Do'a mando'akan orang Bersin Ketika Sholat
assalamualaikum wr wb saya mo tanya Bolehkah kita mengucapkan : "alhamdulillah" saat bersin dalam
assalamualaikum wr wb saya mo tanya Bolehkah kita mengucapkan : "alhamdulillah" saat bersin dalam
shalat ? terimkasih wassalamualaikum wr wb
JAWABAN
> Mas Hamzah
hukumnya sunnah mengucapkan alhamdulillah ketika bersin saat solat dan bacanya sekira dirinya sendiri bisa mendengarkan.
Pad kita tuhfah ibnu hajar :
ويسن لمصل عطس أو سلم عليه أن يحمد بحيث يسمع نفسه وأن يرد السلام بالإشارة
باليد أو بالرأس ثم بعد سلامه منها باللفظ وبحث ندب تشميت مصل عطس وحمد
جهرا
> Abdur Rahman As safi'i
Dlm kitab Bughyatul Mustarsyidin karya Sayyid Abdurrahman bin Muhammad
bin Husain bin Umar Al-Masyhur ba’lawy halaman 45 diterangkan
مسئلة ش( عطس في الصلاة سن له ان يحمد سرا ولو في اثناء الفاتحة لكنها تنقطع بذلك فيعيدها)
Orang yang bersin pada saat melaksanakan shalat tetap disunnahkan
baginya untuk membaca hamdalah, namun membacanya dengan cara sirri
(suara pelan, tidak dengan suara keras) sekalipun disaat tengah membaca
surat Al-fatihah. Namun, bacaan fatihah tersebut dianggap terputus
sehingga diharuskan untuk mengulang kembali dari awal bacaan fatihah
tersebut.
Untk yg jwbi bersinnya
و من الكلام المبطل تشميت العاطس فاذا شمت المصلى عاطسا بحضرته بطلت صلاته
بشرط ان يقول له " يرحمك الله " بكاف الخطاباما اذا قال له " يرحمه الله "
او " يرحمنا الله " فان صلاته لا تبطل بذلك عندالشافعية والحنابلة اما
المالكية و الحنفية بطلت صلاته الفقه على المذاهب الاربعه ١/٢٧٥
Dan termasuk sebagian dari perkataan yg membatalkan sholat adalah
mendoakan orang yg bersin.Apabila ada seseorang yg sedang sholat
kemudian ia mendoakan kepada orang yg bersin dihadapannya maka batalah
sholatnya dengdn syarat ucapan do'anya adalah yarkhamukalloh dgn memakai
huruf kaf mukhotob (bermakna kamu) adapun jika menggunakan lafadz
yarhamuhulloh atau yarkhamunaalloh menurut imam syafi'i dan hambali
tidak batal.Tetapi menurut imam malik dan imam khanafi batal
> Pusara Ditengah Laut
ﻣﺴﺄﻟﺔﺇﺫﺍ ﻋﻄﺲ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﺣﻤﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺑﻠﺴﺎﻧﻪﻭﺃﺳﻤﻊ ﺑﻪ ﻧﻔﺴﻪ ﺫﻛﺮﻩ ﻓﻲ ﺍﻟﺮﻭﺿﺔ
ﻓﻲ ﺁﺧﺮﺍﻟﺴﻴﺮ ﻟﻜﻦ ﺻﺮﺡ ﺍﻟﻐﺰﺍﻟﻲ---ﻓﻲ ﺍﻹﺣﻴﺎﺀ ﺑﺄﻧﻪ ﻳﺤﻤﺪ ﻓﻲ ﻧﻔﺴﻪ ﻭﻻ ﻳﺤﺮﻙﻟﺴﺎﻧﻪ
ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ : ﺧﺒﺎﻳﺎ ﺍﻟﺰﻭﺍﻳﺎ ـ ﻟﻠﺰﺭﻛﺸﻰ
juz 1 sof 9
LINK ASAL
https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/789565111066299/?refid=18
Artikel Terkait
- 3334. FIQIH SHOLAT : HUKUM SHOLAT BERJAMA'AH HANYA BERDUA DENGAN NON MAHROM
- 3323. FIQIH SHOLAT : HUKUM BERMA'MUM KEPADA IMAM YANG BESER (SALISIL BAUL)
- 3322. FIQIH SOLAT : PERMASALAHAN SEPUTAR RUKUN PENDEK DAN RUKUN PANJANG
- 3375. MAKNA SHOLAWAT DARI ALLAH, MALAIKAT DAN UMMAT
- 3373. HUKUM BERDZIKIR BAGI ORANG YANG TIDAK DALAM KEADAAN SUCI
- 3364. FIQIH PUASA : DO'A KETIKA BERBUKA PUASA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar