Selasa, 13 Mei 2014

SU'UL KHOTIMAH kitab Tadzkirotul Qurtubi


Dinukil dari kitab Tadzkirotul Qurtubi karya Imam Qurtuby.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
إِنَّ الْعَبْدَ لَيَعْمَلُ فِيمَا يَرَى النَّاسُ عَمَلَ أَهْلِ الْجَنَّةِ وَإِنَّهُ لَمِنْ أَهْلِ النَّارِ وَيَعْمَلُ فِيمَا يَرَى النَّاسُ
عَمَلَ أَهْلِ النَّارِ وَهُوَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ وَإِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِخَوَاتِيمِهَا
“Sungguh ada seorang hamba yang menurut pandangan orang banyak mengamalkan amalan penghuni surga, padahal dia sebenarnya adalah penghuni neraka. Sebaliknya ada seorang hamba yang menurut pandangan orang melakukan amalan-amalan penduduk neraka, padahal dia sebenarnya adalah penghuni surga. Sungguh setiap amalan itu dihitung dgn penutupannya.”
(HR. Al-Bukhari )
ويروى: أنه كان بمصر رجل ملتزم مسجداً للأذان والصلاة، وعليه بهاء العبادة وأنوار الطاعة، فرقي يوماً المنارة على عادته للأذان، وكان تحت المنارة دار لنصراني ذمي، فاطلع فيها فرأى ابنة صاحب الدار، فافتتن بها وترك الأذان، ونزل إليها ودخل الدار فقالت له: ما شأنك ما تريد؟ فقال: أنت أريد.
Diriwayatkan sesungguhnya didaerah Mesir ada seorang lelaki yg biasa di masjid utk melakukan adzan dan sholat, wibawa ibadah dan cahaya2 ketaatan terlihat padanya. suatu hari dian naik ke menara seperti biasanya utk melakukan adzan, dan dibawah menara ada rumahnya orang nasroni dzimmi (yg membayar pajak) kemudian lelaki tersebut melihat ke rumahnya nasroni dia melihat putri dari pemilik rumah. lalaki tersebut terpikat oleh anak perempuannya nasroni kemudian dia turun tdk jadi adzan dan malah mendatangi rumahnya perempuan tsb.
perempuan berkata : " apa yg kamu inginkan ?"
lelaki tsb menjawab : " aku menginginkan dirimu."
قالت: لماذا؟ قال لها: قد سلبت لي وأخذت بمجامع قلبي.
قالت: لا أجيبك إلى ريبة.
قال لها: أتزوجك.
قالت له: أنت مسلم وأنا نصرانية وأبي لا يزوجني منك قال لها: أتنصر.
قالت: إن فعلت أفعل.
فتنصر ليتزوجها، وأقام معها في الدار.
فلما كان في أثناء ذلك اليوم رقي إلى سطح كان في الدار فسقط منه فمات، فلا هو بدينه ولا هو بها.
فنعوذ بالله ثم نعوذ بالله من سوء العاقبة وسوء الخاتمة.
perempuan : " mengapa bisa begitu ?"
lelaki : " karena engkau telah merampas dan mengambil seluruh hatiku."
perempuan : " tapi aku masih ada keraguan."
lelaki : " aku akan menikahimu."
perempuan : " engkau seorang muslim dan aku nasroni, ayahku tdk akan menikahkanku padamu."
lelaki : " klo begitu aku akan masuk agama nasroni."
perempuan : "jika melakukannya maka aku akan menikahimu."
kemudia lelaki tsb masuk agama nasroni utk menikahi perempuan tsb dan tinggal dirumahnya. ketika tengah hari itu, lelaki tsb naik ke loteng yg ada dirumah perempuan tadi kemudian dia terjatuh dan meninggal dunia, maka tidklah dia meninggal dalam keadaan agama islam juga tdk meninggal setelah malam pertamanya.
na'udzu billah tsumma na'udzu billah dari su'ul khotimah.
# Perbanyak membaca doa " Yaa Muqollibal quluub tsabit qolbii 'alaa diinik."
عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُكْثِرُ أَنْ يَقُولَ يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ
قَلْبِي عَلَى دِينِكَ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ آمَنَّا بِكَ وَبِمَا جِئْتَ بِهِ فَهَلْ تَخَافُ عَلَيْنَا قَالَ نَعَمْ إِنَّ
الْقُلُوبَ بَيْنَ أُصْبُعَيْنِ مِنْ أَصَابِعِ اللَّهِ يُقَلِّبُهَا كَيْفَ يَشَاءُ
Dari Anas dia berkata; adalah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam terbiasa membaca do'a "YA MUQALLIBAL QULUUB TSABBIT QALBII 'ALAA DIINIKA (wahai Dzat yang membolak balikkan hati teguhkanlah hatiku berada di atas agamamu)." Kemudian aku pun bertanya, "Wahai Rasulullah, kami beriman kepadamu dan kepada apa yang Anda bawa. Lalu apakah Anda masih khawatir kepada kami?"
beliau menjawab: "Ya, karena sesungguhnya hati manusia berada di antara dua genggaman tangan Allah yang Dia bolak-balikkan menurut yang dikehendaki-Nya."
(HR. Turmudzi)
ويروى أن رجلاً أسيراً مسلماً، وكان حافظاً للقرآن، خص بخدمة راهبين، فحفظا منه آيات كثيرة لكثرة تلاوته فأسلم الرهبان وتنصر المسلم.
وقيل له: ارجع إلى دينك فلا حاجة لنا فيمن لم يحفظ دينه.
قال: لا أرجع إليه أبداً فقتل، وفي الخبر قصته، والحكايات كثيرة في هذا الباب نسأل الله السلامة والممات على الشهادة.
Dan diriwyatkan bahwa sesungguhnya seorang lelaki muslim menjadi tawanan perang, dia hafal alqur'an ketika menjadi tawanan dia ditugaskan khusus tk melayani dua orang rahib, kemudian dua rahib itu hafal darinya banyak ayat alqur'an karena seringnya lelaki muslim tsb membacanya, kemudian kedua rahib masuk islam dan lelaki muslim tsb malah masuk agama nasroni.
dikatakan kpd lelaki tsb : " kembalilah kpd agamamu, karena tdk ada kebutuhan bagi kami dari orang yg tdk menjaga agamanya."
lelaki tsb menjawab : " aku tdk akan kembali lg selamanya."
kemudian lelaki tsb di bunuh.
kisah dan hikayat2 seperti itu banyak sekali, kita memohon keselamatan kepada Allah dan memohon meninggal dalam keadaan syahid.
wallohu a'lam.
التذكرة بأحوال الموتى وأمور الآخرة
شمس الدين القرطبي (المتوفى: 671هـ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar