PERTANYAAN:
> Rejjal Benafief
Assalamualaikum... Mohon keikhlasan y untuk menjawab: Apakah disunahkan
jika seseorang melakukan qodho solat subuh pada siang hari,
mendahuluinya dengan adzan? Kalo ia Apakah Adzannya memakai sighot
(Assolaaatu khoirun minan naum)? Dan apakah solat qodho subuh pada siang
hari harus jahr (membaca keras)?, Tolong disertakan Ibaroh nya
terimakasih
JAWABAN:
> Muntaqy
Wa'alaikum salam wr.wb
1.ulama khilaf apakah adzan kesunahan yg mengikuti sholat fardlu atau mengikuti waktunya,
qoul yg unggul adalah yg pertama,sehingga tetap di sunnahkan adzan untuk sholat yg di qadla'.
2.tetap di sunnahkan.
3.tidak di sunnahkan mengeraskan bacaan
1. (لِمَكتوبَةٍ) ولو فائِتَةٍ دون غيرِها، كالسُّنَنِ وصلاةِ الجنازَةِ والمَنْذورَةِ.
..........................................................................................
(قوله: ولو فائتة) الغاية للرد على الجديد القائل بعدم سنية الأذان لها
لزوال الوقت. قال في المنهاج: ويقي للفائتة ولا يؤذن في الجديد. قلت:
القديم أظهر،
فتح المعين وحا شيته 257
2. ويثوب فى اذان الفائتة ايضا كما صرح به ابن عجيل اليمنى نظرا لاصله .
نها ية المحتاج 1 ص 409
3. والعبرة فى الفريضة المقضية بوقت القضاء لا بوقت الاداء.
تو شيح 52
> Abdur Rahman Assyafi'i
1. Adzan tetep disunahkan meski yg akan dilakukan adalah sholat qoho
سن اذان و اقامة لذكر و لو منفرد و ان سمع اذانا لمكتوبة و ان يؤذن للاولى من صلوات تواليات و يقيم لكل
.......................
قوله من صلوات توالت سواء كانت قضاء او اداء كالمجموعتين بالسفر او المطر
نهاية الزين ٩٥
3. Bacaan sholat qodho itu di sesuaikan dg waktu pekaksanaanya
و العبرة في القضاء الصلاة بوقت القضاء على المعتمد فيكهر في قضاء الظهر
ليلا و يسر في قضاء العشاء نهارا و مثل الليل وقت الصبح لانه وقت الجهر فلو
قضى صلاة الضحى ليلا او وقت صبح جهر
نهاية الزين ٦٣
Wallahu A'lam Bis-Shawab
LINK DISKUSI :
Artikel Terkait
- 3323. FIQIH SHOLAT : HUKUM BERMA'MUM KEPADA IMAM YANG BESER (SALISIL BAUL)
- 3322. FIQIH SOLAT : PERMASALAHAN SEPUTAR RUKUN PENDEK DAN RUKUN PANJANG
- 3321. FIQIH SHOLAT : HUKUM MENUNDA (MENGAKHIRKAN) SHOLAT FARDHU
- 3319. FIQIH SHOLAT : HUKUM SHOLAT 'IEDAIN (IDUL FITRI DAN ADHA) SECARA MUNFARID (SENDIRIAN)
- 3312. FIQIH SHOLAT : DAWAMUL UDZRI DALAM JAMA' TAQDIM DAN JAMA' TA'KHIR
- 3337. FIQIH SHOLAT : POSISI IMAM LEBIH TINGGI DARI MA'MUM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar