Senin, 16 Februari 2015

Dua Imam Besar Ahlussunnah Diuji oleh Pengikut Yang Buruk

Didalam dunia Islam, ada dua aliran yang cukup memberikan warna dalam sejarah Islam, yaitu Syi'ah dan Wahhabi. Syi'ah lebih dahulu ada daripada wahhabi, dan saat ini berkembang dinegara Iran sebagai paham mayoritas di negara tersebut.

Sedangkan Wahhabi baru muncul pada pertengahan abad 18 masehi di Dir'iyyah, wilayah Najd. Pengasasnya adalah Muhammad bin Abdul Wahhab.

Keduanya merupakan aliran menyimpang didalam Islam yang selalu melakukan propaganda. Syi'ah mengaku sebagai pengikut Imam Ja'far al-Shaddiq sedangkan Wahhabi dengan paham mujassimahnya kerap kali menisbatkannya kepada paham Imam Ahmad bin Hanbal, meskipun Imam Ahmad terlepas dari paham mujassimah.

Imam Ja'far al-Shaddiq dan Imam Ahmad bin Hanbal inilah yang oleh ulama dikatakan sebagai dua imam besar Ahlussunnah wal Jama'ah namun memiliki pengikut yang buruk. Tetapi tidak semua pengikut Hanbali itu buruk, pengikut Hanbali yang buruk adalah dari kalangan ghulatul Hanabilah (Hanabilah yang ekstrim).

قال بعض العارفين :إمامان ابتلاهما الله بأصحابهما وهما بريئان منهم:أحمد بن حنبل ابتُلي بالمُجسّمة وجعفر الصّادق ابتُلي بالرافضة

Ada dua imam besar umat Islam yang diuji Allah ta'ala dengan pengikut-pengikut yang jelek , sedangkan mereka berdua berlepas dari mereka , yaitu : Imam Ahmad bin Hanbal yang diuji dengan mempunyai pengikut mujassimah dan Imam Ja'far ash-Shodiq yang diuji dengan mempunyai pengikut Syi'ah Rofidloh. (Qo'idah fil jarhi wa tta'dil wa qo'idah fil muarrihin Imam 'Abdul Wahhab bin 'Ali Tajuddin as-Subkiy w 771 H hal 49)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar