Kamis, 15 Mei 2014

KISAH AJAIB DARI IMAM AS SYAFI'I (Kitab Irsyadul 'Ibad)


Dinukil dari kitab Irsyadul Ibad Syeh Zainuddin Al Malibary
وحكى إمامنا محمد بن إدريس الشافعي رضي الله عنه قال: رأيت بمكة نصرانياً يدعى بالأسقف، وهو يطوف بالكعبة، فقلت له: ما الذي رغبك عن دين آبائك؟ فقال: بدلت خيراً منه، قلت: فكيف كان ذلك؟ فحكى لي أنه ركب البحر. قال: فلما توسطنا فيه انكسرت المركب، فسلمت على لوح، فما زالت الأمواج تدافعني حتى رمتني في جزيرة من جزائر البحر فيها أشجار كثيرة، ولها أثمار أحلى من الشهد، وألين من الزبد، وفيها نهر جارٍ عذب.
imam kita Muhammad bin Idris as syafi'i - semoga Allah meridhoinya- menceritakan :
" aku melihat seorang nasroni yg terkenal dengan panggilan al asqof di Makah , saat itu dia sedang towaf. kemudian aku berkata kpdnya .
' apa yg menyebabkanmu membenci agama nenek moyangmu ?'
dia menjawab : ' aku menggantinya dengan agama yg lebih baik darinya.'
aku berkata : ' bagaimana bisa begitu ?'
kemudian dia bercerita padaku bahwa dia saat itu sedang berlayar dilautan.
kemudian dia berkata :
' ketika kami telah sampai ditengah lautan tiba2 perahunya pecah dan aku terselamatkan oleh sebuah papan. ombak lautan terus menerus membawaku hingga melemparkanku ke sebuah pulau yg terdapat bayak pohonya. pohon tersebut terdapat buah2annya yg rasanya lebih manis daripada madu dan lebih lembut daripada keju. dipulau tersebut jg terdapat sungai yg mengalirkan air yg tawar.'
قال: فقلت الحمد لله على ذلك آكل من هذا الثمر، وأشرب من هذا النهر حتى يأتي الله تعالى بالفرج، فلما ذهب النهار وجاء الليل خفت على نفسي من الدوابِّ، فعلوت شجرة ونمت على غصن، فلما كان في وسط الليل، وإذا بدابة على وجه الماء تسبِّح الله تعالى بلسان فصيح: لا اله إلا الله الغفار،محمد رسول الله النبي المختار.
lelaki tsb melanjutkan,
' kemudian aku berkata " segala puji bagi Allah terhadap ini semua"
aku memakan dari buah2 an dan minum dari sungai ini hingga Allah ta'ala mendatangkan kemudahan kpdku.
ketika siang telah berlalu dan datanglah waktu malam aku khawatir terhadap diriku sendiri dari hewan2 pengganggu, kemudian aku naik keatas sebuah pohon dan tidur di salah satu rantingnya.
ketika telah tengah malam, tiba2 ada seekor hewan dari arah lautan sambil membaca tasbih kepada Allah dengan lisan yg fasih , hewan tsb mengucapkan " laa ilaaha illalloh al ghoffaar, Muhammadur rosuululloh an nabiyyul mukhtaar."
(Tiada Tuhan yg berhak disembah selain Allah yg maha pengampun, Muhammad adalah utusan Allah seorang nabi yg terpilih)
فلما وصلت الدابة إلى البرّ إذا رأسها رأس نعامة ووجهها وجه إنسان، وقوائمها قوائم بعير، وذنبها ذنب سمكة، فخفت على نفسي الهلكة، فنزلت من الشجرة ووليت هارباً، فالتفتت إليّ وقالت: قف وإلا هلكت، فوقفت فقالت لي: ما دينك؟ فقلت النصرانية. فقالت: ويحك يا خاسر ارجع إلى الحنيفية. فإنك قد حللت بفناء قوم من مؤمني الجنّ لا ينجو منهم إلا مسلم،
ketika hewan tsb telah sampai di daratan tiba2 terlihat kepalanya adalah kepala burung onta, wajahnya wajah manusia, kakinya adalah kaki onta dan ekornya adalah ekor ikan.
karena aku takut akan celaka maka aku turun dari pohon dan melarikan diri.
dia menoleh kpdku dan berkata: " berhentilah, jk tidak maka engkau akan celaka."
kemudia aku berhenti.
dia berkata : " apa agamamu ?"
aku menjawab : " nasrani ."
dia berkata : " celakaah engkau wahai orang yg rugi, kembalilah ke agama yg di condongi (agama islam) karena sesunguhnya engkau sekarang sedang berada di tempatnya kaum jin mukmin dan mereka tdk akan menyelamatkan kecuali orang muslim."
فقلت: وكيف الإسلام؟ قالت: تشهد أن لا اله إلا الله وأنّ محمداً رسول الله فقلتها، ثم قالت الدابة: تريد المقام هنا أم الرجوع إلى أهلك؟ فقلت الرجوع إلى أهلي، فقالت: امكث مكانك حتى يجتاز بك مركب، فمكثت مكاني ونزلت الدابة في البحر، فما غابت عن عيني حتى مرّ مركب وركاب، فأشرت إليهم فحملوني فإذا في المركب اثنا عشر رجلاً كلهم نصارى، فأخبرتهم خبري وقصصت عليهم قصتي فأسلموا كلهم.
kemudian aku berkata : " bagaimana caranya masuk islam ?"
dia berkata : " engakau bersaksi bahwa tiadaTuhan selain Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah ."
kemudian aku mengucapkan kalimat tsb,
kemudian hewan tsb berkata : " engkau ingin menetap disini ataukah kembali ke keluargamu ?"
aku berkata : " aku ingin pulang ke keluagaku."
dia berkata : " kalo begitu tetaplah disini hingga ada kapal yg melewatimu."
kemudian aku diam ditempatku dan hewan tsb kembali ke lautan, dan tidaklah dia hilang dari pandanganku hingga lewatlah kapal beserta para penumpangnya.
aku memberikan isyarat kpd mereka dan merekapun membawaku kekapalnya.
di dalam kapal terdapat dua belas orang yg semuanya beragama nasroni, kemudian aku menceritakan kisahku kepada mereka dan akhirnya mereka semuanya masuk agama islam."
wallohu a'lam.
إرشاد العباد إلى سبيل الرشاد
للشيخ زين الدين المليبارى

Tidak ada komentar:

Posting Komentar