من تشبه بقوم فهو منهم
menurut kebanyakan orang selalu identik suatu pelarangan, seakan hanya ditujukan pada hal yang tidak baik, seperti halnya valentin, natal, tahun baru dan lain-lain. bukan seperti mengikuti tingkah laku para nabi, para ulama, kaum sholihin dan lain-lain.
Pertanyaan :
a. sebenarnya apa makna hadits tersebut?
b. apakah hadits tersebut mengandung larangan dan/atau perintah?
c. da apa saja batasan-batasan dikatakan tasyabbuh, dalam i'tikad (kepercayaan), fashion, model pemikiran, gaya bicara dan lain sebagainya?
BERIKUT SEDIKIT RINCIAN TASYABBUH dengan ORANG KAFIR
Bila penyerupaan (TASYABBUH) nya dengan tujuan meniru orang kafir untuk turut menyemarakkan kekafirannya maka hukumnya menjadi kafir.
Bila penyerupaan (TASYABBUH) nya dengan tujuan hanya meniru tanpa disertai untuk turut menyemarakkan kekafirannya hukumnya tidak kafir namun berdosa.
Bila TASYABBUH nya tidak sengaja meniru sama sekali tetapi sekedar menjalani sesuatu yang kebetulan sama dengan mereka maka tidak haram tetapi makruh.
(مسألة : ي)
حاصل ما ذكره العلماء في التزيي بزي الكفار أنه إما أن يتزيا بزيهم ميلاً إلى دينهم وقاصداً التشبه بهم في شعائر الكفر ، أو يمشي معهم إلى متعبداتهم فيكفر بذلك فيهما ، وإما أن لا يقصد كذلك بل يقصد التشبه بهم في شعائر العيد أو التوصل إلى معاملة جائزة معهم فيأثم ، وإما أن يتفق له من غير قصد فيكره كشد الرداء في الصلاة
Kesimpulan dari pernyataan ulama tentang berbusana dengan menyerupai orang-orang kafir adalah jika dalam berbusana dengan mereka itu karena adanya rasa suka kepada agama mereka dan bertujuan untuk bisa serupa dengan mereka dalam syiar-syiar kafir atau agar bisa bepergian bersama mereka ketempat-tempat peribadatan mereka maka dalam dua hal diatas dia menjadi kafir, namun jika tidak bertujuan semacam itu yakni hanya bisa sekedar menyerupai mereka dalam syiar-syiar hari raya atau sebagai media agar bisa bermuamalah berhubungan dengan mereka dalam hal-hal yang diperkenankan maka ia berdosa (tidak sampai kafir, red), atau ia setuju dengan busana orang kafir tanpa suatu tujuan apapun maka hukumnya makruh seperti mengikat selendang dalam shalat.Bughyah al-Mustarsyidiin I/529
فَالْحَاصِلُ أَنَّهُ إِنْ فَعَلَ ذَلِكَ بِقَصْدِ التَّشَبُّهِ بِهِمْ فِي شِعَارِ الْكُفْرِ كَفَرَ قَطْعاً أَوْ فِي شِعَارِ الْعِيْدِ مَعَ قَطْعِ النَّظَرِ عَنِ الْكُفْرِ لَمْ يَكْفُرْ، وَلَكِنَّهُ يَأْثَمُ وَإِنْ لَمْ يَقْصِدِ التَّشَبُّهَ بِهِمْ أَصْلاً وَرَأْساً فَلاَ شَيْءَ عَلَيْهِ
"Ketika berpakaian (tingkah laku) menyerupai orang kafir, untuk syi’ar kekafirannya maka ia kafir dengan pasti ….s/d … seandainya tidak bertujuan menyerupai mereka sama sekali tidak apa-apa baginya tetapi itu makruh".قَالَ الشَّيْخُ أَبُوْ مُحَمَّدٍ بْنُ أَبِي حَمْزَةَ نَفَعَ اللهُ مَا مُلَخَّصُهُ ظَاهِرًا لِلَفْظِ الزَّجْرِ عَنِ التَّشَبُّهِ فِي كُلِّ شَيْئٍ، كَذَا عُرِفَ مِنَ اْلأَدِلَّةِ اْلأُخْرَى أَنَّ الْمُرَادَ التَّشَبُّهُ فِي الزِّيِّ وَبَعْضِ الصِّفَاتِ وَنَحْوِهَا لاَ التَّشَبُّهُ فِي أُمُوْرِ الْخَيْرِ.
"Syekh Abu Muhammad bin Abi Hamzah berkata menurut dhoirnya lafadz adalah melarang menyerupai pada setiap sesuatu (dari kafir) begitu juga dalil-dalil lain mengatakan. Maksudnya menyerupai (orang-orang kafir yang dihukumi haram) adalah menyerupai dalam pakaian, hiasan, sifat-sifatnya dan sesamanya bukan menyerupai dalam urusan kebaikan".(fathul barri X/ 273)Bukan dilarang... seakan hanya sbg dalil ats hal yg dilarang bkn diarahkn sbg motivasi tasyabbuh yg baik. apakah hanya mengarah kpd pelarangan, bukn mengarah pd sbuah motivasi kbaikn.
contoh tasyabuha itu saja termasuk pakaian, motor, mobil, interbet itu kan produk non muslim apa harus haram, kita saja berdagang boleh kok, seperti sembelihannya ahlul kitab ..
A.barang siapa menyerupai suatu golongan maka dia sama spertinya
B.bisa mengandung larangan apabila tasabbuh dg kmaksiatan.bisa berarti printah apabila tasabbuh dg kebaikan
C.tasabbuh tingkah laku apabila menyerupai golongan tsb.tasabbuh pakaian yg d gunakn sm sprtnya ... penyerupaan terhadap suatu golongan.
ﻭﻋﻨﻪ ( : ﺃﻱ ﻋﻦ ﺍﺑﻦ ﻋﻤﺮ ) ﻗﺎﻝ : ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ - ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ -) ﻣﻦ ﺗﺸﺒﻪ ﺑﻘﻮﻡ( : ﺃﻱ ﻣﻦ ﺷﺒﻪ ﻧﻔﺴﻪ ﺑﺎﻟﻜﻔﺎﺭ ﻣﺜﻼ ﻓﻲ ﺍﻟﻠﺒﺎﺱ ﻭﻏﻴﺮﻩ ، ﺃﻭ ﺑﺎﻟﻔﺴﺎﻕ ﺃﻭ ﺍﻟﻔﺠﺎﺭ ﺃﻭ ﺑﺄﻫﻞ ﺍﻟﺘﺼﻮﻑ ﻭﺍﻟﺼﻠﺤﺎﺀ ﺍﻷﺑﺮﺍﺭ .) ﻓﻬﻮ ﻣﻨﻬﻢ( : ﺃﻱ ﻓﻲ ﺍﻹﺛﻢ ﻭﺍﻟﺨﻴﺮ)
ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻤﻨﺎﻭﻱ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻓﻲ ( ﻓﻴﺾ ﺍﻟﻘﺪﻳﺮ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﺠﺎﻣﻊﺍﻟﺼﻐﻴﺮ) 6/135( ﻣﻦ ﺗﺸﺒﻪ ﺑﻘﻮﻡ) ﺃﻱ ﺗﺰﻳﺎ ﻓﻲ ﻇﺎﻫﺮﻩ ﺑﺰﻳﻬﻢ ﻭﻓﻲ ﺗﻌﺮﻓﻪﺑﻔﻌﻠﻬﻢ ﻭﻓﻲ ﺗﺨﻠﻘﻪ ﺑﺨﻠﻘﻬﻢ ﻭﺳﺎﺭ ﺑﺴﻴﺮﺗﻬﻢ ﻭﻫﺪﻳﻬﻢ ﻓﻲﻣﻠﺒﺴﻬﻢ ﻭﺑﻌﺾ ﺃﻓﻌﺎﻟﻬﻢ ﺃﻱ ﻭﻛﺎﻥ ﺍﻟﺘﺸﺒﻪ ﺑﺤﻖ ﻗﺪ ﻃﺎﺑﻖﻓﻴﻪ ﺍﻟﻈﺎﻫﺮ ﺍﻟﺒﺎﻃﻦ ( ﻓﻬﻮ ﻣﻨﻬﻢ) ﻭﻗﻴﻞ ﺍﻟﻤﻌﻨﻰ ﻣﻦ ﺗﺸﺒﻪﺑﺎﻟﺼﺎﻟﺤﻴﻦ ﻭﻫﻮ ﻣﻦ ﺃﺗﺒﺎﻋﻬﻢ ﻳﻜﺮﻡ ﻛﻤﺎ ﻳﻜﺮﻣﻮﻥ ﻭﻣﻦ ﺗﺸﺒﻪﺑﺎﻟﻔﺴﺎﻕ ﻳﻬﺎﻥ ﻭﻳﺨﺬﻝ ﻛﻬﻢ ، ﻭﻣﻦ ﻭﺿﻊ ﻋﻠﻴﻪ ﻋﻼﻣﺔﺍﻟﺸﺮﻑ ﺃﻛﺮﻡ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﺘﺤﻘﻖ ﺷﺮﻓﻪ ﻭﻓﻴﻪ ﺃﻥ ﻣﻦ ﺗﺸﺒﻪ ﻣﻦﺍﻟﺠﻦ ﺑﺎﻟﺤﻴﺎﺕ ﻭﻇﻬﺮ ﻳﺼﻮﺭﺗﻬﻢ ﻗﺘﻞ ﻭﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺍﻵﻥﻟﺒﺲ ﻋﻤﺎﻣﺔ ﺯﺭﻗﺎﺀ ﺃﻭ ﺻﻔﺮﺍﺀ ﻛﺬﺍ ﺫﻛﺮﻩ ﺍﺑﻦ ﺭﺳﻼﻥ ، ﻭﺑﺄﺑﻠﻎﻣﻦ ﺫﻟﻚ ﺻﺮﺡ ﺍﻟﻘﺮﻃﺒﻲ ﻓﻘﺎﻝ : ﻟﻮ ﺧﺺ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻔﺴﻮﻕﻭﺍﻟﻤﺠﻮﻥ ﺑﻠﺒﺎﺱ ﻣﻨﻊ ﻟﺒﺴﻪ ﻟﻐﻴﺮﻫﻢ ﻓﻘﺪ ﻳﻈﻦ ﺑﻪ ﻣﻦ ﻻﻳﻌﺮﻓﻪ ﺃﻧﻪ ﻣﻨﻬﻢ ﻓﻴﻈﻦ ﺑﻪ ﻇﻦ ﺍﻟﺴﻮﺀ ﻓﻴﺄﺛﻢ ﺍﻟﻈﺎﻥﻭﺍﻟﻤﻈﻨﻮﻥ ﻓﻴﻪ ﺑﺴﺒﺐ ﺍﻟﻌﻮﻥ ﻋﻠﻴﻪ
ﻭﻋﻨﻪ ( : ﺃﻱ ﻋﻦ ﺍﺑﻦ ﻋﻤﺮ ) ﻗﺎﻝ : ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ - ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ -) ﻣﻦ ﺗﺸﺒﻪ ﺑﻘﻮﻡ( : ﺃﻱ ﻣﻦ ﺷﺒﻪ ﻧﻔﺴﻪ ﺑﺎﻟﻜﻔﺎﺭ ﻣﺜﻼ ﻓﻲ ﺍﻟﻠﺒﺎﺱ ﻭﻏﻴﺮﻩ ، ﺃﻭ ﺑﺎﻟﻔﺴﺎﻕ ﺃﻭ ﺍﻟﻔﺠﺎﺭ ﺃﻭ ﺑﺄﻫﻞ ﺍﻟﺘﺼﻮﻑ ﻭﺍﻟﺼﻠﺤﺎﺀ ﺍﻷﺑﺮﺍﺭ .) ﻓﻬﻮ ﻣﻨﻬﻢ( : ﺃﻱ ﻓﻲ ﺍﻹﺛﻢ ﻭﺍﻟﺨﻴﺮ)
Kesimpulannya adalah : hadist di atas umum, baik menyerupai org kafir, fasik dll, atau org shaleh, orang-orang shufi dll. Antara mendapat pahala dan dosa
ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻤﻨﺎﻭﻱ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻓﻲ ( ﻓﻴﺾ ﺍﻟﻘﺪﻳﺮ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﺠﺎﻣﻊﺍﻟﺼﻐﻴﺮ) 6/135( ﻣﻦ ﺗﺸﺒﻪ ﺑﻘﻮﻡ) ﺃﻱ ﺗﺰﻳﺎ ﻓﻲ ﻇﺎﻫﺮﻩ ﺑﺰﻳﻬﻢ ﻭﻓﻲ ﺗﻌﺮﻓﻪﺑﻔﻌﻠﻬﻢ ﻭﻓﻲ ﺗﺨﻠﻘﻪ ﺑﺨﻠﻘﻬﻢ ﻭﺳﺎﺭ ﺑﺴﻴﺮﺗﻬﻢ ﻭﻫﺪﻳﻬﻢ ﻓﻲﻣﻠﺒﺴﻬﻢ ﻭﺑﻌﺾ ﺃﻓﻌﺎﻟﻬﻢ ﺃﻱ ﻭﻛﺎﻥ ﺍﻟﺘﺸﺒﻪ ﺑﺤﻖ ﻗﺪ ﻃﺎﺑﻖﻓﻴﻪ ﺍﻟﻈﺎﻫﺮ ﺍﻟﺒﺎﻃﻦ ( ﻓﻬﻮ ﻣﻨﻬﻢ) ﻭﻗﻴﻞ ﺍﻟﻤﻌﻨﻰ ﻣﻦ ﺗﺸﺒﻪﺑﺎﻟﺼﺎﻟﺤﻴﻦ ﻭﻫﻮ ﻣﻦ ﺃﺗﺒﺎﻋﻬﻢ ﻳﻜﺮﻡ ﻛﻤﺎ ﻳﻜﺮﻣﻮﻥ ﻭﻣﻦ ﺗﺸﺒﻪﺑﺎﻟﻔﺴﺎﻕ ﻳﻬﺎﻥ ﻭﻳﺨﺬﻝ ﻛﻬﻢ ، ﻭﻣﻦ ﻭﺿﻊ ﻋﻠﻴﻪ ﻋﻼﻣﺔﺍﻟﺸﺮﻑ ﺃﻛﺮﻡ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﺘﺤﻘﻖ ﺷﺮﻓﻪ ﻭﻓﻴﻪ ﺃﻥ ﻣﻦ ﺗﺸﺒﻪ ﻣﻦﺍﻟﺠﻦ ﺑﺎﻟﺤﻴﺎﺕ ﻭﻇﻬﺮ ﻳﺼﻮﺭﺗﻬﻢ ﻗﺘﻞ ﻭﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺍﻵﻥﻟﺒﺲ ﻋﻤﺎﻣﺔ ﺯﺭﻗﺎﺀ ﺃﻭ ﺻﻔﺮﺍﺀ ﻛﺬﺍ ﺫﻛﺮﻩ ﺍﺑﻦ ﺭﺳﻼﻥ ، ﻭﺑﺄﺑﻠﻎﻣﻦ ﺫﻟﻚ ﺻﺮﺡ ﺍﻟﻘﺮﻃﺒﻲ ﻓﻘﺎﻝ : ﻟﻮ ﺧﺺ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻔﺴﻮﻕﻭﺍﻟﻤﺠﻮﻥ ﺑﻠﺒﺎﺱ ﻣﻨﻊ ﻟﺒﺴﻪ ﻟﻐﻴﺮﻫﻢ ﻓﻘﺪ ﻳﻈﻦ ﺑﻪ ﻣﻦ ﻻﻳﻌﺮﻓﻪ ﺃﻧﻪ ﻣﻨﻬﻢ ﻓﻴﻈﻦ ﺑﻪ ﻇﻦ ﺍﻟﺴﻮﺀ ﻓﻴﺄﺛﻢ ﺍﻟﻈﺎﻥﻭﺍﻟﻤﻈﻨﻮﻥ ﻓﻴﻪ ﺑﺴﺒﺐ ﺍﻟﻌﻮﻥ ﻋﻠﻴﻪ..
سبل السلام ~ ج 2 ص 646 (وَعَنْ ابْنِ عُمَرَ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا - قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: «مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ» أَخْرَجَهُ أَبُو دَاوُد وَصَحَّحَهُ ابْنُ حِبَّانَ) الْحَدِيثُ فِيهِ ضَعْفٌ وَلَهُ شَوَاهِدُ عِنْدَ جَمَاعَةٍ مِنْ أَئِمَّةِ الْحَدِيثِ عَنْ جَمَاعَةٍ مِنْ الصَّحَابَةِ تُخْرِجُهُ عَنْ الضَّعْفِ، وَمِنْ شَوَاهِدِهِ مَا أَخْرَجَهُ أَبُو يَعْلَى مَرْفُوعًا مِنْ حَدِيثِ ابْنِ مَسْعُودٍ «مَنْ رَضِيَ عَمَلَ قَوْمٍ كَانَ مِنْهُمْ» وَالْحَدِيثُ دَالٌّ عَلَى أَنَّ مَنْ تَشَبَّهَ بِالْفُسَّاقِ كَانَ مِنْهُمْ أَوْ بِالْكُفَّارِ أَوْ بِالْمُبْتَدِعَةِ فِي أَيِّ شَيْءٍ مِمَّا يَخْتَصُّونَ بِهِ مِنْ مَلْبُوسٍ أَوْ مَرْكُوبٍ أَوْ هَيْئَةٍ، قَالُوا: فَإِذَا تَشَبَّهَ بِالْكَافِرِ فِي زِيٍّ وَاعْتَقَدَ أَنْ يَكُونَ بِذَلِكَ مِثْلَهُ كَفَرَ فَإِنْ لَمْ يَعْتَقِدْ فَفِيهِ خِلَافٌ بَيْنَ الْفُقَهَاءِ مِنْهُمْ مَنْ قَالَ: يَكْفُرُ وَهُوَ ظَاهِرُ الْحَدِيثِ وَمِنْهُمْ مَنْ قَالَ: لَا يَكْفُرُ وَلَكِنْ يُؤَدَّب
الموسوعة الفقهية ~ ج 12 ص 5 = الأَْحْكَامُ الْمُتَعَلِّقَةُ بِالتَّشَبُّهِ: أَوَّلاً - التَّشَبُّهُ بِالْكُفَّارِ فِي اللِّبَاسِ: ٤ - ذَهَبَ الْحَنَفِيَّةُ عَلَى الصَّحِيحِ عِنْدَهُمْ، وَالْمَالِكِيَّةُ عَلَى الْمَذْهَبِ، وَجُمْهُورُ الشَّافِعِيَّةِ إِِلَى: أَنَّ التَّشَبُّهَ بِالْكُفَّارِ فِي اللِّبَاسِ - الَّذِي هُوَ شِعَارٌ لَهُمْ بِهِ يَتَمَيَّزُونَ عَنِ الْمُسْلِمِينَ - يُحْكَمُ بِكُفْرِ فَاعِلِهِ ظَاهِرًا، أَيْ فِي أَحْكَامِ الدُّنْيَا، فَمَنْ وَضَعَ قَلَنْسُوَةَ الْمَجُوسِ عَلَى رَأْسِهِ يَكْفُرُ، إِلاَّ إِِذَا فَعَلَهُ لِضَرُورَةِ الإِِْكْرَاهِ أَوْ لِدَفْعِ الْحَرِّ أَوِ الْبَرْدِ. وَكَذَا إِِذَا لَبِسَ زُنَّارَ النَّصَارَى إِلاَّ إِِذَا فَعَل ذَلِكَ خَدِيعَةً فِي الْحَرْبِ وَطَلِيعَةً لِلْمُسْلِمِينَ. (١) أَوْ نَحْوَ ذَلِكَ لِحَدِيثِ: مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ (٢) لأَِنَّ اللِّبَاسَ الْخَاصَّ بِالْكُفَّارِ عَلاَمَةُ الْكُفْرِ، وَلاَ يَلْبَسُهُ إِلاَّ مَنِ الْتَزَمَ الْكُفْرَ، وَالاِسْتِدْلاَل بِالْعَلاَمَةِ وَالْحُكْمُ بِمَا دَلَّتْ عَلَيْهِ مُقَرَّرٌ فِي الْعَقْل وَالشَّرْعِ. (٣) فَلَوْ عُلِمَ أَنَّهُ شَدَّ الزُّنَّارَ لاَ لاِعْتِقَادِ حَقِيقَةِ الْكُفْرِ، بَل لِدُخُول دَارِ الْحَرْبِ لِتَخْلِيصِ الأَْسَارَى مَثَلاً لَمْ يُحْكَمْ بِكُفْرِهِ. (٤) (١) الفتاوى الهندية ٢ / ٢٧٦، والاختيار ٤ / ١٥٠، وجواهر الإكليل ٢ / ٢٧٨، والتاج والإكليل بهامش الحطاب ٦ /، وتحفة المحتاج ٩ / ٩١، ٩٢ ط دار صادر، وأسنى المطالب وحاشية الرملي عليه ٤ / ١١. (٢) حديث: " من تشبه بقوم فهو منهم. . . ". أخرجه أبو داود (٤ / ٣١٤ - ط عزت عبيد دعاس) وجوده ابن تيمية في اقتضاء الصراط المستقيم (١ / ٢٣٦ - ط العبيكان) . (٣) البزازية بهامش الهندية ٦ / ٣٣٢. (٤) تحفة المحتاج لابن حجر ٩ / ٩١، ٩٢.
Yang dilarang itu penyerupaan dalam keyakinan dan kepercayaan (aqidah) Bukan hal-hal yang bersifat zahir.
Mengenai hadits di atas sesungguhnya hadist itu memuji orang-orang jelata yang menyerupai/meniru orang-orang shalih dalam keseharian mereka
Karena seorang penyair mengatakan
تشبهوا بالكرام إن لم تكنوا مثلهم @ إن أتشبه بالكرام فله
“Tasyabbahu bil-kiromi in lam takunu mitslahum, inna al-tasyabbuha bil-kiromi falahu”
Walau tak ada kesamaan, tirulah orang-orang mulia
Walau sekedar tiruan, yakinlah anda akan jaya
Jadi, hadits di atas jangan di tafsirkan jauh-jauh, Karena orang yang berniat buruk tidak akan mendapat dosa sebelum melakukannya, sedangkan orang yang berniat baik sudah dapat pahala sebelum melakukannya Begitu juga orang yang meniru orang kafir, tidak akan di nilai kafir jika tidak di sertai niat (kesamaan keyakinan), sementara orang yang meniru orang shalih (walau zahirnya saja), insya’ Allah dapat juga gelar shalih
Bila kita meminjam gaya pemikiran Alm Gus Dur
“Toh itu juga sebatas BASA BASI (tidak formalitas) saja, yang penting kan keyakinan di dalam hati (realitas). Gitu aja koq repot..!!!”
Hukum furu' memang kadang penuh perdebatan kalau sekiranya itu baik buat islam dan tidak brtentangan dgan Al-Qur'an n hdits.. Lakukan ajc... Tuntunan Nabi bukan hanya hadits tp jg tingkah.. Jd kita fahami semuanya
Secara General(umum), berpedoman
Firman Allah SWT
"Kamu akan mendapati sesuatu kaum yg beriman pada Allah dan hari akhirat, saling berkasih sayang dgn orang2 yg menentang Allah dan Rasul NYA". (QS Al-Mujadilah : 22)
Sabda Rasul .."Siapa yg mengikuti suatu kaum (bukan Sunnah Nabi) maka mereka termasuk ke dalam golongan kaum itu
Hidup bahagia dan mulia hanya dgn syariat Allah.." QS Yunus 62,63 dan 64
Wallaahu A'lamu Bis Showaab
Tidak ada komentar:
Posting Komentar