Minggu, 09 Februari 2014

Tafsir Surah Al-Ahzab ayat 56



Tafsir Surah Al-Ahzab ayat 56
Baru saja saya membaca kitab karya ulama terkemuka di zamannya, Syaikh Yusuf bin Ismail An-Nabhani yang berjudul Afdhalush Shalawaat 'Alaa Sayyidis Saadaat, sebuah kitab yang menerangkan keutamaan shalawat kepada Rasulullah. di dalamnya diterangkan tafsir atau penjelasan terhadap surah al-Ahzab ayat ke 56. Berikut penjelasannya dalam kitab tersebut:



 إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya:

"Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (Q.S. Al-Ahzab ayat 56)

Allamah Syamsuddin Al-Khatib berkata berikut: 
قال العلامة شمس الدين الخطيب {يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِي} أي محمد صلى الله عليه وسلم
Artinya:

"Allamah Syamsuddin al-Khatib berkata:  "Yushalluuna 'Alan Nabi artinya bahwa nabi yang dimaksud adalah nabi Muhammad shallallaahu 'alaihi wa sallam. 

Ibnu Abbas radhiyallaahu 'anhu berkata: 

قال ابن عباس أراد الحق سبحانه أن الله تعالى يرحم النبي والملائكة يدعون له والصلاة من الله الرحمة ومن الملائكة الاستغفار
 Artinya:

"Yang dimaksud oleh Allah adlah bahwa Dia mengasihi rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam, dan para malaikat memohonkannya untuk beliau.dan shalawat dari Allah merupakan Rahmat dan (shalawat) dari malaikat adalah istighfar (permohonan ampun).

Abu Aliyah berkata: 
وقال أبو العالية صلاة الله تعالى ثناؤه عليه عند الملائكة وصلاة الملائكة الدعاء


Artinya:

"Shalawat dari Allah merupakan pujan-Nya kepada rasulullah di sisi para malaikat sedangkan shalawatnya para malaikat merupakan doa."

Kemudian dilanjutkan lagi penjelasan dalam kitab Afdhalus Shalawat berikut ini: 

{يَا أّيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ} أي ادعوا له بالرحمة {وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً} أي حيوه بتحية الإسلام وأظهروا شرفه بكل ما تصل قدرتكم إليه من حسن متابعته وكثرة الثناء الحسن عليه والانقياد لأمره في كل ما يأْمر به والسلام عليه بألسنتكم وذكر في السلام المصدر للتأكيد ولم يذكره في الصلاة لأنها كانت مؤكدة بقوله تعالى إِنَّ الله وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِي

Artinya: 

"(Hai orang-orang yang beriman bershalawatlah kepadanya) maksudnya mohonkanlah rahmat Allah untuk Rasulullah."

(Wasallimuu tasliima: dan ucapkanlah salam penghormatan kepada beliau), maksudnya berilah penghormatan dengan penghormatan islam, dan tampakkanlah/rayakanlah keagungannya dengan segala kemampuanmu, dengan mengikutinya secara baik dan perbanyaklah menyanjung dengan sanjungan yang baik kepadanya, dan kuatkan diri untuk mengikuti perintahnya dalam setiap apa yang diperintahkannya dan ucapkanlah salam kepadanya dengan lisan-lisanmu 

disebutkan bahwa lafal salam merupakan masdar untuk penguatan, dan tidak disebutkan di dalam shalawat karena sesungguhnya salam itu telah dikuatkan dengan firman Allah "Innallaaha wa malaaikatahu yushalluuna 'alan nabi." 

وأقل الصلاة عليه صلى الله عليه وسلم اللهم صل على محمد وأكملها اللهم صل على محمد وعلى آل محمد كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم وبارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد

Artinya: 

"dan paling sedikitnya shalawat kepada Rasulullah adalah dengan membaca "Allaahumma shalli 'alaa Muhammad " Dan paling sempurnyanya adalah: 

اللهم صل على محمد وعلى آل محمد كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم وبارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد

Artinya: 

"Ya Allah,berswhalawatlah kepada Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah bershalawat kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. dan berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana engkau telah memberkahi Ibrahim dan atas keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Pemurah."

Dijelaskan lagi dalam kitab Afdhalus Shalawat berikut ini: 

وقال الإمام البيضاوي {إِنَّ الله وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِي} يعتنون بإظهار شرفه وتعظيم شأنه {يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ} اعتنوا أنتم أيضاً فإنكم أولى بذلك وقولوا اللهم صل على محمد {وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً} قولوا السلام عليك أيها النبي

Artinya:

"Imam Baidlawi berkata: (Sesungguhnya Allah dan MalaikatNya bershalawat kepada Nabi) maksudnya mereka memberikan perhatian dengan menampakkan keterhormatan serta memuliakan keberadaan beliau. 

(Hai orang-orang yang beriman bershalawatlah kalian kepadanya) artinya berikanlah perhatianmu kepadanya, karena sesuungguhnya kalian lebih berkewajiban terhadap yang demikian itu. dan ucapkanlah "Allaahumma shalli 'alaa muhammad" (Dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya) maksdunya, ucapkanlah "Assalaamu 'alaik aayyuhan nabiy" (Salam dilimpahkan kepadamu, wahai kanjeng nabi). 

وقيل وانقادوا لأوامره والآية تدل على وجوب الصلاة والسلام عليه صلى الله عليه وسلم في الجملة وقيل تجب الصلاة كلما جرى ذكره

Artinya:
"Dan ada ulama yang mengatakan bahwa maksudnya adalah "taatlah kamu kepada perintah-perintahnya. dan ayat ini menunjukkan kepada wajibnya shalawat dan salam kepada beliau secara global. Disebutkan "Diwajibkan untuk membaca shalawat setiap kali nama beliau disebutkan." 

وقال الشيخ رحمه الله قال الحافظ السخاوي قال ابن عبد البر أَجمع العلماء على أن الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم فرض على كل مؤمن بقوله تعالى يا أَيها الذين آمنوا صلوا عليه وسلموا تسليماً

Artinya:

"Syaikh Rahimahullah berkata, "Al-Hafidz As-Sakhawi telah berkata: Ibnu Abdul Barr telah berkata: Para ulama telah berijma' bahwa membaca shalawat kepada nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam merupakan fardhu atas setiap mukmin dengan berdasarkan pada firman Allah "Yaa ayyuhalladziina Aamanuu shalluu 'alaihi wa sallimuu tasliimaa."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar