Sabtu, 14 Februari 2015

Wali : Karomah Ibrahim bin Adham


Dinukil dari kitab Bahrud Dumu' Abul Faroj Ibnul Jauzy

قال بعض الصالحين رضي الله عنهم: أتيت إبراهيم بن أدهم لأزوره، فطلبته في المسجد، فلم أجده، فقيل لي: انه خرج الآن من المسجد، فخرجت في طلبه، فوجدته في بطن واد نائما في زمان الحر، وحيّة عظيمة عند رأسه،

sebagian orang sholeh -semoga Allah meridhoi mereka- berkata :
" aku datang utk menziarahi ibrahim bin adham, aku mencari beliau di masjid tapi tdk menemukannya,
ada yg berkata bahwa beliau barusan keluar dari masjid.
ku cari lagi beliau kemudian kutemukan di dalam jurang, beliau sedang tidur di waktu siang yg panas sedangkan di samping kepala beliau terdapat ular yg sangat besar.

وفي فم الحيّة غصن من الياسمين، وهي تشرّد عنه الذباب، فبقيت متعجبا من ذلك، وإذا بالحية
قد أنطقها الله الذي أنطق كل شيء، فقالت لي: مم تتعجب أيها الرجل؟

pada mulut ular terdapat batang pohon melati, dia mengusir lalat dari ibrahim dengan batang tsb. aku menjadi terheran2 dengan kejadian tsb.
tiba2 ular itu bisa berbicara, dia berkata kpdku :
" apa yg kau herankan ?"

فقلت لها، من فعلك هذا, وأكثر تعجبي من كلامك وأنت عدوة لبني آدم. فقالت لي: والله العظيم، ما جعلنا الله أعداء إلا للعاصين، وأما أهل طاعته، فنحن لهم منقادون.

aku berkata :
" aku heran dengan perbuatanmu ini, dan lebih heran lagi dengan perkataanmu, padahal engkau adalah musuhnya anak cucu adam ."
kemudian ular tsb berkata :
" demi Allah yg maha agung, Allah tdk menjadikan musuh bagi kami kecuali bagi orang2 yg bermaksiyat, adapun orang yg taat kepada Allah maka kami menolong kepada mereka. "

wallohu a'lam.
بحر الدموع
ابوالفرج ابن الجوزى

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar