Rabu, 22 Januari 2014

Iman Ibnu Hajar

AL IMAM AL HAFIDZH IBNU HAJAR AL-ASQOLANI RA, 

Nama kecilnya Ahmad Bin Mahmud Bin Ahmad Bin Al-Asqolani, lahir 23-sya'ban 773 hijriah.

Oleh ahli Fiqih beliau di gelari Al-imam, Al-Alim, Al-Allamah, seorang Imam dan ilmuan yang luas ilmu pengetahuannya. para ahli Hadits menyebutnya dengan gelar Al-hafidzh,,seorang yang banyak menghafal dan sekaligusmemahami hadits Nabi SAW beserta sanad dan rijalul hadits nya.para ahli Qiraat menyebutnya dengan gelar Al- Khotimatul hufadz Al- Mubarrazin,,seorang penghafal qur'an yang sangat fasih,panutan para tokoh ilmu bacaAl qur,an Al-Azhim.Dan para ahli hukum islam memberinya gelar Al-Qudhdhah,,Al- Masyhurin,seorang penyuluh hukum dan perundang2an.

Ia banyak belajar ilmu pengetahuan dari para Ulam'2 besar di haramain, iskandariyah, aitul Magdizkota Ra-Malah, gazzah serta beberapa kota di yamman dan mesir. Guru2 Beliau diantaranya adlah :: Al- Qosim Bin Asakir, Afifudin An-Naisabury, Al-bulqiny, Sirajudin Al-Mulqin, Al Hafidz Al-iraqyIbnu Hajar sejak kecil sudah di kenal sebagai Ahli Hadits,,bahkan dalam Usia 9 th eliau sudahhafal Al-qur,an.

Ibnu Hajarlebih di kenal dengan sebutan kakeknya yaitu Al-Asqalani. Beliau banyak mengarang kitab2 besar ,, baik fiqih islam maupun kitab hadits, Di antara yang terbesar karyanya adalah kitab "BULUGHUL MARAM" YANG BANYAK DI TERJEMAHKAN KEDALAM BAHASA BAIK DI TIMUR MAUPUN DI BARAT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar