PERTANYAAN :
Haidir Malakat
Assalaamu'alaikum...sah ga sholat berjamaahnya kalo imamnya bisu makmumnya sama-sama bisu ?
JAWABAN :
Mbah Jenggot II
Ditafsil...ibarot sama2 shorih tinggal pilih mau pake yang mana.
وفي شرح م ر : وعلم منه عدم صحة اقتداء أخرس بأخرس ولو عجز إمامه في أثناء صلاته عن القراءة لخرس لزمه مفارقته ، بخلاف ما لو عجز عن القيام لأن اقتداء القائم بالقاعد صحيح ولا كذلك القارئ بالأخرس قاله البغوي في فتاويه ، فلو لم يعلم بخرسه حتى فرغ من صلاته أعاد لأن حدوث الخرس نادر بخلاف طرو الحدث .ا هـ .
Ambil intinya saja ya:orang Bisu tidak sah makmum pada bisu. Cek lagi di Bujayrmy Khotib.Hal 143 versi syamilah.
وفى نهاية المحتاج : عدم صحة اقتداء أخرس بأخرس ولو عجز إمامه فى أثناء صلاته عن القراءة لخرس لزمه مفارقته بخلاف ما لو عجز عن القيام لأن اقتداءه القائم بالقاعد صحيح ولا كذلك القارئ بالأخرس قاله البغوى فى فتاويه فلو لم يعلم بخرسه حتى فرغ من صلاته أعاد لأن حدوث الخرس نادر بخلاف طرو الحدث
ibarot senada bisa di temukan juga di :
نهاية المحتاج إلى شرح المنهاج وحاشية الشبراملسى عليه ج 1 ص 434 طبع مطبعة مصطفى البابى الحلبى بمصر سنى 1357 هـ ومغنى المحتاج للخطيب الشربينى ج 1 ص 154
Adi Tia
Boleh Dan sah sholat Nya ini ta'bir Nya :
ورابعها: اى من الإمامة ( من لا تصح إمامته الا لمثله الخ قوله : ( الا لمثله ) اى يقينا ، ومنه اقتداء أخرس بأخرس أصليين ، فإن كان احدهما أصليا دون الاخر صح اقتداء الاصلى بالطارئ دون عكسه . وان كان عارضين لم يصح اقتداء احدهما بالآخر على المعتمد ؛ لان كلا يحسن مالايخسنه الاخر .
( حاشية الشرقاوي ص ٥٢٣ )
Pembagian imamah YG ke 4. Adalah orang YG tidak sah keimamam nya kecuali pada orang YG sama sperti Nya ( WANITA sama WANITA bodoh sma2 bodoh dll). YG DI maqsud kecuali semanya yaitu secara yaqin.)Dan termasuk imamah YG tidak sah kecuali pada YG sama adalah orang bisu berma'mum pada orang bisu juga YG sama2 Asli ( mulai sejak lahir .) Dan apa bila salah satu Nya Asli Dan YG lain tidak maka boleh ikut pada YG tidak Asli kebisuan Nya ( org YG Asli bisu ikut pada orang YG bisu tidak Asli ) tidak boleh / tidak sah jika DI balik ( org bisu Asli YG jadi imam . Ada apa bila sama2 baru datang kebisuan Nya maka tidal sah imamah Nya Krn bisa Saja YG satu Nya lebih Baik Dari YG lain . [ hasyiah syarqowi Hal 523 ]. Walloohu a'lam
JAWABAN :
Mbah Jenggot II
Ditafsil...ibarot sama2 shorih tinggal pilih mau pake yang mana.
وفي شرح م ر : وعلم منه عدم صحة اقتداء أخرس بأخرس ولو عجز إمامه في أثناء صلاته عن القراءة لخرس لزمه مفارقته ، بخلاف ما لو عجز عن القيام لأن اقتداء القائم بالقاعد صحيح ولا كذلك القارئ بالأخرس قاله البغوي في فتاويه ، فلو لم يعلم بخرسه حتى فرغ من صلاته أعاد لأن حدوث الخرس نادر بخلاف طرو الحدث .ا هـ .
Ambil intinya saja ya:orang Bisu tidak sah makmum pada bisu. Cek lagi di Bujayrmy Khotib.Hal 143 versi syamilah.
وفى نهاية المحتاج : عدم صحة اقتداء أخرس بأخرس ولو عجز إمامه فى أثناء صلاته عن القراءة لخرس لزمه مفارقته بخلاف ما لو عجز عن القيام لأن اقتداءه القائم بالقاعد صحيح ولا كذلك القارئ بالأخرس قاله البغوى فى فتاويه فلو لم يعلم بخرسه حتى فرغ من صلاته أعاد لأن حدوث الخرس نادر بخلاف طرو الحدث
ibarot senada bisa di temukan juga di :
نهاية المحتاج إلى شرح المنهاج وحاشية الشبراملسى عليه ج 1 ص 434 طبع مطبعة مصطفى البابى الحلبى بمصر سنى 1357 هـ ومغنى المحتاج للخطيب الشربينى ج 1 ص 154
Adi Tia
Boleh Dan sah sholat Nya ini ta'bir Nya :
ورابعها: اى من الإمامة ( من لا تصح إمامته الا لمثله الخ قوله : ( الا لمثله ) اى يقينا ، ومنه اقتداء أخرس بأخرس أصليين ، فإن كان احدهما أصليا دون الاخر صح اقتداء الاصلى بالطارئ دون عكسه . وان كان عارضين لم يصح اقتداء احدهما بالآخر على المعتمد ؛ لان كلا يحسن مالايخسنه الاخر .
( حاشية الشرقاوي ص ٥٢٣ )
Pembagian imamah YG ke 4. Adalah orang YG tidak sah keimamam nya kecuali pada orang YG sama sperti Nya ( WANITA sama WANITA bodoh sma2 bodoh dll). YG DI maqsud kecuali semanya yaitu secara yaqin.)Dan termasuk imamah YG tidak sah kecuali pada YG sama adalah orang bisu berma'mum pada orang bisu juga YG sama2 Asli ( mulai sejak lahir .) Dan apa bila salah satu Nya Asli Dan YG lain tidak maka boleh ikut pada YG tidak Asli kebisuan Nya ( org YG Asli bisu ikut pada orang YG bisu tidak Asli ) tidak boleh / tidak sah jika DI balik ( org bisu Asli YG jadi imam . Ada apa bila sama2 baru datang kebisuan Nya maka tidal sah imamah Nya Krn bisa Saja YG satu Nya lebih Baik Dari YG lain . [ hasyiah syarqowi Hal 523 ]. Walloohu a'lam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar