebah , kemudian beliau membuat sebuah cawan dari kaca dan menempatkan lebah didalamnya, maka lebah tersebut mengotori cawan itu dengan tanah.
diriwayatkan bahwa sesungguhnya madu itu turun dari langit kemudian keluar di beberapa tempat, lebah mendatangi tempat itu dan meminum darinya, kemudian lebah mendatangi sarangnya dan meletakkan madu dalam lilin yg disediakan untk madu di dalam sarang lebah.
wallohu a'lam.
بلوغ المراد بفتح الجواد
 حسين بن سليمان الرشيدى

Terkait :

Suri tauladan dari Lebah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar