Kamis, 18 Juni 2015

Ramadhan bulan kesehatan

Selamat Datang Di Bulan Kesehatan
Rasulullah bersabda :

عن أبي هريرة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «اغزوا تغنموا وصوموا تصحوا وسافروا تستغنوا».

رواه الطبراني في الأوسط، ورجاله ثقات.

"Berperanglah maka kalian mendapatkan harta jarahan, berpuasalah maka kalian akan sehat, lakukanlah perjalanan(menjelajah) maka kalian akan tercukupi (rezeki) " (HR al Thabrani dalam al Ausath, perawinya terpercaya).

Berdasarkan hadis ini, jika kita berpuasa maka kita akan menjadi sehat. Maka bulan ini adalah bulan kesehatan, karena sebulan penuh umat Islam berpuasa.

Pernah membaca artikel dr. Muhammad dari RSI Surabaya, bahwa yang dimaksud menyehatkan karena perut dan organ di dalamnya akan 'istirahat bekerja'. Menurut ilmu medis kata beliau, makanan yang masuk ke dalam perut akan menghabiskan waktu 8 jam. Jadi selama 8 jam perut bekerja mengolah makanan. Kadang belum 8 jam sudah ditambah dengan makanan ringan dan minuman. Maka akan semakin berat beban kerja di dalan perut. Bahkan belum 8 jam seseorang akan makan siang dan makan malam. Hal ini terus terjadi tiap hari selama hampir 1 tahun.

Di bulan Ramadhan ini kerja perut diistirahatkan sejenak selama 1 bulan. Pada hakikatnya akan menambah kesehatan dan tidak mudah sakit. Semoga makin sehat dan panjang umur….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar