Jumat, 23 Mei 2014

Kisah taubatnya orang majusi

Kisah taubatnya orang majusi (kafir penyembah api) dan keluarganya berkat doa keturunan Rasululloh shollallohu alaihi wasallam.
Dinukil dari kitab At Tawwabiin karangan Imam Ibnu Qudamah al maqdisi.
أن رجلاً نام فرأى المصطفى صلى الله عليه وسلم وهو يقول له: امض إلى المجوسي الذي في بغداد وقل له: قد أجيبت الدعوة فلما أصبحت قلت: كيف أمضى إلى مجوسي?! فنمت الليلة الثانية فرأيت مثل ذلك ثم رأيت مثل ذلك في الليلة الثالثة فلما أصبحت تحملت إلى بغداد وأتيت المجوسي فوجدته في نعمة عريضة ودنيا واسعة
sesungguhnya ada seorang lelaki yg tidur dan bermimpi melihat Rasululloh shollallohu alaihi wasallam berkata kpdnya,
" pergilah ketempatnya orang majusi yg ada didaerah Bagdad, dan katakan padanya bahwa doa telah diijabah."
ketika pagihari aku berkata, " bagaimana aku bisa pergi ketempatnya orang majusi ?!
kemudian malam kedua aku tidur lagi dan bermimpi yg sama , kemudian malam ketiga juga sama, maka ketika pagi hari aku pergi ke Bagdad dan mendatangi orang majusi yg dimaksud, aku menemukan dia dalam kenikmatan yg banyak dan harta dunia yg luas.
فدخلت إليه وسلمت عليه وجلست فقال: ألك حاجة? فقلت نعم قال: تكلم قلت: في خلوة فانصرف الناس وبقي أصحابه فقلت:وهؤلاء فصرفهم وقال: قل قلت أنا رسول رسول الله صلى الله عليه وسلم إليك وهو يقول لك: قد أجيبت الدعوة فقال: أتعرفني? قلت: نعم قال: إني أنكر الإسلام وأنكر رسالة محمد عليه السلام قلت كذلك قلت وهو أرسلني إليك قال: أرسلك إلي? قلت: نعم قال: أشهد أن لا إله إلا الله وأن محمداً رسول الله.
kemudian aku masuk kepadanya, ku ucapkan salam kpdnya dan aku duduk.
majusi : " apakah engkau ada kebutuhan ?"
lelaki : " iya."
majusi: " bicaralah."
lelaki : " dalam tempat sepi saja."
kemudian orang2 pada pergi tinggal para sahabatnya saja.
lelaki : " dan mereka semua."
maka majusi menyuruh para temannya utk meninggalkan tempat tsb.
majusi : " katakanah."
lelaki : " aku adalah utusan dari Rasululloh shollallohu alaihi wasallam kepadamu dan beliau berkata kepadamu " doa telah dikabulkan."
majusi :" apakah kau tahu siapa aku ?"
lelaki: " iya."
majusi : " aku mengingkari agama islam, dan mengingkari risalahnya Muhammad alaihis salaam."
lelaki : " seperti itulah yg ku ucapkan, dan Rasul mengutusku kepadamu."
majusi : " dia mengutusmu kepadaku ?"
lelaki : " iya."
majusi : " aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah."
ثم دعا أصحابه وقال: قد كنت في ضلال وقد رجعت إلى الحق فمن أسلم فما في يديه له ومن لم يسلم فلينزع مما لي عنده فأسلم القوم إلا قليلاً ثم دعا ابنه فقال: يا بني إني كنت في ضلال وقد أسلمت فما أنت صانع? قال: يا أبت! أسلم فأسلم ثم دعا ابنته وقال: يا بنية! قد أسلمت وأسلم أخوك فإن أنت أسلمت فرقت بينكما فقالت: يا أبت! والله لقد كنت كارهة لاجتماعي به وأسلمت
kemudian dia memanggil teman2nya dan berkata,
" dulu aku berada dalam kesesatan dan aku telah kembali kepada kebenaran, maka barang siapa yg masuk islam maka apa yg ada di kedua tangannya adalah miliknya, dan barang siapa yg tdk mau masuk islam maka lepaskanlah kepunyaanku yg ada padanya."
maka orang2 pada masuk islam kecuali sedikit, kemudian dia memangil anak lelakinya dan berkata,
"wahai anakku, dulu aku berada dalam kesesatan dan sekarang aku telah masuk islam, apa yg akan kau lakukan ?"
anaknya berkata, " wahai ayahku, aku masuk islam."
kemudian dia memanggil anaknya yg perempuan dan berkata,
" wahai putriku, aku telah masuk islam, begitu juga saudara lelakimu, jika kamu juga masuk islam maka aku akan menceraikan diantara kalian berdua."
anak perempuan berkata, " wahai ayahku, demi Allah aku dulu tdk suka karena berkumpul dengannya dan aku masuk islam."
فقال لي: أتدري الدعوة التي أجيبت? قلت لا قال: لما زوجت ابنتي بولدي وصنعت له طعاماً ودعوت الناس كلهم فأجابوا لما خولني الله من الدنيا فلما أكل الناس تعبت فقلت للخادم: افرش لي حصيراً في أعلى الدار أنام شيئاً فطلعت وكان بجوارنا قوم أشراف فقراء فسمعت صبية وهي تقول لأمها: يا أماه! قد آذانا هذا المجوسي برائحة طعامه قال: فنزلت وحملت لهم طعاماً كثيراً ودنانير كثيرة وكسوة لكل من في الدار فقالت الواحدة: حشرك الله مع جدي! وقال الباقون: آمين! فتلك الدعوة التي أجيبت.
kemudian majusi yg telah masuk islam tadi berkata kepadaku (lelaki td), " apakah kau tahu doa apakah yg diijabah ?"
" tidak." jawabku.
dia berkata, " ketika aku menikahkan anak lelakiku dengan anak perempuanku dan aku membuatkan makanan utk pernikahan tsb maka aku mengundang orang2 semuanya dan mereka pada datang sebab Allah telah mengkaruniakan dunia kepadaku, ketika orang2 pada makan, aku merasa kepayahan dan aku berkata kepada seorang pembantu,
" bentangkanlah tikar untukku di atas rumah (lantai atas) aku mau tidur sebentar."
kemudian aku melihat , disekitar rumahku terdapat sekelompok asyrof (keturunan Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam) yg faqir2, dan aku mendengar ada seorang gadis kecil yg berkata,
" wahai ibu, bau makanan orang majusi ini telah menyakiti kita."
kemudian aku turun dan membawakan makanan, uang serta pakaian yg banyak utk setiap orang yg ada dirumah mereka, kemudian ada seorang perempuan yg berkata,
" semoga Allah mengumpulkanmu bersama kakekku !"
dan yg lainnya berkata, " aamiin...!"
Doa itulah yang di ijabah."
wallohu a'lam.
التوابين
ابن قدامة

Tidak ada komentar:

Posting Komentar