PERTANYAAN :
Abdussalam Arfan
Kenapa pada surat al-fath ayat 10, dibaca 'alayhullaha, Kenapa tidak 'alaihillaha ??
إِنَّ الَّذِينَ يُبَايِعُونَكَ إِنَّمَا يُبَايِعُونَ اللَّهَ يَدُ
اللَّهِ فَوْقَ أَيْدِيهِمْ ۚ فَمَنْ نَكَثَ فَإِنَّمَا يَنْكُثُ عَلَىٰ
نَفْسِهِ ۖ وَمَنْ أَوْفَىٰ بِمَا عَاهَدَ عَلَيْهُ اللَّهَ فَسَيُؤْتِيهِ
أَجْرًا عَظِيمًا
JAWABAN :
> Sunde Pati
Wa alaikumus salaam warohmatulloh, menurut Imam Hafs dan Imam Zuhri
huruf HA'' nya dibaca dlommah' dan yg lain berpendapat dibaca kasroh,
jadi bisa di baca ALAIHU maupun ALAIHI
المحرر الوجيز في تفسير الكتاب العزيز
(5/ 114)
بما عاهد عليه الله ) بالرفع على ان الله هو المعاهدوقرأ حفص عن عاصم ( عليه ) مضمومة الهاء وروي ذلك عن ابن ابي إسحاق
-------------
الجامع لأحكام القرآن
(16/ 268)
{وَمَنْ أَوْفَى بِمَا عَاهَدَ عَلَيْهُ اللَّهَ}
قيل في البيعة. وقيل في إيمانه. وقرأ حفص والزهري "عليه" بضم الهاء. وجرها الباقون.
Imam Hafs membaca ALAIHU dengan membaca dlommah HA' karena sebagai
wasilah untuk meng-agungkan /mentafkhim LAM jalalah (lafadz ALLAH), dan
dikatakan lagi bahwa lafadz ALAIHU (rofa' huruf HA') itu adalah
aslinya,,adapun jika dibaca ALAIHI (kasroh huruf HA') itu dikarenakan
untuk munasabah / serasi pada huruf YA'
البحر المديد
(7/ 191)
{ومَن أوفى بما عاهد عليه اللّهَ}يقال : وفيت بالعهد وأوفيت. وقرأ حفص بضم
الهاء من " عليه " توسُّلاً لتفخيم لام الجلالة ، وقيل : هو الأصل ، وإنما
كسر لمناسبة الياء. أي : ومَن وفَّى بعهده بالبيعة {فسيؤتيه أجراً عظيماً}
الجنة وما فيها
----------------
تفسير أبي السعود
(8/ 106)
ومن أوفى بما عاهد عليه الله بضم الهاء فإنه أبقى بعد حذف الواو توسلا بذلك
الى تفخيم لامن الجلالة وقرىء بكسرها أى ومن وفى بعهده فسيؤتيه أجرا عظيما
هو الجنة وقرىء بما عهد وقريء فسنؤتيه بنون العظمة
Wallohu a'lam bis showab
LINK DISKUSI :
https://www.facebook.com/notes/pustaka-ilmu-sunni-salafiyah-ktb-piss-ktb/3105-al-quran-mengapa-di-baca-alaihu-bukan-alaihi/772346746121469
Artikel Terkait
- 3065. LAHNUN DAN ALTSAGH
- 3060. FIQIH THOHAROH : MENSUCIKAN MUSHAF TERKENA DARAH ATAU NAJIS YANG LAINNYA
- 3053.AL-QUR'AN : MAKSUD MEMAKAI PERHIASAN KETIKA SHOLAT
- 2973. KATA "AMIN" DALAM SURAT AL-FATIHAH
- 2967. SHALAT : HUKUM MEMBACA AYAT AL QUR'AN SETELAH FATIHAH
- 2926. UKURAN PANJANG MAD BACAAN TAKBIRATUL IHROM SHALAT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar