Senin, 16 Februari 2015

Ulama Hanabilah yang berpaham Aqidah Aswaja dan Mayoritas Bertashawuf

Pada tulisan sebelumnya, berisi fitnah kaum Hanabilah yang Mujassimah (Baca : Fitnah-Fitnah Ulama Hanabilah yang Mujassimah terhadap Ahlussunnah dan Umat Islam yang Awam). Hanabilah yang Mujassimah merupakan minoritas dikalangan Hanabilah yang berpaham sesat. Meskipun minoritas namun mereka gencar melakukan fitnah, bahkan melakukan usaha-usaha pembunuhan (Baca : Pembunuhan Ulama oleh Kaum Hanabilah yang Mujassimah).

Namun, sungguh banyak bahkan mayoritas Hanabilah sesungguhnya berpaham akidah Ahlu sunnah wal Jama’ah dan rata-rata mereka adalah shufiyyah (bertawassuf). Berikut kami akan tampilkan fakta sejarahnya:

    1. Syaikh Abdul Qadir al-Jailani al-Baghdadi.

Al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali dalam kitab adz-Dzail ‘ala Thabaqat al-Hanabilahnya mengatakan : “ Pemimpin para ‘arifin, dan penghulu ahli thariqah di masanya, pemilik maqam dan karomah dan ahwal yang ma’ruf “.[9]

    2. Utsman bin Marzuq bin Humaid al-Qurasyi.

Al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali dalam kitab adz-Dzail ‘ala Thabaqat al-Hanabilahnya mengatakan : “ Selesai pendidikan tarbiyah kaum muridin (shufiyyah) di Mesir. Beliau dan Abu Madyan berkumpul dengan syaikh Abdul Qadir al-Jailani, kemudian mendapatkan khirqah dari syaikh Abdul Qadir serta meriwayatkan beberapa riwayat darinya “.[10]

    3. Muhamamd bin hmad bin Abdullah al-Ba’labakki.

Al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali dalam kitab adz-Dzail ‘ala Thabaqat al-Hanabilahnya mengatakan : “ Beliau menggunakan pakaian tasawwuf dari syaikh Abdullah al-Baththayihi, sahabat syaikh Abdul Qadir al-Jailani “[11]

    4. Ahmad bin Ibrahim bin Mas’ud al-Hazzami.

Al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali dalam kitab adz-Dzail ‘ala Thabaqat al-Hanabilahnya mengatakan : “ Beliau seorang yang zuhud, patut dicontoh dan arif billah. Ayahnya seorang pemimpin thariqah Ahmadiyyah. Syaikh Taqiyyuddin Ibnu Taimiyyah begitu menghormatinya hingga mengatakan bahwa syaikh Ahmad bin Ibrahim adalah imam Junaid di masanya “.[12]

    5. Abdullah bin Ahmad bin Quddamah.

Al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali dalam kitab adz-Dzail ‘ala Thabaqat al-Hanabilahnya mengatakan : “ Beliau sempat bermukim (mondok) di Madrasah syaikh Abdul Qadir al-Jailani dalam masa yang sebentar “.[13]

    6. Junaid bin Muhammad al-Junaid.

Al-Hafidz Ibnu Katsir mengatakan : “ Beliau masyhur bersahabat dengan Haris al-Muhasibi dan pamannya Sirri as-Saqathi. Dan beliau merutinkan ibadah, hingga Allah membukankan baginya ilmu-ilmu yang banyak sebab ibadahnya. Beliau berbicara dengan thariqah shufiyyah “.[14]

Al-Qadhi Abul Husain mengatakan :

ما احذنا التصوف عن القيل والقال ولكن عن الحوع وترك الدنيا وقطع المألوفات المحتحسنات

“ Kami tidak mengambil ilmu tasawwuf dari banyaknya bicara, akan tetapi dengan rasa lapar, meninggalkan dunia dan memutus segala hal yang enak dan lezat “[15]

    7. Ma’ruf al-Khurkhi.

Al-Qadhi Abul Husain mengatakan : “ Beliau salah satu dari ahli shufi yang masyhur dengan zuhud dan meninggalkan dunia, banyak didatangi oleh orang shalih dan beliau selalu diambil berkahnya oleh orang-orang arif saat berjumpa “[16]

    8. Muhammad Abdullah bin Umar al-Muqri ash-Shufi.

Al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali dalam kitab adz-Dzail ‘ala Thabaqat al-Hanabilahnya mengatakan : “ Beliau mengambil dan memakai khirqah dari as-Sahruwardi “[17]

    9. Abul Qasim bin Yusuf al-Hawari.

Al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali dalam kitab adz-Dzail ‘ala Thabaqat al-Hanabilahnya mengatakan : “ Beliau adalah seorang shufi yang zuhud lagi masyhur, pemiliki Zawiyah di Hawari. Beliau memiliki banyak murid dan pengikut dari berbagai daerah “[18]

    10. Abu Imran al-Hanbali.

Al-Qadhi Abul Husain mengatakan : “ Beliau seorang shufi dan menuqil suatu riwayat dari imam kita (Ahmad bin Hanbal) “.[19]

    11. Ahmad bin Ali al-Muqri al-Hanbali.

Al-Qadhi Abul Husain mengatakan : “ Beliau seorang shufi yang yang beradab, ayah dari al-Khathtab al-Baghdadi “[20]

    12. Abdullah bin Muhammad al-Anshori.

Al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali dalam kitab adz-Dzail ‘ala Thabaqat al-Hanabilahnya mengatakan : “ Beliau seorang hafidz, seorang shufi, penasehat, syaikh Islam..beliau seorang ahli ibadah, zuhud, memiliki ahwal dan karomah “[21]

    13. Ali bin Aqil bin Muhammad al-Baghdadi.

Al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali dalam kitab adz-Dzail ‘ala Thabaqat al-Hanabilahnya mengatakan : “ Guruku dalam ilmu adab Tasawwuf adalah Abu Manshur dan aku memuji guruku dengan zuhud dan berakhlak dengan akhlak para shufiyyah masa lalu “[22]

    14. Abdul Aziz bin Abul Qasim al-Babashri.

Al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali dalam kitab adz-Dzail ‘ala Thabaqat al-Hanabilahnya mengatakan : “ Beliau seorang ahli fiqih yang shufi “.[23]

    15. Muhammad bin Abdullah al-Baghdadi.

Al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali dalam kitab adz-Dzail ‘ala Thabaqat al-Hanabilahnya mengatakan : “ Beliau seorang ahli hadits yang shufi, memakai khirqah tasawwuf dari as-Sahruwardi “.[24]

    16. Muhammad bin Muslim Abu Abdillah ash-Shali.

Al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali dalam kitab adz-Dzail ‘ala Thabaqat al-Hanabilahnya mengatakan : “ Beliau seorang ahli fiqih, shalih dan zuhud. Dan beliau seorang aqdhi yang adil, beliaulah yang telah mencegah dan melarang Ibnu Taimiyyah dari berfatwa tentang masalah thalaq dan selainnya dari masalah-masalah yang bertentangan dengan madzhab imam Ahmad bin Hanbal “.[25]

    17. Ibrahim bin Abdul Wahhab al-Baghdadi.

Ibnu Humaid al-Hanbali berkata : “ Beliau selalu rutin menghadiri perkumpulan-perkumpulan dan menghadiri majlis tasawwuf “.[26]

    18. Ahmad bin Abdul Aziz bin Najjar al-Fattuhi.

Ibnu Humaid al-Hanbali berkata : “ Di awal umurnya beliau mengingkari kaum shufiyyah dan ketika berkumpul dengan sayyid Ali al-Khawaash dan lainnya, maka beliau tunduk dan percaya dengan mereka. Setelah itu beliau merasa sangat menyesal karena sejak awal umurnya tidak berkumpulo dengan kaum shufiyyah. Kemudian beliau mendapatkan futuh dalam thariqahnya dan memiliki kaysf yang agung sebelum wafatnya “.[27]

    19. Ahmad bin Abdullah al-Ba’li.

Ibnu Humaid al-Hanbali berkata : “ Beliau mengambil tahriqah al-Kholwatiyyah dari ustadz Muhammad bin Isa al-Kannani al-Hanbali “[28]

    20. Hasan bin Umar asy-Syatha ad-Dimasyqi.

Ibnu Humaid al-Hanbali berkata : “ Beliau memiliki bagian sempurna dari ilmu tasawwuf, banyak beribadah, dzikir dan wirid. Dan memiliki kitab Maulid Nabi “[29]

    21. Abdul Baqi al-Hanbali.

Ibnu Humaid al-Hanbali berkata : “ Beliau mengambil thariqah shufiyyah dari anak pamannya dan ditalqin olehnya “.[30]

Dan masih banyak lagi ratusan ulama Hanabilah yang ahli tasawwuf yang tidak kami cantumkan di sini. Mereka semua adalah mayoritas ahli shufi yang beraqidahkan Ahlus sunnah wal Jama’ah bukan berakidahkan mujassimah.

Abu Muhammad bin Tamim al-Hanbali mengatakan : “ Imam Ahmad bin Hanbal sangat mengangungkan kaum shufiyyah dan menghormati mereka, beliau pernah ditanya tentang ahli shufi yang suka duduk di masjid, maka beliau menjawab, “ mereka punya ilmu, duduk lah bersama mereka “. [31]

Al-Qadhi Abul Husain al-Hanbali berkata, Abu Dzar bercerita : “ Sewaktu aku bersama Abul Fath al-Qawaas al-Hanbali ash-Shufi, beliau mengambil kitab dari tempatnya dan membukanya tiba-tiba melihat ada kotoran tikus di dalam kitabnya tersebut. Maka al-Qawaas berdoa buruk kepada tikus yang mengotori kitab beliau tersebut. Maka seketika itu tiba-tiba jatuhlah tikus dari atap rumahnya, tikus itu kejang-kejang kemudian mati “.[32]

Al-Hafidz adz-Dzahabi bercerita : “ Abu Ar-Rabi’ bin Salim al-Hafidz berkata, “ Ketika waktu wafatnya Abu Muhammad bin Ubaidillah, kota Mesir sedang dilanda paceklik, maka ketika janazah beliau diletakkan di samping kuburan, orang-orang bertawassul dan beristighatsah dengan beliau, maka malam harinya turunlah hujan deras. Dan tidaklah orang-orang befziarah ke makam beliau selama seminggu, kecuali berjalan dengan tanah yang becek “.[33]

[9] adz-Dzail ‘ala Thabaqat al-Hanabilah, Ibnu Rajab al-Hanbali : 1/290
[10] adz-Dzail ‘ala Thabaqat al-Hanabilah, Ibnu Rajab al-Hanbali : 1/306
[11] adz-Dzail ‘ala Thabaqat al-Hanabilah, Ibnu Rajab al-Hanbali : 2/269
[12] adz-Dzail ‘ala Thabaqat al-Hanabilah, Ibnu Rajab al-Hanbali : 2/358
[13] adz-Dzail ‘ala Thabaqat al-Hanabilah, Ibnu Rajab al-Hanbali : 2/133
[14] Tarikh Ibnu Katsir : 11/113
[15] Thabaqat al-Hanabilah : 1/128
[16] Thabaqat al-Hanabilah : 1/381
[17] adz-Dzail ‘ala Thabaqat al-Hanabilah, Ibnu Rajab al-Hanbali : 2/353
[18] adz-Dzail ‘ala Thabaqat al-Hanabilah, Ibnu Rajab al-Hanbali : 2/277
[19] Thabaqat al-Hanabilah : 1/425
[20] Thabaqat al-Hanabilah : 1/45
[21] adz-Dzail ‘ala Thabaqat al-Hanabilah, Ibnu Rajab al-Hanbali : 1/50
[22] adz-Dzail ‘ala Thabaqat al-Hanabilah, Ibnu Rajab al-Hanbali : 1/144
[23] adz-Dzail ‘ala Thabaqat al-Hanabilah, Ibnu Rajab al-Hanbali : 2/338
[24] adz-Dzail ‘ala Thabaqat al-Hanabilah, Ibnu Rajab al-Hanbali : 2/535
[25] adz-Dzail ‘ala Thabaqat al-Hanabilah, Ibnu Rajab al-Hanbali : 2/380
[26] As-Suhub al-Wabilah, Ibnu Humaid : 1/45
[27] As-Suhub al-Wabilah, Ibnu Humaid : 1/159
[28] As-Suhub al-Wabilah, Ibnu Humaid : 1/174
[29] As-Suhub al-Wabilah, Ibnu Humaid : 1/361
[30] As-Suhub al-Wabilah, Ibnu Humaid : 2/439
[31] Thabaqat al-Hanabilah : 2/279
[32] Thabaqat al-Hanabilah : 2/143
[33] Tadzkirah al-Huffadz, adz-Dzahabi : 4/1371

Terkait :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar