Jumat, 30 Mei 2014

Sorban

PERTANYAAN :
Maulidia Dia
Assalamualaikum warohmatulloh, Mohon pencerahanya, Laki laki di sunnahkan pakai sorban apa hikmahnya ?
JAWABAN :
> Ghufron Bkl 
Wa alaikumus salaam warohmatulloh, - shalat dengan pakai surban lebih baik dari pada shalat 70 roka'at dengan tanpa surban
: وفي بغية المسترشدين صحيفة 87 ما نصه :
وتحصل سنة العمامة بقلنسوة وغيرها وينبغي ضبط طولها وعرضها بعادة أمثاله والأفضل كونه بيضاء وبعذبة وأقلها أربعة أصابع وأكثرها ذراع وأوسطها شبر وسنية العمامة عامة ولا تنخرم بها المروءة مطلقا ، وورد صلاة بعمامة خير من سبعين ركعة بغير عمامة وإن لله ملائكة يستغفرون للابسي العمائم وورد أنه كان e يلبس قلنسوة بيضاء وفي رواية كان يلبس كمة بيضاء وهي القلنسوة .
وتسن العمامة للصلاة ولقصد التجمل للأحاديث الكثيرة فيها
Disunnatkan penggunaan sorban ketika sholat, dan bertujuan utk memperindah diri karena banyaknya hadits yg menyebutkan tentang ini.
واشتداد ضعف كثير منها يجبره كثرة طرقها وزعم وضع كثير منها تساهل كما هو عادة ابن الجوزي هنا والحاكم في التصحيح
Namun banyak juga yg melemahkan tentang hadist penggunaan sorban ini karena banyaknya jalur hadits, dan dugaan lemahnya hadits karena banyaknya TASAHUL, seperti kebiasaan Ibnu Jauzi, dan ImaM Hakim dalam mentashih. Dan diantara hadist hadis anjuran dalam memaki sorban ialah :
اعتموا تزدادوا حلما
" pakailah oleh kalian sorban, maka akan menambah kewibaan kepadamu ."
Tuhfatul Muhtaj .3/36
ركعتان بعمامة خير من سبعين ركعة بلا عمامة ) لأن الصلاة حضرة الملك والدخول إلى حضرة الملك بغير تجمل خلاف الأدب
( فر عن جابر ) وهو غريب  
" 2 Rakaat menggunakan sorban lebih baik dari 70 rokaat tanpa sorban."
bahkan Imam Munawi menyatakan hadist ini ghorib ( asing ).
Taysiir . 2/69
Sementara dalam kitab Fathul Qodir Imam Thoriq menyatakan hadist ini adalah dho'if
ثم إن فيه طارق بن عبد الرحمن أورده الذهبي في الضعفاء وقال : قال النسائي : ليس بقوي عن محمد بن عجلان ذكره البخاري في الضعفاء وقال الحاكم : سئ الحفظ ومن ثم قال السخاوي : هذا الحديث لا يثبت
Fathul Qodir. 4/49
- Adapun jika memang ada dari sekian haidst tentang penggunaan sorban ini ialah dho'if namun Imam Nawawi menjelaskan tentang kebolehan menggunakan hadist do'if, bahkan disunnatkan jika itu utk fadho'ilul 'amal, selama hadist itu tidak maudu' ( palsu ).
قال العلماء من المحدثين والفقهاء وغيرهم يجوز ويستحب العمل في الفضائل والترغيب والترهيب بالحديث الضعيف ما لم يكن موضوعا
Al-adzkar .36
Wallohu a'lam bis showab
LINK DISKUSI :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar