Rabu, 03 Juni 2015

Nikah : maksud mampu dalam nikah

Assalaamu alaikum. Yang dimaksud perintah menikah bagi laki-laki kalau sudah mampu maka bersegeralah menikah, yang dimaksud mampu dalam artian apa ?

JAWABAN :
Wa alaikumus salaam warohmatulloh. Maksud mampu dalam nikah adalah mampu untuk membayar mahar yang kontan dan menafkahi istri pada hari pernikahan dan malam harinya.

سبل السلام ٣/١٠٩
: .يا معشر الشباب من استطاع منكم الباءة فليتزوج فإنه أغض للبصر وأحصن للفرج ومن لم يستطع فعليه بالصوم فإنه له وجاء. متفق عليه____
و اختلف العلماء في المراد بالباءة والأصح أن المراد بها الجماع فتقديره : من استطاع منكم الجماع لقدرته على مؤنة النكاح فليتزوج.

الباجوري ٢/٩٢
و النكاح مستحب لمن يحتاج اليه بتوقانه للوطء و يجد أهبته كمهر و نفقة فإن فقد الأهبة لم يستحب له النكاح___ والمراد بالمهر الحال منه و بالنفقة نفقة يوم النكاح و ليلته وبالكسوة كسوة فصل التمكين____والباءة بالمد مؤن النكاح.


Imam Nawawi mengatakan bahwa para ulama berbeda pendapat mengenai maksud dari kata Ba'ah dalam hadits tersebut. Sebagian ulama mengatakan bahwa yang dimaksud Ba'ah di sini adalah maknanya secara bahasa, yaitu jima'. Jadi bunyi hadits tersebut menjadi, "Barangsiapa di antara kalian telah mampu berjima', hendaklah ia menikah. Barangsiapa belum mampu berjima', hendaklah ia berpuasa untuk menahan syahwat dan air maninya, sebagaimana tameng yang menahan serangan".
Jika yang dimaksud Ba'ah adalah jima', maka objek dari hadits tersebut adalah para pemuda yang memiliki hasrat yang besar terhadap lawan jenisnya.

Pendapat kedua mengatakan bahwa yang dimaksud Ba'ah adalah kemampuan seseorang untuk memberikan nafkah dan keperluan pernikahan. Jadi, bunyi haditsnya menjadi, "Barangsiapa di antara kalian telah mampu memberikan nafkah dan keperluan pernikahan, hendaklah ia menikah. Barangsiapa belum mampu memberikan nafkah dan keperluan pernikahan, hendaklah ia berpuasa untuk menahan syahwatnya". Lihat Kitab Al-Minhaj Syarah Shahih Muslim Juz 9 Halaman 173 :

الباة بلا مد والثالثة الباء بالمد بلا هاء والرابعة الباهة بهاءين بلا مد وأصلها في اللغة الجماع مشتقة من المباءة وهي المنزل ومنه مباءة الابل وهي مواطنها ثم قيل لعقد النكاح باءة لأن من تزوج امرأة بوأها منزلا واختلف العلماء في المراد بالباءة هنا على قولين يرجعان إلى معنى واحد أصحهما أن المراد معناها اللغوي وهو الجماع فتقديره من استطاع منكم الجماع لقدرته على مؤنه وهي مؤن النكاح فليتزوج ومن لم يستطع الجماع لعجزه عن مؤنه فعليه بالصوم ليدفع شهوته ويقطع شر منيه كما يقطعه الوجاء وعلى هذا القول وقع الخطاب مع الشبان الذين هم مظنه شهوة النساء ولا ينفكون عنها غالبا والقول الثاني أن المراد هنا بالباءة مؤن النكاح سميت باسم ما يلازمها وتقديره من استطاع منكم مؤن النكاح فليتزوج ومن لم يستطعها فليصم ليدفع شهوته والذي حمل القائلين بهذا على هذا أنهم قالوا قوله صلى الله عليه و سلم ومن لم يستطع فعليه بالصوم قالوا والعاجز عن الجماع لا يحتاج إلى الصوم لدفع الشهوة فوجب تأويل الباءة على المؤن وأجاب الأولون بما قدمناه في القول الأول وهو أن تقديره من لم يستطع الجماع لعجزه عن مؤنه وهو محتاج إلى الجماع فعليه بالصوم والله أعلم

Ba'ah secara bahasa berarti jima' (bersenggama), kemudian di pakai untuk menyatakan akad nikah dari mahar dan nafkah. LIHAT KITAB TAUDIHUL AHKAM MIN BULUGHUL MARAM BAB NIKAH HALAMAN 214 :

الباءة: فيه اربع لغات، المشهور منها هو المد وتاء التأنيث، والمعنى اللغوى للباءة: هو الجماع، ولكن المراد هنا مؤذن النكاح من المهر والنفقة. والمعنى: من استطاع منكم اسباب الجماع ومؤنه فليتزوج.

Wallohu a'lam bis showab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar