PERTANYAAN
Asyrorishesyecher Mania'ne AFc
Bagaimana hukumnya jika dalam sholat menelan ludah ? tolong jwaban nya
JAWABAN
Tidak batal jika ludahnya tak tercampur barang lain jika tercampur maka batal
مغني المحتاج (1/ 200)
( فلو كان بفمه سكرة )
فذابت
( فبلع ) بكسر اللام وحكي فتحها ( ذوبها ) بمص ونحوه لا بمضغ ( بطلت )
صلاته ( في الأصح ) لمنافاته للصلاة كما مر والثاني : لا تبطل لعدم المضغ
umpama dimulut orang sholat ada manisan dan ditelan cairan manisan
tersebut dengan sesapan tidak dengan mengunyah maka batal sholatnya
menurut pendapat yg ashoh
dan pendapat yg ke-2 sholatnya tidak batal karena tidak adanya mengunyah
-------------
الإقناع للشربيني (1/ 152)
( و )
التاسع ( الشرب ) وهو كالأكل فيما مر ومثل الشرب ابتلاع الريق المختلط بغيره إذ القاعدة أن كل ما أبطل الصوم أبطل الصلاة
yg ke 9 dari perkara yg membatalkan sholat adalah minum dan minum
hukumnya sama dengan makan sebagaimana keterangan yg telah
lewat,disamakan minum adalah menelan ludah yg bercampur dengan sesuatu
yg lain karena ada qoidah sesungguhnya setiap sesuatu yg membatalkan
puasa itu juga membatalkan sholat
الإقناع للشربيني (1/ 237)
ولا يضر وصول ريقه من معدنه جوفه أو وصول ذباب أو بعوض أو غبار طريق أو غربلة دقيق جوفه لعسر التحرز عنه
dan tidak masalah masuknya ludah kedalam perut atau kemasukan lalat atau
nyamuk atau hamburan debu dijalan atau hamburan tepung yg sampai
kedalam perut karena sulitnya untuk menjaga/menghindari hal tersebut
Shalatnya tdk batal asalkn ludahnya murni/ tdk bercampur dgn sesuatu
baik suci maupun najis dan belum keluar dari mulut walawpun masih ada di
bibir klw tdk demikian maka shalatnya batal. Menelan ludah yg masih ada
di lidah tdk membatalkan shalat walawpun lidahnya di keluarkan dari
mulut :
.لا
يفطر بريق طاهر صرف أى خالص ابتلعه من معدنه وهو جميع الفم ولو بعد جمعه
على الأصح____وخرج بالطاهر المتنجس___وبالصرف المختلط بطاهر آخر فيفطر من
ابتلع ريقا متغيرا بحمرة نحو تنبل وإن تعسر إزالتها أو بصبغ خيط فتله بفمه
وبمن معدنه ما إذا خرج من الفم لا على لسانه ولو إلى ظاهر الشفة ثم رده
بلسانه وابتلعه أو بل خيطا أو سواكا بريقه أو بماء فرده إلى فمه وعليه
رطوبة تنفصل وابتلعها فيفطر.
إعانة الطالبين ٢/٢٣١
و تبطل بمفطر وصل لجوفه وإن قل وأكل كثير سهوا وإن لم يبطل به الصوم.
إعانة الطالبين ١/٢٢٤
Artikel Terkait
- 3080. FIQIH SHALAT : SHALAT BERJAMA'AH DENGAN JIN
- 3079. FIQIH SHALAT : SEPUTAR QUNUT
- 3077. FIQIH SHALAT : MAKRUHNYA SHOLAT SUNNAH SETELAH IQAMAH DIKUMANDANGKAN
- 3075. SUNNAH MENUTUP TELINGA KETIKA ADZAN
- 3071. FIQIH SHALAT : TIADA DUA WITIR DALAM SEMALAM
- 3070. FIQIH SHALAT : TERINGAT KURANGNYA ROKAAT SETELAH SALAM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar