Soal: ustadz, mohon petunjuknya, ketika imam i'tidal membaca "Sami'allohu liman hamidah.." apakah makmum juga membaca "Sami'allahu liman hamidah" atau langsung membaca "Robbanaa lakal hamdu.."? Syukron.
(Pertanyaan dari: Yusuf, Surabaya)
Jawab: Para ulama' berbeda pendapat mengenai bacaan makmum ketika i'tidal, berikut penjelasannya:
1. Menurut pendapat Imam Abu Hanifah, Imam Malik, dan Imam Ahmad; makmum membaca "Robbanaa lakal hamdu.." setelah imam membaca "Sami'allahu liman hamidah". Pendapat ini juga diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud, Abu Hurairah, Asy-Sya'bi, Ats-tsauri, Auza'i, Abu Yusuf dan Ibnul Mundzir.
Diantara dalilnya adalah hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda;
إِنَّمَا جُعِلَ الإِمَامُ لِيُؤْتَمَّ
بِهِ، فَلاَ تَخْتَلِفُوا عَلَيْهِ، فَإِذَا رَكَعَ، فَارْكَعُوا، وَإِذَا
قَالَ: سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ، فَقُولُوا: رَبَّنَا لَكَ الحَمْدُ
"Dijadikannya Imam adalah untuk diikuti, maka janganlah kalian menyelisihnya. Jika ia rukuk maka rukuklah kalian, jika ia mengucapkan 'SAMI'ALLAHU LIMAN HAMIDAH' maka ucapkanlah, 'RABBANAA LAKAL HAMDU'." (Shahih Bukhari, no.722 dan Shahih Muslim, no.411)
2. Menurut pendapat madzhab Syafi'i makmum membaca setelah makmum juga membaca "Sami'allahu liman hamidah" setelah imam membaca "Sami'allahu liman hamidah". Pendapat ini juga dikemukakan oleh Atho', Abu Burdah, Muhammad bin Sirin dan Imam Dawud.
Ketetapan tersebut didasaran pada kemumuman sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam;
صَلُّوا كَمَا رَأَيْتُمُونِي أُصَلِّي
"Sholatlah kalian, sebagaimana kalian melihatku sholat." (Shahih Ibnu Hibban, no.1656)
Dari hadits diatas dipahami bahwa senua pebuatan dan ucapan Nabi ketika sholat maka makmum juga mengikuti, termasuk ketika beliau menjadi imam sholat, maka makmum juga mengikutinya.
Sedangkan menanggapi hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah diatas mereka menjelaskan bahwa Nabi memerintahkan para sahabat yang menjadi makmum untuk membaca "Robbanaa lakal hamdu.." setelah mendengar imam membaca "Sami'allahu liman hamidah" maksudnya bacalah "Robbanaa lakal hamdu.." setelah membaca "Sami'allahu liman hamidah", karena para sahabat sudah tahu bahwa ketika sholat mereka diperintahkan untuk mengikuti gerakan dan ucapan Nabi, termasuk dalam hal membaca "Sami'allahu liman hamidah", namun karena seringkali mereka tidak mendengar saat Nabi membaca "Robbanaa lakal hamdu.." sebab dibaca pelan, maka mereka diberi tahu untuk membaca "Robbanaa lakal hamdu.." dan tak perlu lagi diberi tahu untuk membaca "Sami'allahu liman hamidah".
Wallahu a'lam.
(Dijawab oleh: Siroj Munir)
Referensi:
1. Al-Majmu', juz 3 hal. 419
فرع: في مذاهب العلماء فيما يقال في
الاعتدال: قد ذكرنا أن مذهبنا أنه يقول في حال ارتفاعه سمع الله لمن حمده
فإذا استوى قائما قال ربنا لك الحمد إلى آخره وأنه يستحب الجمع بين هذين
الذكرين للإمام والمأموم والمنفرد وبهذا قال عطاء وأبو بردة ومحمد بن سيرين
واسحق وداود وقال أبو حنيفة يقول الإمام والمنفرد سمع الله لمن حمده فقط
المأموم ربنا لك الحمد فقط حكاه ابن المنذر عن ابن مسعود وأبي هريرة
والشعبي ومالك وأحمد قال وبه أقول وقال الثوري والأوزاعي وأبو يوسف ومحمد
وأحمد يجمع الإمام الذكرين ويقتصر المأموم على ربنا لك الحمد واحتج لهم
بحديث أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال " إذا
قال الإمام سمع الله لمن حمده فقولوا ربنا لك الحمد " رواه البخاري ومسلم
وعن أنس عن النبي صلى الله عليه وسلم مثله رواه البخاري ومسلم وراه مسلم
أيضا من رواية أبي موسى
2. Asnal Matholib, juz 1 hal. 158
ويستحب) له (أن يرفع يديه كما سبق) في
تكبير الإحرام (حين يرفع رأسه) من الركوع بأن يكون ابتداء رفعهما مع ابتداء
رفعه (قائلا) في ارتفاعه للاعتدال (سمع الله لمن حمده) للاتباع رواه
الشيخان مع خبر «صلوا كما رأيتموني أصلي» وسواء في ذلك الإمام وغيره وأما
خبر «إذا قال سمع الله لمن حمده فقولوا ربنا لك الحمد» فمعناه قولوا ذلك مع
ما علمتموه من سمع الله لمن حمده لعلمهم بقوله «صلوا كما رأيتموني أصلي»
مع قاعدة التأسي به مطلقا. وإنما خص ربنا لك الحمد بالذكر لأنهم كانوا لا
يسمعونه غالبا ويسمعون سمع الله لمن حمده
Tidak ada komentar:
Posting Komentar