Senin, 24 Februari 2014

Menapa sholat jenazah tdk ada rukuk dan sujudnya?

PERTANYAAN :
Assalamualaikum, mau tanya kenapa sholat jenazah tdk ada rukuk dan sujudnya ustadz dan ustadzah ?. makasih ta'bir dan penjelasannya.

JAWABAN :

حاشية الجمل على المنهج لشيخ الإسلام زكريا الأنصاري - (ج 3 / ص 727)قال الحافظ ابن حجر في فتح الباري وإنما لم يكن فيها ركوع ولا سجود لئلا يتوهم بعض الجهلة أنها عبادة للميت فيضل بذلك3

Berkata Al-Hafidh Ibnu Hajar dalam Fathul Baari, dan adapun tentang tidak adanya rukuk dan sujud dalam shalat jenazah adalah agar orang orang yang tidak berilmu tidak menyangka bahwa shalat jenazah itu suatu bentuk ibadah kepada mayit, maka ditutup sangkaan itu dengan tidak adanya rukuk dan sujud agar mereka tidak salah paham. [Hasyiyah Al-Jamal 'Alal Minhaj III / 727, translated by Ichsan Nafarin].

Wa'alaykumussalaam...wr.wb, afwan, ikut mnambahi keterangan:

SHOLAT JENAZAH TANPA WUDHU


    و أجمعت الأمة على تحريم الصلاة بغير طهارة من ماء أو تراب و لا فرق بين الصلاة المفروضة و النافلة و سجود التلاوة و الشكر و صلاة الجنازة إلا ما حكي عن الشعبي و محمد بن جرير الطبري من قولهما تجوز صلاة الجنازة بغير طهارة و هذا مذهب باطل و أجمعت الأمة على خلافه ~شرح مسلم للنووي ٣/١٠٣

Semua ulama sepakat bahwa haram shalat tanpa bersuci baik dgn air atau debu, dan tdk ada bedanya antara shalat wajib,shalat sunnah,sujud tilawah,sujud syukur dan shalat jenazahkecuali qaul yg diceritakan dari imam assya'bi dan muhammad ibn jarir at thabari bahwa keduanya memperbolehkan shalat jenazah dlm keadaan tdk suci ,dan ini adlh pendapat yg bathil yg berbeda dgn pendapat kebanyakan ulama. [syarh shahih muslim 3/103]

Ini alasan mereka berdua :

فهي صلاة شرعية يجب فيها طهارة الأعضاء و سترة العورة و استقبال القبلة و هو قول الكافة إلا أن الشعبي و إبن جرير الطبري فإنما قالا ليست صلاة شرعية و إنما دعاء و استغفار يجوز فعلها بغير طهارة هذا قول خرقا فيه الإجماع و خالفا فيه الكافة ~الحاوي الكبير ٣/٥٢

Imam as sya'bi dan ibn jarir at thabari mengatakan bahwa shalat jenazah bukanlah shalat syar'iyah(krn tdk ada ruku' dan sujudnya) dan ia hanyalah sebuah doa dan istighfar oleh krn itu boleh dilakukan meskipun tidak dlm keadaan suci. [Al hawi al kabir 3/52].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar